Tutorial Rumus Excel Hlookup Lengkap Dengan Pola Penggunaanya
Fungsi dan Rumus excel lengkap: Pada kesempatan yang kemudian telah membahas wacana rumus Lookup excel disertai pembagian dan rujukan penggunaannya. Fungsi lookup sebagaimana yang telah kita ketahui yaitu fungsi untuk mengembalikan nilai dari satu baris atau satu kolom banyak sekali atau dari array. Maksudnya yaitu dikala dalam proses penghitungan pada sebuah tabel diharapkan referensi dari tabel lain. Fungsi Lookup juga berarti mengembalikan sebuah nilai baik dari range satu baris maupun satu kolom atau dari sebuah array.
Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaitu rumus excel Vlookup dan dan fungsi Hlookup ibarat dalam posting ini. Adapun postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya wacana rumus Hlookup excel beserta contoh-contoh penggunaanya.
Daftar isi Pembahasan Rumus Excel Vlookup
1. Pengertian rumus excel lengkap Hlookup
2. Rumus dasar atau sintaks rumus Hlookup
3. Contoh penggunaan rumus excel lengkap Hlookup
Berikut penjelasannya dari masing masi sub wacana tutorial rumus excel Vlookup in
Fungsi ini dipakai untuk melaksanakan penghitungan yang range datanya disusun secara Horizontal (mendatar), range data sanggup di beri nama tertentu untuk memudahkan
Sintaks rumus Hlookup excel
=HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num)
Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;
Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value sanggup berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini sanggup berupa range, atau nama range.
Row_index_num adalah nomor indek baris pencarian dari tabel pencarian.
Beberapa keterangan wacana col_index_num;
Jika row_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilkan/dikembalikan berada pada baris kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
Jika row_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi HLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
kalau row_index_num lebih besar daripada jumlah baris tabel referensi, maka fungsi HLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus Hlookup excel sanggup memakai nama range.
Cara memberi nama range.
a. Blok range datanya.
b. Klik hidangan Insert kemudian Define.
c. Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama range pada Names In Workbook.
d. Kemudian klik tombol Add.
e. Klik Ok untuk mengakhiri.
Catatan: Untuk menciptakan nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh memakai operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh memakai nama yang sama dengan nama sel.
Cara menuliskan rumus microsoft excel Hlookup
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola sanggup dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan memakai alamat cell.
Contoh =Hlookup(B2;$B$10:$D$15;2).
Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, semoga dikala disalin ke cell lain tidak berubah.
• Penulisan rumus dengan memakai nama range pada tabel_array.
Contoh : Hlookup(B2;TABEL;2).
• Penulisan rumus dengan memakai Function Arguments Hlookup.
Berikut gambarnya.
Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan instruksi barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:
Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Hlookup(B5;$C$14:$F$17;2)
Mencari Harga.
D5=Hlookup(B5;$C$14:$F$17;3)
Mencari discount.
E5 = Hlookup(B5;$C$14:$F$17;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5
Jika dilihat kesudahannya akan ibarat ini
Demikian tutorial rumus excel lengkap wacana Fungsi dan rumus Excel Hlookup, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya
Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaitu rumus excel Vlookup dan dan fungsi Hlookup ibarat dalam posting ini. Adapun postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya wacana rumus Hlookup excel beserta contoh-contoh penggunaanya.
Daftar isi Pembahasan Rumus Excel Vlookup
1. Pengertian rumus excel lengkap Hlookup
2. Rumus dasar atau sintaks rumus Hlookup
3. Contoh penggunaan rumus excel lengkap Hlookup
Berikut penjelasannya dari masing masi sub wacana tutorial rumus excel Vlookup in
A. Pengertian rumus microsoft excel Hlookup
Fungsi atau rumus Hlookup excel ini dipakai untuk mencari nilai di baris paling bawah tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam kolom yang sama dari sebuah baris yang di memutuskan dalam tabel referensi. Menggunakan fungsi Hlookup hanya kalau nilai-nilai perbandingan berada di baris sebuah data yang ingin ditemukan.Fungsi ini dipakai untuk melaksanakan penghitungan yang range datanya disusun secara Horizontal (mendatar), range data sanggup di beri nama tertentu untuk memudahkan
B. Rumus dasar atau sintak rumus Hlookup excel 2007
Setelah mengetahui secara singkat pengertian rumus excel Hlookup, selanjutnya hal yang sangat penting untuk dipelajari yaitu rumus dasar atau sintaks dari rumus tersebut, sehingga dalam penulisan rumus Hlookup sanggup sesuai dan kesudahannya pun sesuai.Sintaks rumus Hlookup excel
=HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num)
Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;
Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value sanggup berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini sanggup berupa range, atau nama range.
Row_index_num adalah nomor indek baris pencarian dari tabel pencarian.
Beberapa keterangan wacana col_index_num;
Jika row_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilkan/dikembalikan berada pada baris kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
Jika row_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi HLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
kalau row_index_num lebih besar daripada jumlah baris tabel referensi, maka fungsi HLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus Hlookup excel sanggup memakai nama range.
Cara memberi nama range.
a. Blok range datanya.
b. Klik hidangan Insert kemudian Define.
c. Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama range pada Names In Workbook.
d. Kemudian klik tombol Add.
e. Klik Ok untuk mengakhiri.
Catatan: Untuk menciptakan nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh memakai operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh memakai nama yang sama dengan nama sel.
Cara menuliskan rumus microsoft excel Hlookup
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola sanggup dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan memakai alamat cell.
Contoh =Hlookup(B2;$B$10:$D$15;2).
Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, semoga dikala disalin ke cell lain tidak berubah.
• Penulisan rumus dengan memakai nama range pada tabel_array.
Contoh : Hlookup(B2;TABEL;2).
• Penulisan rumus dengan memakai Function Arguments Hlookup.
Berikut gambarnya.
C. Contoh penggunaan Rumus Hlookup Excel.
Berikut beberapa rujukan untuk rumus Hlookup excel.Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan instruksi barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:
Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Hlookup(B5;$C$14:$F$17;2)
Mencari Harga.
D5=Hlookup(B5;$C$14:$F$17;3)
Mencari discount.
E5 = Hlookup(B5;$C$14:$F$17;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5
Jika dilihat kesudahannya akan ibarat ini
Demikian tutorial rumus excel lengkap wacana Fungsi dan rumus Excel Hlookup, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya
0 Response to "Tutorial Rumus Excel Hlookup Lengkap Dengan Pola Penggunaanya"
Posting Komentar