iklan

Praktek Unik Dari Pengertian Taktik Pemasaran Online

Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online Menggunakan Social Media Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran OnlineKali ini akan saya sajikan studi perkara praktek unik taktik pemasaran online dengan memakai sosial media. Menjalankan bisnis di dunia serba digital dan perkembangan internet yang demikian pesat memang menjadi lebih menarik. Menarik alasannya yaitu nyatanya, Sahabat PoBis bisa memanfaatkan dunia internet ini sebagai sarana pemasaran yang demikian cepat dan lugas dengan lemparan yang sempurna sasaran.


Selama ini pengertian taktik pemasaran klasik selalu berkutat soal teknik-teknik klasik dalam menarik pasar membeli produk Anda. Dan di masa internet ibarat sekarang, kebanyakan orang juga masih berputar dalam zona anutan yang sama soal bagaimana pengertian taktik pemasaran.


Dalam ilmu pemasaran klasik, pemasaran yaitu satu lini yang memakan biaya besar, kadang lebih besar dari nilai produk itu sendiri. Mereka membangun sistem pemasaran yang berjenjang, kadang demikian tersistem dan kompleks hingga bisa menyentuh pasar selesai dengan jitu.


Pasalnya ada jarak demikian jauh antara produsen alias pengusaha dengan konsumen. Sehingga perlu sebuah sistem yang kadang memakan biaya besar untuk bisa mencapai pasar utama. Misalkan dengan menciptakan iklan dan memasangnya via televisi.


Belum cukup berpengaruh dengan sekedar promosi via televisi maka dipasang iklan banner besar yang dipajang di jalan raya utama. Masih dianggap belum terlalu efektif, dibuat pasukan SPG yang tiba pribadi mendekati konsumen secara lebih personal. Belum rampung hingga disana dibuat promosi besar lengkap dengan hadiah menggiurkan yang mahal dari sisi biaya promo dan nilai barangnya.


Berapa biaya untuk semua perangkat pemasaran tersebut? Bukankah itu semua nantinya akan dijadikan biaya pemanis untuk produk? Bukankah itu menciptakan banyak orang berpikir dua kali untuk memulai bisnis alasannya yaitu kelihatannya memang membutuhkan modal super besar?


Hal berbeda soal pengertian taktik pemasaran akan dijawab oleh seorang pemilik restoran Burger asal kota kecil di Amerika, Milwaukee. Joe Sorge dengan bisnis yang diberinya nama AJ Boomber Burger ini mempunyai cara berbeda dalam menerjemahkan pengertian taktik pemasaran dan menghasilkan konsep yang jauh dari kata mahal. Dia membawa bisnisnya menjadi bisnis masakan online dengan taktik pemasaran yang lebih hemat.


Senjata utamanya hanya internet dan opimalisasi penggunaan social media. Apa saja yang sudah Joe Sorge lakukan dengan social media dan menjadikannya sebagai salah satu rujukan terbaik optimalisasi interne untuk bisnis berdasar beberapa goresan pena dari Wall Stree Journal hingga New York Times.



  • Membangun komunitas maya

    Ide ini dituangkan dengan menciptakan sebuah dinding dimana setiap pengunjung bisa menorehkan alamat twitter mereka dan akan segera di follow oleh AJ Boombers. Di sini AJ Boombers akan selalu mengupdate setiap gosip soal resto, even hingga promo. Tak berhenti hingga di sana, AJ Boombers perhatian pada setiap followersnya dengan memperlihatkan promo khusus untuk mereka yang berulang tahun dan hari-hari khusus mereka. Joe Sorge juga menciptakan sebuah komunikasi unik yang dibangun via online dengan menggiatkan pengunjung terlibat pribadi dengan acara online dari akun AJ Boombers dan setiap retweet yang muncul.

  • Libatkan karyawan dalam promosi

    Setiap karyawan dari Joe Sorge yaitu orang yang aktif dalam dunia maya dan selalu terjaring dalam acara social media. Joe Sorge menimbulkan mereka personal yang lebih dikenal pengunjung dengan membuka channel lebar-lebar bagi pengunjung untuk berteman dengan karyawan via online. Mereka akan membangun opini, promosi dan endorsing terhadap produk dari AJ Boombers.

  • Libatkan konsumen dalam usaha

    Ketika karyawan sudahdlibatkan dalam promosi, kini giliran konsumen yang ditarik untuk lebih banyak terlibat dalam usaha. Biarkan follower yang memilih apa sajian utama malam ini, beri kesempatan follower untuk turut memberi nama satu produk gres yang siap rilis, Libatkan mereka untuk memilih event-event yang akan diselenggarakan dan masih banyak lagi. Bahkan dikala Joe Sorge berniat mengganti beberapa sentuhan interior ia turut membuka opini di akunnya untuk mendengar pendapat followers.

  • Datangkan konsumen dengan cara unik

    Foursquare yaitu satu senjata andalan Joe Sorge dalam mendatangkan konsumen. Misalkan dengan mengadakan event swarm badge di Aj Boombers dan menciptakan lebih dari 160 orang pengguna Foursquare Mil Waukee menerima swarm badge. Swarm badge yaitu badge yang hanya bisa didapat bila 50 orang lebih tiba dan melaksanakan check in di lokasi dan waktu yang sama.

  • Buat trademark

    Kadang sesuatu menjadi viral lebih alasannya yaitu adanya keunikan yang bisa diangkat. Ini yang dimanfaatkan Joe Sorge dengan memasang bangku raksasa di depan resto untuk menciptakan sebanyak mungkin twitpict dengan bangku besar itu. Atau dengan memasang kapal kecil di depan resto hingga terbentuk badge gres di Foursquare “I’m on a boat”. Sekilas tidak relevan ,tetapi dikala ini menjadi viral maka muncul rasa ingin tau pasar terhadap bangku dan kapal yang jadinya menggiring pengunjung membeli burger.


Mengapa masih terkunci dalam pola pemahaman usang akan pengertian taktik pemasaran kalau Anda bisa membuka lebih banyak inspirasi dalam pemasaran di dunia maya. Karena rupanya semua itu bisa memotong anggaran pemasaran Anda bahkan berkali lipat.


sumber gambar: plannedparenthood.org



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Praktek Unik Dari Pengertian Taktik Pemasaran Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel