iklan

4 Cara Simpel Mengetahui Brand & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing Cpu

Sebagai pengguna komputer ataupun laptop, adakalanya kita perlu mengecek tipe/model motherboard yang digunakan. Hal tersebut biasa diharapkan ketika kita ingin melaksanakan banyak hal, salah satunya yakni update driver.

Ya, dalam melakukan update driver tentunya langkah penting yang dilarang terlewatkan yakni mencari driver yang sesuai dengan model motherboard yang digunakan.

Nah, untuk membantu kau yang ketika ini masih galau bagaimana cara mengetahui model motherboard pada komputer atau laptop, di sini akan memperlihatkan 4 pilihan cara yang sanggup kau lakukan. Apa saja? Mari simak pembahasan di bawah ini sampai tuntas...

Sebagai pengguna komputer ataupun laptop 4 Cara Mudah Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU

1). Melalui DirectX Diagnostic Tool

Untuk membuka DirectX Diagnostic Tool, kita harus membuka terlebih dahulu Run. Caranya cepatnya, yaitu memakai shortcut pada keyboard dengan menekan tombol Windows + R.

Setelah Run terbuka, eksklusif saja ketikkan dxdiag dan kemudian tekan OK atau Enter. Maka, secara otomatis akan terbuka kotak obrolan DirectX Diagnostic Tool. Pada tab sajian System, di sini kau sanggup melihat merk atau nama perusahaan pembuat motherboard beserta modelnya yang berada sempurna di bawahnya.

Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.
Sebagai pengguna komputer ataupun laptop 4 Cara Mudah Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU

2). Melalui System Information di Administrative Tools

Selain cara di atas, cara yang kedua ini sanggup juga dipilih bagi kau yang ingin tahu sekalian mengenai Hardware Resources, Components, dan Software Environment.

Caranya tidak terlalu sulit. Pertama kau buka Control Panel, kemudian pada view by pilih Category. Kemudian pilih System and Security > Administrative Tools. Setelah itu, double click pada System Information.

Maka akan terbuka jendela gres "System Information". Nah, di sini kau sanggup melihat merk beserta tipe/model dari motherboard yang dipakai laptop atau komputer kamu.
Sebagai pengguna komputer ataupun laptop 4 Cara Mudah Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU

3). Melalui Command Prompt

Kalau kau ingin berguru memakai Command Prompt, kau sanggup memakai cara yang ketiga ini.

Langkah-langkahnya, tekan Windows + R kemudian ketikan perintah cmd. Setelah Command Prompt terbuka, eksklusif saja ketikkan perintah menyerupai di bawah ini:
wmic baseboard get product,manufacturer,version,serialnumber

Jika perintah di atas diketikkan dengan benar, maka akan eksklusif muncul warta mengenai motherboard seperti pada gambar di bawah ini:
Sebagai pengguna komputer ataupun laptop 4 Cara Mudah Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU
Sebagai contohnya, dari gambar di atas memperlihatkan bahwa merk atau perusahaan pembuat motherboard-nya yakni ASUS dan tipe/modelnya X451MA. Tidak hanya itu, di atas juga ada warta mengenai Serial Number dan juga Versinya.

4). Melihat model motherboard memakai Speccy

Speccy yakni software yang sanggup mengecek spesifikasi komputer atau laptop secara lengkap. So, kau nantinya tidak hanya sanggup mengetahui merk dan tipe motherboard, tapi juga spesifikasi komputer secara menyeluruh.

Tampilan software ini sangat baik dan gampang untuk dinavigasi. Pertama membukanya kau akan eksklusif berada di tab sajian Summary yang berisikan warta ringkas mengenai spesifikasi komputer.

Kalau ingin melihatnya secara detail atau lengkap, kau cukup klik link berwarna biru. Misalnya kau klik link Motherboard, maka nantinya akan tampil warta lengkap seputar motherboard.

Software Speccy sendiri ketika ini ukurannya sangat kecil, yaitu hanya 6 MB. Kamu sanggup mendapatkannya secara gratis melalui situs resminya.


Demikian, itulah ia 4 pilihan cara yang sanggup kau lakukan untuk melihat merk dan model motherboard yang dipakai komputer atau laptop kamu. Semoga bermanfaat!

Sumber http://www.yatekno.com

0 Response to "4 Cara Simpel Mengetahui Brand & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing Cpu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel