iklan

Pengertian Sistem Komputer Secara Umum Dan Contohnya

Pengertian Sistem Komputer Secara Umum dan Contohnya - Pengertian Sistem komputer ialah jaringan elektronik yang terdiri dari Perangkat Lunak dan Perangkat Keras yang melaksanakan kiprah tertentu (menerima input, input proses, perintah simpan, dan memperlihatkan keluaran dalam bentuk informasi).

Selain itu bisa juga diartikan sebagai elemen yang terkait untuk menjalankan kegiatan memakai komputer. Jika Anda tertarik untuk memperdalam masalah, maka jurusan yang tepat untuk Anda ialah jurusan sistem komputer.

Komputer bisa membantu insan dalam pekerjaan sehari-hari, pekerjaannya seperti: pengolah kata, pengolahan angka, dan pengolahan citra.

Unsur sistem komputer terdiri dari insan (brainware), perangkat lunak (software), set arahan (instruction set), dan hardware. Dengan demikian komponen merupakan elemen yang terlibat dalam sistem komputer.

Tentu saja perangkat keras tidak berarti apa-apa bila tidak ada satu pun dari dua perangkat lunak dan otak lainnya.

Nah bagaimana kini sudah mulai mengerti apa arti dari sistem komputer? Jika belum, mari kita jelaskan lebih pengertian dan bab sistem komputer secara bertahap.


Komponen sistem komputer

Pengertian Sistem Komputer Secara Umum dan Contohnya Pengertian Sistem Komputer Secara Umum dan Contohnya
Sistem Komputer

Komponen sistem komputer terdiri dari central processing unit (CPU), modul memori, slot perluasan dan sirkuit elektronik ibarat kartu yang menempati slot perluasan dimana semua perangkat dipasang pada papan utama bersamaan dengan disk drive, kipas dan power supply.

Baca: Pengertian Power Supply dan Fungsinya

Semua perangkat di luar sistem unit ibarat monitor, keyboard, mouse dan sebagainya secara eksklusif atau tidak eksklusif berafiliasi dengan unit sistem yang membantu kinerja unit sistem.

Selain membantu kinerja unit sistem, komponen ini juga bisa membantu sistem operasi berjalan normal dan stabil.

Bagian dari Unit Sistem
1. Bagian Depan Unit Sistem
Bagian depan unit sistem biasanya ditempati oleh daerah yang sanggup digerakkan dari depan, pelopor internal ibarat hard disk drive terpasang secara internal di slot ruang kosong dan sebagainya.

Biasanya unit sistem mempunyai tipe dan gaya yang bervariasi tergantung dari kebutuhan penggunaan perangkat keras yang akan menguasainya. Definisi unit sistem umumnya disamakan dengan "casing" komputer meski tidak benar.

2. Motherboard
Motherboard ialah papan integrasi dimana ada koleksi chip yang mengatur semua kegiatan di PC dan ada satu chip utama yang disebut mikroprosesor (biasa disebut prosesor saja).

Motherboard dibagi menjadi lima area fungsional yaitu sub sistem prosesor dan chip pendukungnya, sub sistem ROM, sub-sistem RAM, adaptor I / O (Input / Output) terintegrasi dan I / O termasuk slot ekspansi.

Keripiknya disusun secara vertikal dengan pin 1 yang terletak di kiri atas. Setiap komponen ditandai dengan kode identifikasi dari papan sirkuit cetak dan menetapkan nomor lokasi chip selain urutan dari kiri ke kanan dan juga dari atas ke bawah sehingga memungkinkan untuk menempatkan IC dengan cepat di papan tulis.

Generasi motherboard terdiferensiasi menurut kecepatan transfer data dalam satuan bit (Digit biner). Generasi pertama mempunyai kecepatan 8 bit dan kemudian muncul generasi 16 bit dan 32 bit.

3. BIOS
BIOS merupakan perpanjangan dari Basic Input Output System dan bentuk aplikasi terendah di komputer untuk mengintegrasikan kinerja antara perangkat keras komputer dan sistem operasi komputer.

Chip BIOS gampang dikenali, umumnya pada permukaan chip BIOS diberi stiker yang menyebutkan merek BIOS ibarat AMI atau AWARD.

Untuk komputer usang yang belum memakai bus PCI sehingga BIOS terpasang secara permanen pada motherboard. Saat ini sebagian besar motherboard sudah memakai Flash BIOS dimana isi BIOS bisa diganti.

Jenis BIOS ini ialah ROM dengan tipe EEPROM (Electric Unaside Read Only Memory). Beberapa chip ROM yang tidak EEPROM mengeluarkannya bukan dengan listrik tapi dengan sinar UV sehingga chip ini diberi sebuah jendela kecil di permukaan chip.

Stiker epilog jendela dipakai untuk melindungi chip dari sengatan matahari. Untuk melepas BIOS harus hati-hati biar pin tidak bengkok atau patah. Gunakan obeng kecil untuk membantu mengangkatnya.

4. Prosesor
Prosesor Merupakan bab utama otak PC. Pada bab ini semua kegiatan di dalam PC dikontrol yang disebut Central Processing Unit (CPU).

Prosesor ini terletak pada motherboard yang dicirikan oleh salah satu chip terbesar dan umumnya selalu diberi kipas kecil yang berfungsi sebagai pendingin.

Generasi prosesor meliputi: 286, 386 (SX, DX), 486 (SX, DX, DX2, DX4), Pentium (60, 75, 90, 100, 120, 133, 166, 180, 200, 233) AT, Pentium Pro untuk Server Jaringan (150.180.200), Pentium Multi Media Extended (133, 166, 200, 233), Power AT ialah Pentium II MMX (Celeron, 300, 333, 350, 400, 450), Pentium III 400, 450, 500, 600) dan generasi terbaru lainnya.

Angka yang mengikuti jenis prosesor memperlihatkan kecepatan transfer data dalam satuan MHz atau GHz.

Dalam keadaan tertentu sanggup ditingkatkan atau menambah kecepatan prosesor yang disebut Up Grade. Untuk melaksanakan Up Grade harus diketahui jumper-jumper yang ada pada motherboard.

Di Up Grade intinya ialah sebuah prosesor penguat kinerja dimana "memaksa" prosesor untuk bekerja berkali-kali lebih cepat daripada kemampuannya sehingga imbas kelas atas ialah prosesor panas yang lebih cepat dan harus menambahkan kipas yang lebih berpengaruh atau pendingin yang lebih besar.

Perlu diingat juga bahwa di kelas atas cobalah untuk tidak Over clock ialah keadaan dimana prosesor bekerja melebihi tingkat kecepatan di atasnya. Misalnya prosesor Pentium 100 naik ke Pentium 180.

Karena imbas up grade overheating pada prosesor ini disarankan untuk tidak naik grade dengan cara ini bila Anda menginginkan prosesor mempunyai umur panjang.

5. Memori
Bagian penting dari sistem PC manapun. Fungsi memori ialah sebagai terminal data dimana data dikirim dari dan ke prosesor yang pertama tersimpan di memori. Ada dua jenis memori yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).

Baca juga: Pengertian RAM dan Fungsinya

ROM ialah chip yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis. Data dalam ROM ialah data pra-program (diprogram oleh vendor) sebelum diinstal. ROM ini biasanya dipakai di BIOS komputer.

Sedangkan RAM ialah chip yang bisa diakses secara acak (acak) dan tidak tergantung pada urutan alamat lokasi memori. Sifat RAM yang paling penting ialah chip ini bisa ditulis atau dibaca setiap ketika ibarat yang diinginkan oleh pengguna selama pengoperasian komputer. RAM sangat cocok untuk menyimpan data sementara.

Saat komputer dimatikan maka informasi atau data di RAM akan terhapus. Jenis memori yang dijual di pasaran adalah: SIMM (Single In Line Memory Module) dan DIMM (Dual In line Memory Module). SIMM bekerja dengan mengisi ruang kosong di memori secara berurutan dari rendah ke tinggi.

DIMM sanggup mengisi ruang kosong dalam memori secara acak tanpa urutan. Memory type SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) atau DDR mempunyai cara kerjanya SIMM dan bahkan DIMM jadi memori ini lebih fleksibel untuk digunakan.

Bagaimana kawan-kawan, apakah anda sudah tahu perbedaan antara ROM dan RAM?

Baca: Perbedaan RAM dan ROM

6. Memori Cache
Ada dua jenis cache memori berupa cache memory yang terdiri dari beberapa chip atau IC pada soket khusus dengan 256 Kb besar dan untuk upgrade ke 512 Kb menambahkan sebuah chip yang terpasang di slot khusus.

Sedangkan yang kedua ialah memori cache yang terpasang pada 2 chip yang melekat pada motherboard dengan ukuran 512 Kb. Chip yang biasa dipakai ialah merek Tech dan Winbond.

Fungsi memori Cache ialah bertindak sebagai penyangga memori (RAM) sehingga proses transfer data bisa berlangsung lebih cepat yang tidak hingga ada antrian data yang panjang di RAM.

7. Slot Ekspansi dan Kartu Ekspansi
Slot perluasan ialah soket yang dipakai untuk terhubung eksklusif ke bus listrik dan sanggup ditambahkan sebagai papan sirkuit di dalam motherboard.

Jenis Kartu Ekspansi mencakup Kartu Video, Kartu Suara, Kartu Modem, Kartu Antarmuka Jaringan (NIC). Laptop dan komputer jinjing biasanya mempunyai Kartu PC mereka sendiri, yaitu kredit tipis yang dipakai untuk menambahkan memori, disk drive dan sebagainya.

Beberapa slot yang sanggup dipakai untuk terhubung dengan perangkat suplemen mencakup Komponen Periferal Interkoneksi (PCI), Accelerated Graphics Port (AGP), Arsitektur Standar Industri (ISA), Universal Serial Bus (USB), Small Computer System Interface (SCSI) dan Integrated Drive Electronics (IDEA)

8. Port
Port ialah soket yang bisa dipakai untuk memasang perangkat dengan konektornya untuk berafiliasi dengan motherboard dimana perangkat keras bergantung pada perubahan teknologi yang berkembang. Biasanya port bisa ditemukan di bab belakang unit sistem tapi juga di depannya.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Sistem Komputer Secara Umum Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel