iklan

Pengertian Komunikasi Data Dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Data - Komunikasi data yaitu proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan lebih luas, mirip jaringan MAN dan jaringan WAN.

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar, saat terjadi pengiriman data antara dua komputer melalui jaringan internet, data yang dikirim tidak pribadi hingga pada komputer tujuan, melainkan harus melalui satu komputer ke komputer yang lain, dari satu jaringan ke jaringan yang lain, hingga kesannya hingga kepada komputer yang dituju.

 Komunikasi data yaitu proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhu Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya
Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya
Sebagai contoh, jikalau kita sudah menciptakan email yahoo kemudian memasukan User ID dan password dari akun email di YahooMail. Data user ID akan dikirim tidak pribadi hingga diserver Yahoo, melainkan harus melalui jaringan komputer dimana komputer yang dipakai berada.

Kemudian dikirim ke komputer ISP (internet service provider), kemudian melalui jaringan komputer yang lain yang ada diinternet hingga kesannya datang diserver Yahoo.


Perangkat yang mentransmisikan data dikenal sebagai sumber dan perangkat yang mendapatkan data yang ditransmisikan dikenal sebagai penerima. Komunikasi data bertujuan untuk transfer data dan pemeliharaan data selama proses namun bukan generasi bergotong-royong dari gosip pada sumber dan penerima.

Baca juga Fungsi ISP dan Contohnya

Manfaat Komunikasi Data
Jika kita ibaratkan, komunikasi data antara dua komputer sama mirip mengirim surat atau paket ke daerah yang jauh. Ketika kita mengirim surat atau paket tentunya kita harus menuliskan nama dan alamat yang dituju dengan jelas, jangan hingga salah menulis alamat, sebab barang yang kita kirim tidak akan sampai.

Ketika kita menuliskan nama yang dituju tentunya ini akan mencegah surat kita dibaca oleh orang lain. yang kebetulan alamatnya sama. sedangkan alamat ditulis untuk mencegah surat nyasar ke rumah yang salah.

Begitu juga komunikasi data...ketika sebuah komputer mengirimkan data. Sama halnya saat kita mengirimkan surat kita tidak ingin semoga data dikirim ke aplikasi dan komputer yang salah.

Jika kita analogikan dengan mengirim surat atau paket aplikasi dianalogikan dengan orang dan komputer dengan alamat. Sama saat sebuah rumah yang berpenghuni beberapa orang, demikian dalam sebuah komputer terdapat beberapa aplikasi.

Contoh Komunikasi Data
Selain dilema alamat dan orang yang dituju, saat mengirimkan surat atau paket kita tentu tidak mau paket kita rusak ditengah jalan, umpamanya kita mengirimkan boneka kepada adik tercinta kita untuk hadiah ulang tahunnya, dan boneka tersebut rusak.

Naaah untuk mencegah hal tersebut, kita harus membungkusnya terlebih dahulu sebelum kita mengirimnya, semoga selamat dan tidak rusak diperjalanan.

Komunikasi data antara dua komputer dengan memakai protokol-protokol jaringan komputer. Protokol yaitu hukum atiran yang menciptakan dua buah komputer saling mengerti satu sama lain. Prokol juga sanggup disebut bahasa komunikasi komputer.

Baca juga: Protokol Jaringan Komputer

Sama halnya dengan dua orang yang sanggup berkomunikasi satu sama lain dengan bahasa yang sama. Protokol tersebut sanggup bekerja bersamasama untuk menangani proses pengiriman data.


Sistem komunikasi mempunyai komponen sebagai berikut:

1. Pesan : Merupakan gosip atau data untuk dikomunikasikan. Ini sanggup terdiri dari teks, angka, gambar, bunyi atau video atau kombinasi dari keduanya.

2. Pengirim : Ini yaitu perangkat / komputer yang menghasilkan dan mengirim pesan itu.

3. Receiver : Ini yaitu perangkat atau komputer yang mendapatkan pesan. Lokasi komputer receiver umumnya berbeda dengan komputer pengirim. Jarak antara pengirim dan akseptor tergantung pada jenis jaringan yang dipakai di antaranya.

4. Medium : Ini yaitu kanal atau jalur fisik yang melaluinya pesan dibawa dari pengirim ke penerima. Media sanggup dihubungkan dengan kabel twisted pair, kabel coaxial, kabel fiber optic atau nirkabel mirip laser, gelombang radio, dan gelombang mikro.

5. Protokol : Ini yaitu seperangkat hukum yang mengatur komunikasi antar perangkat. Baik pengirim maupun akseptor mengikuti protokol yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Pengertian Komunikasi Data

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Komunikasi Data Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel