iklan

Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Produksi Abon Ikan Lele

Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Produksi Abon Ikan Lele Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Produksi Abon Ikan LeleSiapa tidak kenal dengan masakan abon. Bisa dikatakan masakan satu ini yaitu masakan siap saji tradisional Indonesia. Saking siap sajinya, tak perlu goreng atau dipanaskan, sudah siap disantap bersama nasi panas.


Kali ini saya tidak sedang membahas soal nikmatnya masakan abon, tetapi melihat abon sebagai salah satu produk yang layak menjadi pola bisnis rumahan yang menguntungkan. Dan kali ini saya juga tidak akan membahas soal abon sapi yang sudah terkenal di pasaran, tetapi abon ikan lele, jenis menu abon alternatif yang belakangan mencuri perhatian di pasaran.


Berbeda dengan abon sapi yang lebih terasa berserat, abon ikan lele cenderung lebih halus dengan rasa gurih khas sehingga juga cocok untuk pasaran anak-anak. Lagi pula, lantaran memakai materi baku lele, maka abon satu ini lebih rendah lemak jenuh, lebih kaya nutrisi dan cenderung lebih sehat dan aman, lantaran tidak kaya kolesterol sebagaimana abon sapi. Itu sebabnya produk ini dengan cepat mencuri pasar dan mendapat kawasan di mata konsumen.


Usaha abon ikan lele sanggup menjadi satu pola bisnis rumahan yang menguntungkan dengan modal  kecil-kecilan. Apalagi lele yaitu jenis ikan yang sangat gampang Anda dapatkan. Jenis ikan perikanan ini banyak dibiakan oleh pelaku perjuangan perikanan dan dengan gampang pula Anda dapatkan di pasaran. Stok di pasar sangat berlimpah dengan harga yang sangat terjangkau. Kaprikornus tidak membutuhkan modal awal yang besar.


Abon ikan memang sanggup Anda buat dari bermacam-macam jenis ikan. Mulai dari ikan patin, gurame, gabis hingga jenis ikan maritim macam tuna, tenggiri atau cakalang. Tetapi dari sekian banyak jenis ikan, ikan lele yaitu satu-satunya jenis ikan yang gampang Anda saluran materi bakunya.


Biasanya untuk mendapat abon ikan lele berkualitas, diperlukan materi baku lele berusia matang, ukuran ubuh relatif besar dengan daging yang sudah berserat. Sehingga sanggup menghasilkan abon yang sempurna. Hindari penggunaan lele usia muda lantaran dagingnya terlalu halus dan sulit diolah menjadi abon ikan lele yang baik.


Proses pembuatannya juga relatif mudah, cukup dengan membersihkan ikan lele ukuran besar, kuliti dan sisir dagingnya dari duri. Buang semua jeroan dan sisakan dagingnya yang sudah Anda cincang halus aau digiling dengan mesin giling daging. Campur dengan bumbu bawang, garam dan beberapa rempah kemudian diamkan selama 1 jam. Setelah itu, goreng hingga daging lele giling tadi kering dan menampakan warna kecoklatan.  Proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam penggarapan.


Sangat cepat dan gampang dijalankan, apalagi semua proses ini sanggup Anda garap dengan hanya memanfaatkan perabot dapur yang sudah tersedia di rumah Anda. Jadilah perjuangan abon ikan lele ini sangat tepa menjadi pilihan pola bisnis rumahan yang menguntungkan. Cocok menjadi pilihan perjuangan kalangan ibu rumah tangga yang tengah mencari ilham sumber pendapatan tambahan.


Pemasaran perjuangan abon ikan lele ini juga tergolong sederhana. Untuk skala perjuangan kecil, Anda sanggup pasarkan dengan dititipkan pada penjual masakan di pasar tradisional atau dengan bekerja sama dengan penjaja masakan oleh-oleh.  Beberapa pelaku perjuangan ini juga menjajal pemasaran dengan teknik pembagian sampel gratis ke komunitas ibu rumah tangga menyerupai program arisan.


Peralatan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini bahwasanya terbilang sederhana. Cukup dengan wajan, pisau, kompor, wajan besar dan alat spinning minyak goreng.  Lalu bagaimana dengan potensi dari pola bisnis rumahan yang menguntungkan ini?


Tentu saja cukup besar. Anda sanggup dapatkan laba tak kurang dari 30 ribu dari 5 kg ikan lele mentah. Dari 5 kg lele mentah ini Anda sanggup dapatkan setidaknya 2 -3 kg abon ikan lele yang siap Anda jual dengan harga kisaran 40 – 55 ribuan untuk tiap kilonya. Biasanya abon ikan lele ini dijual dalam kemasan 2 ons yang dijual dengan harga 10 ribuan.


Tertarik dengan pola bisnis rumahan yang menguntungkan ini? Asal Anda jeli mencari pasar yang potensial untuk produk abon ikan lele yang Anda buat, bukan mustahil perjuangan kecil rumahan ini berubah menjadi perjuangan beromset besar.


sumber gambar: bibitikan.net



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Produksi Abon Ikan Lele"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel