iklan

Pengertian Integrasi, Jenis-Jenis Dan Faktor-Faktor Integrasi | Ayoksinau.Com

Pengertian Integrasi – Pada pembahasan kali ini Ayoksinau.com akan menjelaskan secara detail ihwal pengertian Integrasi. Baiklah pribadi saja kita bahas bersama-sama.

Indonesia ialah negara multikultural yang terdiri dari banyak sekali macam suku bangsa, agama, ras dan budaya yang hidup bersama. Keberagaman yang menyerupai itu merupakan suatu kekayaan yang luas biasa yang dianugrahkan Tuhan, tetapi keberagaman tersebut bisa menjadi potensi konflik yang besar, manakala prinsip Bhinneka Tunggal Ika tidak diterapkan oleh kita semua. Ketika konflik terjadi, maka bahaya disintegrasi nasional akan gampang terjadi. Walaupun bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya, tetapi negara Indonesia masih banyak mengalami penjajahan dari dalam dan luar negeri. Mengenai integrasi, maka dibawah ini Ayoksinau.com akan membahas ihwal pengertian integrasi, macam-macam integrasi serta faktor-faktor terbentuknya integrasi.

 akan menjelaskan secara detail ihwal pengertian Integrasi Pengertian Integrasi, Jenis-Jenis dan Faktor-Faktor Integrasi | Ayoksinau.com
Pengertian Integrasi, Jenis-Jenis dan Faktor-Faktor Integrasi | Ayoksinau.com

Pengertian Integrasi

Istilah integrasi berasal dari bahasa inggris yaitu integration yang berarti pembauran sampai menjadi kesatuan yang sangat utuh. Pada Umumnya integrasi juga sanggup diartikan sebagai keadaan di mana kelompok ras dan etnik sanggup menyesuaikan diri dan bersikap komformitas terhadap kebudayaan lebih banyak didominasi masyarakat, namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing.

Ada salah satu hebat Paul B.Horton yang menyampaikan bahwa integrasi sosial ialah suatu proses dan pengembangan di dalam kehidupan masyarakat dimana kelompok ras dan etnik bisa berperan secara bersamaan dalam kehidupan budaya dan ekonomi. Oleh alasannya ialah integrasi dalam kehidupan bermasyarakat harus tetap dijaga kelangsungannya.

Jenis-Jenis Integrasi

Integrasi tidak sanggup terjadi begitu saja, tetapi integrase sanggup terbentuk alasannya ialah adanya suatu proses yang panjang dan dalam waktu yang cukup lama. Adapun jenis-jenis dari integrase ialah sebagai berikut:

Integrasi Kebudayaan

Integrasi ini ialah suatu penyusaian antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan bermasyarakat.

Integrasi Sosial

Merupakan integrasi pembiasaan antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam  suatu kehidupan sosial sehingga menghasilkan pola kehidupan yang harmonis bagi masyarakat itu sendiri.

Integrasi Nasional

Integrasi nasional ialah suatu proses penyusaian antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan dimasyarakat secara nasional sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang harmonis sehingga sanggup memperlihatkan fungsi tersendiri bagi masyarakat tersebut.

Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi

Suatu integrasi yang berpengaruh akan terbentuk atau tercipta alasannya ialah adanya beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya, diantara faktor-faktor tersebut ialah sebagai berikut.

  • Adanya rasa toleransi, tenggang rasa, dan saling menghormati.
  • Terjadinya perkawinan adonan antara suku yang satu dengan suku yang lain.
  • Semakin pesatnya komunikasi dan transportasi antar daerah.
  • Meningkatnya rasa solidaritas sosial yang dipengaruhi intensif kolaborasi kelompok dalam masyarakat menghadapi kejadian bersama-sama.
  • Fungsi pemerintahan yang berjalan semakin baik dan bijaksana terutama yang sanggup menyentuh masyarakat bawah.

Selain itu faktor-faktor yang sanggup menghipnotis terbentuknya suatu integrasi, terdapat juga beberapa faktor yang sanggup menjadi penghambat ataupun penghalang terjadinya integrasi nasional diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Masyarakat Indonesia yang beraneka ragam yang terdiri dari banyak sekali suku bangsa dengan bermacam-macam kebudayaan wilayahnya masing-masing, agama yang dianut, bahasa daerah, ras dan lain sebagainya.
  • Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan luas.
  • Resiko yang besar terhadap hambatan, gangguan, ancaman, bahkan tantangan yang sanggup menghancurkan kesatuan dan persatun bangsa serta keutuhan bangsa, baik itu dari dalam maupun dari luar negeri.
  • Masih besarnya ketimpangan dan tidak meratanya pembangunan dan hasil-hasil pembangunan yang menjadikan rasa tidak puas.
  • Adanya perilaku yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa yang lain atau yang sering disebut sebagai paham etnosentrime.

Nah itu pembahasan Ayoksinau.com mengenai Pengertian Integrasi. Semoga dengan adanya ulasan ini sanggup menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Kunjungi terus Ayoksinau.com masih banyak artikel menarik lainnnya yang bisa Anda baca. Terimakasih.

Baca Juga:

Pengertian Negara, Unsur, Sifat, Fungsi, Tujuan Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) – Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Pengertian Birokrasi Beserta Contoh dan Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Pengertian Integrasi, Jenis-Jenis Dan Faktor-Faktor Integrasi | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel