iklan

Contoh Marketing Plan Untuk Kedai Kopi Berjalan

Contoh Marketing Plan Kedai Kopi Berjalan Contoh Marketing Plan Untuk Kedai Kopi BerjalanMaaf Sahabat PoBis mungkin agak personal, alasannya yaitu saya suka ngopi, jadi pembahasan kita akhir-akhir ini banyak mengenai kopi. Kalau Sahabat PoBis suka ngopi juga, mungkin bisa jadi ilham untuk memulai perjuangan ‘perkopian’. Bukankah perjuangan itu harus sesuai passion? Sesuatu yang Anda sukai?


Pada kesempatan sebelumnya saya telah membagikan satu contoh bisnis plan sederhana dari perjuangan kedai kopi berjalan sebagai tumpuan bagi Anda dalam menyusun bisnis plan untuk perjuangan milik Anda. Dan untuk kesempatan kali ini saya akan mengangkat pola marketing plan dari bisnis kedai kopi berjalan tersebut.


Sebelumnya, untuk Anda pahami ada perbedaan signifikan antara bisnis plan dan marketing plan. Bisnis plan yaitu sebuah gambaran secara luas atas perusahaan, produk dan kegiatan yang akan dijalankan dari aneka macam aspek dan bagian. Marketing plan yaitu dokumen khusus dari perencanaan langkah dan seni manajemen pemasaran secara detil.


Dari gambaran di atas, terang bahwa marketing plan yaitu bab dari bisnis plan. Dalam beberapa bisnis plan, marketing plan tidak dicantumkan secara mendetil, sehingga sanggup dikatakan bahwa marketing plan yaitu bentuk gambaran pembagian terstruktur mengenai mendetail dari planning garis besar pemasaran yang tercantum dalam bisnis plan.


Sehingga untuk menyusun sebuah marketing plan, penting bagi Anda menyusun dulu bisnis plan untuk gambaran garis besar jadwal pemasaran. Untuk lebih jelasnya mengenai pembagian terstruktur mengenai marketing plan, berikut ini satu pola marketing plan sebagai tumpuan Anda.


MARKETING PLAN USAHA KEDAI KOPI BERJALAN


AAA


KONSEP USAHA


Sebuah bisnis dengan konsep penjualan kopi bergaya street food dengan sajian kopi take away . Usaha memakai kendaraan beroda empat pick up yang dimodifikasi dan didesain menjadi kedai kopi berjalan. Usaha akan dibuka di beberapa lokasi secara berpindah ibarat pada daerah perkantoran, daerah kampus dan beberapa daerah ramai pertokoan serta lokasi event-event khusus.


STRATEGI PEMASARAN



  • Riset pasar

    • Proses riset dilakukan dalam periode 1 minggu

    • Dilakukan dengan survey online dan offline

    • Target untuk mendapat data mengenai beberapa pola konsep perjuangan sejenis, pandangan dan cita-cita pasar lokal mengenai kedai kopi berjalan, daya beli pasar, lokasi perjuangan yang sempurna dan peta persaingan.



  • Menentukan merk dan branding dari produk dan usaha

    • Dijalankan dalam proses 1 minggu

    • Dijalankan bersama seluruh tim dan jasa desain berpengalaman yang bisa membantu memperlihatkan masukan dan ide-ide branding, desain produk, desain kemasan yang sesuai dengan hasil riset pasar dan cita-cita perusahaan.



  • Langkah perkenalan dengan soft opening.

    • Dijalankan selama 3 hari pada beberapa lokasi sasaran sesudah seluruh persiapan selesai, termasuk modifikasi pick up

    • Pada tahap ini produk sajian kopi dan kudapan di lempar pertama kali dengan gratis untuk melihat reaksi pasar. Sediakan quisioner untuk mendapat data balasan konsumen terhadap konsep usaha, produk dan layanan.

    • Pembagian brosur dan merchandise untuk konsumen semakin familier dengan perjuangan kedai Anda.



  • Pembuatan akun social media

    • Buatkan akun social media ibarat instagram, facebook dan twitter juga website dengan tampilan yang sekiranya mewakini gambaran usaha

    • Siapkan satu orang tenaga manajemen pemasaran untuk mengelola akun

    • Siapkan bahan konten untuk semua media promosi online



  • Langkah perkenalan dengan promo

    • Buat penawaran melalui radio lokal untuk prose perkenalan

    • Selalu lakukan pencarian untuk mendapat beberapa isu event lokal untuk menemukan lokasi dimana Anda memarkir kedai Anda.

    • Pasang harga promosi khusus selama 1 bulan untuk promosi

    • Lempar voucher berbatas waktu untuk promo-promo tertentu,termasuk untuk hadiah kuis




BIAYA PEMASARAN


Riset pasar                                          300.000

Branding                                              2.000.000

Soft Opening                                     500.000

Akun Sosial media                           1.000.000

Promo                                                  1.200.000


TOTAL                                                   5.000.000


TARGET PEMASARAN



  • Mendapatkan balasan aktual dari pasar pada soft opening dan pada masa promo

  • Mendapatkan penjualan sesuai sasaran 100 cup kopi dan 75 porsi kudapan tiap hari.

  • Menjadi musim gres di kalangan masyarakat modern daerah lokal


Demikian tadi pola marketing plan yang sanggup menjadi tumpuan bagi Anda untuk menciptakan marketing plan dari perjuangan Anda sendiri. Bukankah sekarang Anda telah mendapat gambaran yang lebih terang mengenai bagaimana cara terbaik menyusun marketing plan dan bisnis plan dengan cara yang gampang Anda pahami.


sumber gambar: design-milk.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Contoh Marketing Plan Untuk Kedai Kopi Berjalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel