iklan

Cara Shutdown Dan Restart Memakai Perintah Dasar Di Terminal Linux

Cara Shutdown dan Restart Lewat Terminal Linux



Sebenarnya semua sanggup melaksanakan restart atau shutdown komputer tanpa harus melaksanakan teori atau dengan cara yang harus di jelaskan, tetapi ada cara yang paling gampang dan melaksanakan shutdown komputer dengan cepat tanpa harus menunggu komputer menampilkan pesan yang hingga kesannya usang sekali untuk menunggunya.


Tidak ada salahanya jikalau memakai perintah dasar Linux sanggup dilakukan lewat terminal tanpa harus juga dengan banyak perintah, sekali lagi saya jelaskan perintah linux itu tidak ada yang sulit hanya butuh sedikit kebijaksanaan dan Pola penggunanya anda sanggup menguasainya. Berikut saya akan menjelaskan cara bagaimana melaksanakan Shutdown dan Reboot komputer Linux lewat terminal.


Shut Down dan Reboot Pada Komputer Linux


Shut down Komputer


Linux sebetulnya menyediakan beberapa cara untuk melaksanakan shut down komputer secara aman. Proses shut down biasanya hanya sanggup dilakukan oleh root. Tampilan prompt shell untuk root berbeda dengan user biasa. Lihat saja teladan yang saya tampilkan prompt shell pada berikut ini.


Cara Shutdown dan Restart Lewat Terminal Linux Cara Shutdown dan Restart Menggunakan Perintah dasar di Terminal Linux

Simbol # ini yaitu ciri kalau Anda telah login sebagai root. Ketikkan salah satu perintah berikut ini untuk melaksanakan shut down komputer. saya memperlihatkan teladan pada Linux Centos tetapi intinya semua linux tidak berbeda dalam perintah silahkan anda mencoba dengan perintah berikut satu-persatu.


1. Ketikkan perintah

halt


2. Ketikkan perintah

shutdown -h now


3. Ketikkan perintah

init 0


Reboot Komputer


Tidak jauh berbeda dengan cara shut down menyerupai diatas, reboot atau restart komputer juga harus memakai login root. User masih sanggup melaksanakan reboot komputer secara paksa dengan menekan Kombinasi tombol. Coba saja Linux telah diset dengan baik (Ini kiprah anda sebagai pengembang Linux), proses reboot komputer seharusnya hanya sanggup dilakukan oleh root. Untuk melaksanakan reboot komputer gunakan perintah sebagai berikut:


1. Ketikan perintah

reboot


2. Ketikan perintah

shutdown -r now


3. Ketikan perintah

init 6


Sebenarnya perintah dasar Linux yang lain masih cukup banyak. Untuk ketika ini saya batasi hingga di sini. Agar apa yang telah saya berikan sanggup dikuasai dengan baik. Untuk menguasai perintah Linux yaitu dengan banyak latihan dan melaksanakan experimen dengan Option pada setiap perintah Linux yang menyerupai telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Semoga Bermanfaat


0 Response to "Cara Shutdown Dan Restart Memakai Perintah Dasar Di Terminal Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel