iklan

✔ Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya!

Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan tubuh? Semua buah yang tumbuh di muka bumi, kebanyakan membawa khasiat baik dan bermanfaat, tidak terkecuali buah nanas. Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. Gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut bermanfaat, ada unsur lain dari nanas yang berperan baik untuk sistem pencernaan manusia. Simak apa saja manfaat mengejutkan dari buah nanas.



Kandungan buah nanas


Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan badan ✔ Manfaat buah nanas bagi kesehatan dan Efek Sampingnya!


 


Database masakan dan penghitung kalori


100 Gram (G)


Nanas


Informasi Gizi


Ukuran Porsi: 100 gram (g)


per porsi


Kilojoule: 201 kj


Kalori: 48 kkal


Lemak: 0,12 g


Lemak Jenuh:         0,009 g


Lemak tak Jenuh Ganda: 0,042 g


Lemak tak Jenuh Tunggal: 0,014 g


Kolesterol: 0 mg


Protein: 0,54 g


Karbohidrat: 12,63 g


Serat: 1,4 g


Gula: 9,26 g


Sodium: 1 mg


Kalium: 115 mg


Manfaat nanas bagi kesehatan


Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan badan ✔ Manfaat buah nanas bagi kesehatan dan Efek Sampingnya!


Manfaat buah nanas untuk pencernaan



  1. Mengandung enzim baik untuk pencernaan


Dari kampus Medical Cener di Maryland, meneliti bahwa buah nanas memilki suatu enzim yang baik untuk pencernaan. Enzim tersebut disebut bromelain dan ini adalalah enzim proteolitik yang sangat elok untuk usus.


Enzim ini berfungsi untuk menyerapan dan memecah protein lebih banyak. Selain itu bromelain bisa mengurangi duduk kasus perut menyerupai diare dan sakit perut.



  1. Melancarkan sistem pencernaan


Untuk penceranaan buah nanas mempunyai kandungan serat yang cukup banyak, terus apa fungsi seratnya. Mampu meningkatkan sistem pencernaan, jikalau ada masakan yang tinggi seratnya biasanya susah untuk dicerna, tapi denan buah nanas tidak.


Ada lagi manfaat buah nanas untuk pencernaan kandungan, buah nanas mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang sanggup membantu menyerapan air di usus kamu. Untuk mendapat sistem pencernaan yang normal, dalam 1 harui kau harus mengkonsumsi 14 gram serat berasal dari 1000 kal.


Dan berdasarkan kampus Extension Colorado State memakan buah nanas sebanyak setengah potong saja sudah mengandung serat total hingga 2.2 gram.



  1. Buah nanas menangkal sakit akhir perut kembung


Buah nanas juga sanggup mengatasi perut kembung, perut yang kembung bias ditandai dengan perut yang agak membuncit dan mempunyai tekanan gas yang agak berasa. Kamu tidak perlu khawatir untuk bagaimana caranya.


Kamu hanya harus memakan buah secukupnya, dan masakan yang kau makan sebelumnya penyebab gas pada penceranaan tadi, akan eksklusif segera di redakan secara alami.


Hal ini disebab kan lantaran tadi, kandungan yang dimiliki buah nanas menyerupai bromelain dan fiber, yang sangat elok untuk pencernaan. Kandungan tadi mempunyai sifat yang sanggup menciptakan lambung kau lebih tenang.



  1. Mencegah kanker usus


Dengan memakan buah nanas kau sanggup juga mencegah terjadinya kanker pada usus. Vitamin C dan antioksida yang terkandung pada buah nanas sanggup melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.


Tidak hanya itu kandungan vitamin A, bormelain, karoten, dan banyak senyawa flavonoid. Buah nanas ini bisa menagkal terjadinya penyebaran radikal bebas kuat yang mengakibatkan tumbuhkan kanker pada tubuh.



  1. Dapat Meningkatkan Protein Dalam Tubuh dan Mengurangi Dehidrasi :


Dengan mengkonsumsi buah nanas terlebih sarinya, sanggup meningkatkan protein pada tubuh, nanas mempunyai kandungann vitamin C dan vitamin A sebanyak hamper 25 mg dan 40 mg yang terdapat pada setiap 100 gram.


Vitamin yang diatas tadi bisa mengurangi kehilangan cairan tubuh pada tubuh.



  1. Mengurangi Stress :


Karena kandungan serotin yang dimiliki sari buah nanas dapar mengurangi kanker dan stress. Dengan kau mengonsumsi buah nanas sebanyyak 200 gram saja perharinya badan akan mendapat manfaat ganda, jikalau memakannya secara teratur dan dalam beberapa minggu.


Itu semua didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Wen dan Wroslstad dari jurusan ilmu dan teknologi.


Selain itu terdapat dengan mengonsumsi buah nanas akan memenuhi kebutuhan vitamin C yang diharapkan oleh tubuh, dengan badan ini akan mengalami rileks untuk menghindari stress lantaran turun kadar kolesterol darah sebanyak hampir 10 %



  1. Mengangkat Sel Kulit Mati :


Tidak hanya buahnya saja ternyata daunya pun sanggup bermanfaat, buah dan daun nanas sanggup dijadikan pembersih jaringan kulit yang sudah mati. Enzim yang terdapat pada daun nanas sanggup menciptakan jaringan yang pernah terkena luka bakar sanggup kembali sehat.



  1. Menurunkan Berat Badan :


Buah nanas dapat


Buah nanas ternyata sanggup melangsingkan badan dan cukup baik dipakai untuk kegiatan diet. Caranya yaitu sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas kemudian basuh bersih. Potong seperlunya kemudian dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa adonan apapun, lakukan dua kali sehari.



  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Dengan mengonsumsi kalium yang cukup dan sedikit natrium, bisa mencegah naiknya tekanan darah. Dan nanas juga merupakan pilihan sempurna lantaran dengan 1 cup buah nanas mengandung 1 miligram natrium dan 195 miligram kalium.



  1. Kaya Vitamin C


Seperti yang tadi saya jelaskan diatas bahwa buah nanas yaitu salah satu sumber vitamin C alami, menyerupai yang kita tahu bahwa vitamin C sanggup meningkatkan kekebalan tubuh.


Jadi badan yang kuat sanggup terhindar dari macam-macam penyakit.



  1. Menjaga Kesehatan Gigi


Ini juga yaitu kelebihan buah nanas yang mengandung banyak vitamin C, sanggup mencegah adanya plak gigi dan bisa juga menjadi protect bagi gusi dari bagai penyakit..



  1. Menjaga Kesehatan Kulit


Enzmin yang dikandungan nanas bisa membantu menjaga elastisnya kulit, bisa membantu mengangkat sel kulit mati, dan menjaga lembabnya kulit. Enzim ini juga sanggup menjadi penangkal radikal bebas, yang penting juga bisa menyamarkan noda hitam pada kulit.


Manfaat nanas madu


Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan badan ✔ Manfaat buah nanas bagi kesehatan dan Efek Sampingnya!


15 Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh


Indonesia yaitu salah satu Negara di tempat tropis yang mempunyai keragaman sumber daya alam, buah-buahan salah satunya. Buah yang ditemukan di Indonesia, mempunyai variasi yang sangat berbeda, baik dari segi bentuk, warna, dan rasa. Bahkan satu jenis buah saya mempunyai beberapa jenis varian, misalnya yaitu Nanas. Buah Nanas yaitu buah yang sudah sangat umum dikenal banyak orang


Namun tahukah kau bahwa ternyata Nanas mempunyai varian lain? Pernah dengar perihal Nanas madu? Nanas Madu yaitu salah satu variasi dari hasil persilangan buah Nanas. Dilihat dari segi kandungannya, tidak terlalu berbeda jauh dengan Nanas biasa. Nanas madu juga mengandung banyak sekali vitamin, banyak sekali mineral, serat, antioksidan, dan lain-lain.


Jika dilihat dari segi fisik, cukup sulit membedakan mana Nanas madu dan yang mana Nanas biasa. Tapi jikalau ingin melihat lebih teliti perihal perbedaannya, perhatikan beberapa hal ini:


Nanas madu mempunyai bentuk buah yang lebih besar, baik secara keseluruhan ataupun dari mata kulitnya.


Nanas madu mempunyai daging lebih tebal.


Aroma yang dimiliki oleh Nanas madu umumnya jauh lebih kuat dari Nanas biasa. Nanas madu mempunyai ciri khas aroma yang sangat harum.


Nanas madu berwarna kuning cenderung orange.


Jika Nanas yang biasa kita temui mempunyai rasa buah yang asam, berbeda hal dengan rasa yang dimiliki Nanas madu. Nanas madu mempunyai rasa buah yang sangat manis dan segar.


Berikut yaitu beberapa tips untuk membedakan Nanas madu dan Nanas biasa. Dan selanjutnya yaitu beberapa manfaat Nanas madu untuk kesehatan anda:



  1. Melancarkan Pencernaan


Seperti manfaat buah nanas pada umumnya nanas madu juga sangat elok untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada buah nanas madu lah embuat lancarnya pencernaan.


Efek lain dari lancarnya pencernaan yaitu mempunyai kegunaan untuk membuang sisa ampas yang terdapat pada tubuh, terlebih yaitu untuk membuang virus dan kuman yang merugikan badan menyerupai mengurangi kekebalan atau imun tubuh.



  1. Mencegah Kanker Payudara


Mencegah kanker payudara bagi kau hawa, penyakit ini yaitu sesuatu yang paling perempuan takuti, namun dengan buah nanas madu sanggup dicegah, jikalau kau perempuan takut terkena penyakit ini.


Kandungan mineral kalium, kalsium, dan fostor, sanggup mencegah resiko terkenanya kanker payudara ini, tidak hanya payudara saja tetapi hampir semua kanker.



  1. Mengurangi Rasa Sakit Haid


Jika kau meraksan sakit yang cukup parah ketika haid, mengonsumsi nanas madu sanggup mengurangi rasa sakit yang kau rasakan memang rasa sakit ini sangat menganggu dan tidak bisa dianggap biasa.


Karena zat antioksidan yang terdapat pada buah nanas madu ini.



  1. Mengontrol Kolesterol dalam Tubuh


Dengan kau yang mempunyai kadar kolestrol yang tinggi, jikalau dibiarkan hal ini akan mengundang datangnya banyak penyakit yang lain. Maka itu menjaga stabilnya kolestrol hal yang cukup penting.


Dengan mengonsumsi buah nanas madu ini sanggup dijadikan solusi untuk menjaga ketidak stabilan kolestrol yang kau miliki. Bahkan jikalau kau rutin memakan buah nanas madu ini sanggup menurunkan kadar kolestrol yang kau derita.



  1. Memperkuat Tulang


Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang yaitu hal yang sangat penting ya, lantaran rulang merupakan pondasi badan dan tempat organ-organ menempel, kandunga yang terdapat pada buah nanas madu sangatlah bermanfaat untuk tulang manusia.


Bahkan jikalau kau mengonsumsi 1 buah nanas madu perhari kebutuhan badan sebanyak 75 persen bisa terpenuhi.



  1. Mencegah dan Meringankan Batuk Pilek


Jika kau kini sedang batuk atau pilek konsumsi lah nanas madu lantaran sanggup meningkatkan kekebalan badan dan meningkatkan sistem imun pada badan juga.


Dapat menyaring virus yang merugikan bagi badan juga loh. Enzim bromelain dalam nana madu ini juga bisa mengendurkan lendir pada ketika kau pilek, maka dari itu nanas madu yaitu solusi bagi kau yang sedang terkena batuk pilek.



  1. Mengontrol Gula Darah / Mencegah Diabetes


Selain itu buah nanas madu sanggup berfungsi untuk mengontrol gula darah. Bagi kau yang mempunyai penyakit gula darah, menyerupai dibetes diajurkan untuk mengonsumsi nanas madu ini



  1. Meredakan Mual


Jika kau yang suka mual ketika dalam perjalanan jauh atau mual ketika haid atau lantaran apapun kau mual. Jika ingin mengurangi rasa mual tersebut kau bisa dengan memakan buah nanas madu ini.


Dapat dijadikan juga cemilan ketika diperjalanan.



  1. Menyehatkan Jantung


Jantung berfungsi untuk memompa oksigen untuk diedarkan ke seluruh organ didalam tubuh, lantaran itu jantung yaitu organ yang paling penting dalam kehidupan ini. Jika usia kau sudah mulai renta kau sangat diperbolehkan untuk memakan buah nanas madu ini.


Buah nanas madu ini akan menciptakan jantung lebih sehat dan menghindari banyak sekali permasalahan yang sanggup dialami oleh jantung.



  1. Mengobati Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan lantaran banyak hal. Bisa dikarenakan stress, kondisi marah, bahkan dari riwayat keturunan. Hipertensi juga merupakan salah satu penyakit dengan urutan tertinggi yang dirasakan oleh orang di usia lanjut. Sebaiknya, konsumsilah Nanas madu untuk menjaga tekanan darah anda. Anda bisa mengkonsumsinya secara eksklusif ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus, dan lain lain.



  1. Menjaga Kesehatan Ginjal


Mengonsumsi nanas madu untuk menjaga kesehatan ginjal kamu. Ginjal yaitu organ penting yang dipakai untuk menyaring dari penyakit yang menyerang tubuh. Maka jikalau tidak ingin terkena banyak penyakit jaga lah ginjalmu.



  1. Mengobati Peradangan


Perdangan yaitu penyakit yang bisa dirasakan dan bisa dilihat tanda-tanda perdangan pada badan bisa di lihat dengan munculnya waran kemerahan, dan bengkaknya pada pecahan badan dan rasanya menyerupai nyeri-nyeri.


Nanas madu bisa mencegahnya terjadinya perdangan pada organ tubuh.



  1. Mengatasi Asam Urat


Anti flamasi yaitu kandungan yang terdapat pada buah nanas madu, hal ini sanggup mengatasi penykit asam urat yang kau kini derita. Kandungan tersebut membantu penyembuhan dan memberentikan pembengkakan.


Demikian beberapa manfaat Nanas madu untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda


Manfaat kulit buah nanas


Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan badan ✔ Manfaat buah nanas bagi kesehatan dan Efek Sampingnya!
Kulit buah nanas

Tidak hanya buahnya saja loh yang bisa dimanfaatkan ternyaata kulit buah nanas juga sanggup dimanfaatkan, kebanyakan orang sehabis mengupas buah nanas langusng membuang kulitnya.


Yaa mungkin lantaran gundah buat apa kulit nanas, dan malas untuk mengolahnya. Tidak tahu cara mengolah juga menjadi kendala pastinya, maka dari itu yuk baca klarifikasi dibawah ini.


1. Memperlancar buah air besar dan air kecil


Ternyata kulit nanas itu mempunyai tekstur yang cukup basah loh yang sanggup menawarkan efek memperlancar buang air. Selain tekstur yang berair, kandungan serat yang ada didalam buah nanas bisa juga memperlancar BAB.


2. Mengatasi ketombe


Kandungan cytine yang ada didalam kandungan kulit buah nanas busa menyehatkan rambutmu dan bisa mengatasi duduk kasus ketombe. Cara tidak sulit kok, kau hanya perlu merendam kulit buah nanas didalam larutan air garam.


Kemudian kau tinggal gosok kulit kepala kau dengan air rendaman tadi, setealh itu tunggu hingga kering.


Terakhit bilas rambutmu yang tadi dengan sampo, untuk hasil yang lebih masksimal lagi ya, kau boleh sampo lagi menyerupai biasanya.


3. Mengobati sakit kepala


Dengan cara menggosokan kepala dengan kulit nanas ternyata juga bisa mengatasi sakit kepala yang sedang sakit. Dikarenkan kulit buah nanas mempunyai efek yang menenangkan, sehingga bisa dipakai untuk sakit kepala.


4. Mencerahkan kulit wajah


Dengan kulit buah nanas ini juga kau bisa menycerahkan kulit wajahmu loh, dengan cara dijadikan masker wajah, lantaran kandungan vitamin C dan E yang ada didalam kandungannya.


Tetapi harus dipakai secara teratur yaa.


5. Menurunkan asam lambung


Bahaya asam lambung yaitu sanggup menghilangkan nafsu makan. Dan lebih bahayanya lagi yaitu bisa mengakibatkan gerd, yang dimana dada terasa panas. Dan parahnya lagi cairan asam lambung bisa naik hingga ke paru-paru.


Berbeda dengan buahnya jikalau memakan terlalu banyak malah bisa mengakibatkan asam lambung. Kulit buah nanas ini bisa menurunkan asam lambung tadi.


Supaya hal ini tidak semakin parah anda bisa memakai kulit buah nanas sebagai solusinya. Tetapi tanyalah kepada dokter sebelumnya, jikalau kau sedang mengonsumsi obat-obatan dari dokter bisa saja ini malah besar lengan berkuasa negatif.


6. Mengobati radang tenggorokan


Vitamin C yang terdapat pada buah nanas ini berfungsi juga untuk proses penyembuhan sakit pada tenggorokan. Antioksida juga sanggup membetulkan kerusakan yang ada selama peradangan terjadi.


7. Menjaga kesehatan ginjal


Konsumsi lah kulit buah nanas sesuai dosis yang cukup, dengan ini kesehatan ginjal akan lebih baik. Sintesa protein, jikalau protein tercerna dengan baik maka tidak ada protein yang berlebih dan kinerja ginjalpun tak terlalu berat.


Buah nanas untuk mengobatan


Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan badan ✔ Manfaat buah nanas bagi kesehatan dan Efek Sampingnya!



  1. Dapat Mengobati Radang Tenggorokan :


Siapkan 2 buah nanas yang sudah matang. Kupas kulit buah nanas tersebut dan jangan lupa basuh hingga bersih. Kemudian bisa dengan dijus, diperas, atau diparut. Minum selama 3 kali dalam sehari, 2 buah tadi dibentuk menjadi 3 kali untuk diminum.



  1. Mengobati Rasa Kembung Perut :


Jika kau mengalami kembung pada lambung bisa dengan memakai cara ini. Minumlah jus nanas 30 menit sebelum makan. Minum lah sebanyak 3 kali sehari, minum cukup dengan setengah gelas sajat.



  1. Menyembuhkan Radang Kutit :


Siapkan 1 buah nanas yang sudah matang


Siapkan 2 buah nanas yang sudah matang. Kupas kulit buah nanas tersebut dan jangan lupa basuh hingga bersih, kemudian diparut atau diblender, terakhir gosoklah parutan tadi ke kulit pada pecahan yang sakit.


Lakukanlah sebelum tidur dan jangan hilangkan dulu, biarkan semalaman dan bersihkan dipagi harinya.



  1. Mengatasi Ketombe :


Jika kau yaitu pendertia yang mengalami ketombe berlebih lakukan lah cara ini


Siapkan buah nanas yang sudah matagn cukup setengah buah saja. Seperti biasa kupas kulitnya, peras dan jangan lupa untuk di parut terlebih dahulu. Tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis kedalam buah nanas yang sudah di peras tadi.


Aduklah hingga rata, dan terakhir gosoklah racikan tadi ke seluruh kulit kepala. Diamkan semlaman dan jangan lupa untuk di bilas besok hari jangan ga dibilas yaa hehe


Cara lainnya: Kupas kemudian parutlah satu buah nanas muda, kemudian lumatkan 12 helai daun galing dan campurkan kedua materi itu. Selanjutnya, diamkan materi itu selama dua jam, kemudian saringlah dengan kain. Gunakan ramuan ini untuk membilas ketika keramas.


Diet dengan buah nanas


Efek samping buah nanas


Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan badan ✔ Manfaat buah nanas bagi kesehatan dan Efek Sampingnya!


Dari semua manfaat yang saya sebutkan di atas tadi yaitu akan menjadi dampak yang jelek jikalau mengonsumsi secara berlebihan. Terkadang kau niscaya mencicipi gatal dan abses dibagian, bibir, pipi, dan pengecap pecahan dalam mulut.


Karena ini memang sifat dari buah nanas tersebut yang panas, tetapi biasanya akan hilang dalam waktu beberaoa jam kemudian. Tapi jikalau keluhan diatas tersebut tidak hilang sehabis beberapa jam dan hingga sulit untuk benapas, itu berarti memang kau yang alergi terhadap buah nanas.


Dan ini yang dari dulu ibu hamil takuti yaitu katanya akan menggugurkan kandungan, hal ini memang benar jikalau kau mengonsumsinya secara berlebihan.


Bukan berarti ibu hamil dihentikan memakan buah nanas ya, lantaran jikalau terlalu banyak akan mengakibat bromelain yang tingkat hingga over, hal ini gres sanggup mengganggu kandunga kamu.


Jika kau memkan 2 buah dalam sehari hal ini bisa terjadi. Karena itu tolong untuk ibu hamil jangan memakan buah nanas terlalu banyak.



  1. Nanas Muda Dapat Merusak kandungan :


Biasanya nanas muda dijadikan obat sebagai perusak kandungan oleh orang-orang jahat. Tetapi hal ini sering dipakai untuk mengatasi haid jikalau datangnya terlambat.


Untuk ibu hamil untuk tidak disarankan sama sekali untuk memakan buah nanas muda.



  1. Memicu Rematik :

    Buah nanas sanggup menjadi atau berfermentasi menjadi alkohol. Hal ini sanggup menjadi memicu kambuhnya rematik jikalau kau memang mempunyai penyakit tersebut.


Untuk penderita rematik dan radang pada sendi disarankan untuk tidak mengonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak, harus dibatasi ya.



  1. Meningkatkan Gula Darah :

    Buah nanas bagi penderita diabetes bahwasanya tidak elok tetapi jikalau makan hanya sedikit tidakpapa, lantaran buah nanas memilki kandungan glukosa yang cukup tinggi.


Tetapi untuk penderita untuk tidak terlalu sering ya makan buah nanasnya.


Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.



Sumber https://wanipira.com

0 Response to "✔ Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel