iklan

√ 10 Film Perihal Korea Utara Terbaik Yang Harus Anda Tonton

Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar, ternyata ada sejumlah film yang mengangkat kisah perihal Korea Utara. Meskipun sebagian yakni karya fiksi, tetapi film-film tersebut menggambarkan kehidupan atau kebudayaan di Korea Utara. Jika tak sanggup masuk ke negaranya, setidaknya Anda sanggup menonton film-filmnya untuk mengetahui sedikit banyak mengenai Korea Utara.


Dari sejumlah film perihal Korea Utara terbaik, Bacaterus berhasil mengumpulkan 10 judul film yang bertemakan Korea Utara. Sejumlah film ini menceritakan perihal propaganda, pemerintahan atau militer di Korea Utara yang dikenal sebagai negara diktator.


10 Film perihal Korea Utara Terbaik


1. Pulgasari [1985]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Sekilas film ini nampak tidak ada hubungannya dengan Korea Utara, tetapi ini yakni film perihal Korea Utara terbaik yang berisi propaganda. Film ini dibentuk oleh Shin Sang-ok, sutradara Korea Selatan, yang diculik dan dibawa ke Korea Utara kemudian dipaksa untuk menciptakan film sejenis Godzilla.


Pulgasari menceritakan perihal darah biru kaya yang memenjarakan seorang pandai besi yang tak bersalah. Anak-anak si pandai besi memberikannya beras untuk makan, tapi si pandai besi membentuk beras tersebut menjadi patung miniatur monster. Ia memohon pada para tuhan untuk memindahkan nyawanya ke patung tersebut.


Patung monster berjulukan Pulgasari hidup dan memakan besi. Ia menjadi sangat berpengaruh dan tak terkalahkan sehingga para petani dibebaskan dari hukum bangsawan.


Akan tetapi, pulgasari terus tumbuh besar dan memakan besi. Putri si pandai besi menyadari jikalau monster itu terus memakan besi, maka hal tersebut sanggup mengakibatkan kehancuran negaranya. Gadis itu berkorban dengan bunuh diri untuk mengirim pulgasari ke dunia spiritual.


Film ini menggambarkan ancaman kapitalisme (Amerika Serikat), sehingga orang Korea Utara harus mengambil alih kendali pemerintahan sekalipun harus mengorbankan nyawa.


2. The Interview [2014]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Sejatinya, The Interview yakni film dengan genre komedi. Namun, pihak Korea Utara mengecam Amerika Serikat jikalau berani merilis film ini. Pasalnya, pihak Korut merasa bahwa film ini berisi pesan ancaman terhadap keselamatan mereka.


The Interview yakni film yang menceritakan Dave Skylark dan Aaron Rapoport yang bekerja dalam program tabloid selebriti “Skylark Tonight.” Suatu ketika mereka mendapat pekerjaan untuk mewawancarai Kim Jong-un, pemimpin diktator Korea Utara. Namun, mereka direkrut CIA untuk mengubah perjalanan mereka ke Pyongyang menjadi misi pembunuhan terhadap pemimpin Korea Utara tersebut.


3. Silmido [2003]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Sudah menjadi diam-diam umum jikalau Korea Selatan bermusuhan dengan Korea Utara semenjak dulu. Silmido yakni film yang dibentuk pada tahun 2003 dan diangkat dari kisah nyata.


Pada tahun 1968, Tentara Republik Korea pernah merencanakan pembunuhan Kim Il-sung, presiden Korea Utara yang menjabat ketika itu. 31 penjahat dan terpidana mati yang mendapat misi untuk membunuh Kim Il-sung ini dikirim ke kawasan training diam-diam di Pulau Silmi. Selama dua tahun mereka menjalani training yang penuh penyiksaan mental dan fisik. Namun, misi ini dibatalkan pada menit-menit terakhir.


4. The Favourite Young Man [1989]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Satu lagi film perihal Korea Utara terbaik yang merupakan propaganda terselubung dari pemerintahan Korea Utara. Sebenarnya film The Favourite Young Man ini yakni film bergenre komedi, tetapi ada banyak pesan propaganda yang terdapat di dalamnya.


Karakter utama film ini yakni Kim Yong-bae yang tampan, ramah, cerdas, dan merupakan veteran tentara. Namun, Yong-bae justru menentukan pekerjaan sebagai tukang ledeng.


Hubungannya dengan Son-ae, perempuan manis yang berprofesi sebagai penjahit, juga sempat ditentang oleh keluarga Son-ae yang meremehkan pekerjaan Yong-bae. Namun, Son-ae tetap bersikukuh menentukan Yong-bae. Puncaknya, pekerjaan Yong-bae sebagai tukang ledeng tidak lagi dipandang sebelah mata. Apalagi ia berjasa kepada penduduk kota alasannya yakni memperbaiki pipa-pipa yang meledak.


Pesan dari film ini, negara komunis Korea Utara melarang kapitalisme dan kekayaan pribadi. Mereka mendorong masyarakatnya, khususnya yang menengah ke bawah, untuk bekerja keras untuk negara menyerupai tokoh Yong-bae dalam film ini.


5. My Socialist Country [1992]



Salah satu film terbaik jikalau Anda ingin mengetahui perihal Korea Utara yakni My Socialist Country. Ini yakni film dokumenter buatan Korut yang menceritakan perihal betapa makmur dan damainya kehidupan masyarakat Korea Utara. Namun, banyak pihak yang mewaspadai kebenaran film ini.


My Socialist Country mengklaim bahwa Korea Utara mempunyai semua hal yang diperlukan rakyatnya, mulai dari pakaian, makanan, perumahan, pekerjaan, jaminan kesehatan, cuti hamil hingga 150 hari, hingga dengan kuliah gratis. Tujuan Korea Utara menciptakan film ini terang untuk menciptakan warga negara lain iri terhadap kehidupan rakyat Korea Utara.


6. Pork Chop Hill [1959]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Bagi Anda penggemar film perang klasik, maka cobalah tonton Pork Chop Hill. Ini yakni film yang menceritakan perihal Perang Saudara Korea yang masih menjadi favorit hingga ketika ini. Meskipun filmnya masih hitam putih alasannya yakni dirilis pada tahun 1959, tapi masih banyak orang yang mencari film ini untuk ditonton.


Film ini menceritakan perihal permusuhan Amerika Serikat dengan Cina. Namun, hal tersebut menjadi semakin kacau ketika Korea Utara menyerang Korea Selatan. Sekedar informasi, semenjak dulu Korea Utara merupakan sekutu Cina alasannya yakni keduanya sama-sama negara komunis. Sementara Korea Selatan memang merupakan sekutu Amerika.


7. Soul’s Protest [2000]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Sudah menjadi tradisi bagi Korea Utara untuk menciptakan film propaganda yang mengagungkan pemerintahannya dan menjatuhkan negara lain. Soul’s Protest yakni film perihal Korea Utara terbaik yang berusaha mengungguli kesuksesan Titanic. Pasalnya, film ini dirilis 3 tahun kemudian sehabis Titanic.


Dalam film ini, Korea Utara berusaha menyudutkan Jepang yang dianggap sekutu Amerika Serikat. Dikisahkan bahwa 524 warga Korea tewas ketika naik kapal Ukushima Maru di tahun 1945. Kapal meledak alasannya yakni menabrak ranjau bahari hingga menewaskan 524 orang Korea.


Namun, pihak Jepang tidak menawarkan kompensasi pada warga yang selamat dan Korut menuduh Jepang sengaja meledakkan kapal tersebut. Teori konspirasi ini tidak terbukti di pengadilan. Film ini yakni upaya Korut dalam menjatuhkan Jepang.


8. 71: Into The Fire [2010]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Yang satu ini merupakan film perihal Korea Utara terbaik yang dibentuk oleh Korea Selatan. Film ini menceritakan perihal perang saudara di Korea yang melibatkan 71 orang tentara pelajar yang belum mempunyai pengalaman berperang tetapi mereka mempunyai tekad untuk mempertahankan negaranya dari serangan Korea Utara. Salah satu anggota Bigbang, TOP, turut membintangi film ini.


Plot film ini berfokus pada tindakan Korea Utara yang ingin menyerang sebuah sekolah yang merupakan benteng pertahanan milik Korea Selatan. Saat itu, jumlah tentara pelajar Korsel yang akan diserang tidak sepadan dengan jumlah tentara Korut yang lebih banyak.


9. The Flower Girl [1972]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Urusan propaganda memang Korea Utara jagonya. Hal tersebut dibuktikan melalui film The Flower Girl yang menceritakan kehidupan masyarakat Korea di bawah kepemimpinan Jepang pada tahun 1930-an. Film ini terbilang sukses alasannya yakni sanggup memainkan emosi penontonnya, tak peduli penontonnya berasal dari negara manapun.


Sinopsis The Flower Girl berfokus pada kehidupan gadis yang biasa mendaki gunung untuk memetik bunga semoga sanggup dijual di pasar. Ibu sang gadis sakit, adiknya buta, ayahnya meninggal, dan saudara laki-lakinya bertempur sebagai tentara revolusioner.


Keluarga gadis itu dikejar-kejar oleh tuan tanah yang menuntut mereka membayar uang sewa. Kerja keras gadis itu tidak sanggup membelikan ibunya obat hingga hasilnya sang ibu meninggal. Setelah ibunya meninggal, adik gadis itu terus menangis sehingga pemilik rumah yang mereka sewa menerka bahwa sang adik kerasukan arwah ibunya dan harus dibunuh untuk mengusir arwah itu.


Penderitaan gadis penjual bunga ini menceritakan betapa kejamnya kehidupan rakyat Korea Utara sebelum menjadi negara komunis. Pemerintah Korut ingin menggambarkan bahwa beruntungnya masyarakat Korut yang ketika ini mendapat rumah dan jaminan kesehatan gratis.


10. Under The Sun [2016]


Dikenal sebagai negara yang tertutup dari dunia luar √ 10 Film perihal Korea Utara Terbaik yang Harus Anda Tonton


Sebelum menciptakan film ini, sutradara asal Rusia berjulukan Vitaly Mansky melaksanakan perundingan terhadap pihak Korut semoga ia diizinkan menciptakan film ini. Pihak Korut hasilnya menyetujuinya dan menginginkan Mansky menciptakan film propaganda. Korea Utara hanya mengizinkan Mansky dan dua orang krunya untuk mengambil gambar di negara tersebut.


Film ini menceritakan perihal kehidupan keluarga di Pyongyang di mana putri kecil mereka bersiap bergabung dalam Serikat Anak Korea di hari ulang tahun Kim Jong-il. Namun tanpa disadari, Mansky menyelundupkan rekaman yang disetujui dan memasukkan ke dalam filmnya. Pihak Korea Utara sangat mengecam film ini dan melarang Under The Sun ditayangkan di negara mereka.


Itulah 10 film perihal Korea Utara terbaik yang berisi perihal kekejaman Korea Utara dalam menjatuhkan negara lain dan propagandanya yang mengagung-agungkan pemerintahan mereka. Dengan menonton film perihal Korea Utara terbaik ini, kita jadi semakin bersyukur hidup di negara demokrasi menyerupai Indonesia. Ingin tahu fakta unik seputar Korea Utara lainnya? Silakan buka artikel ini.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Film Perihal Korea Utara Terbaik Yang Harus Anda Tonton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel