iklan

[Simpel] Cara Setting Ip Di Ubuntu Lewat Terminal

Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal Dengan Mudah



Mendengar kata TCP/IP niscaya sudah tahu kan? iya TCP/IP ialah suatu yang di lakukan tidak jauh dalam lingkungan Networking, menyerupai memperlihatkan IP pada komputer, mengusut koneksi jaringan dll. Dalam konsepnya Linux telah menyediakan perintah untuk melaksanakan hal tersebut tanpa suplemen aplikasi apapun, dengan terminal di linux semua sanggup di lakukan. Berikut saya akan jelaskan penggunaan dalam lingkungan TCP/IP di Linux.


Perintah dasar Linux untuk penggunaan TCP/IP


Linux secara default menyertakan banyak sekumpulan aplikasi yang di gunakan untuk membangun jaringan komputer. Aplikasi Internet yang pertama kali ditemukan ialah FTP. Menyusul lalu e-mail, dan telnet. E-mail menjadi aplikasi yang paling popular di masa ARPANET. Beberapa perintah yang di gunakan pada lingkungan jaringan TCP/IP sanggup di lihat sebagai berikut:


ifconfig


Pada semua komputer Linux maupun lainnya umumnya akan diberikan alamat khusus yang disebut IP address. IP address ini bersifat unik dan sebagai identifikasi satu komputer dengan komputer lainnya pada jaringan TCP/IP. IP address sanggup dianalogikan dengan No Ktp. Untuk sanggup mampu melihat IP address komputer kita, sanggup dengan memakai perintah sebagai berikut: ifconfig atau sanggup juga dengan memakai perintah /sbin/ifconfig ketikan pada terminal Linux anda.


Perintah Linux ini biasanya dijalankan oleh root. tetapi user biasa juga masih sanggup menggunakannya. setidaknya  kita akan melihat tampilan berikut ini biar lebih terperinci hasil dari perintah yang kita ketikan pada terminal Linux :


Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal Dengan Praktis [SIMPEL] Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal


Anda coba lihat pada baris kedua inet addr:127.0.0.1 Mask:255.0.0.0 itu ialah alamat komputer kita sanggup juga disebut localhost, ini ialah alamat default kita kalau ingin merubah akan saya jelaskan pada artikel yang selanjutnya.


hostname


Selain komputer yang mempunyai IP address, pada setiap komputer yang terhubung pada jaringan komputer, mempunyai nama yang disebut host atau hostname. Untuk melihat namanya, sanggup dengan ketikkan perintah sebagai berikut, maka alhasil sanggup di lihat di bawah ini :

hostname


Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal Dengan Praktis [SIMPEL] Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal

Pada gambar diatas saya memakai nama hostname livecd, ini tidak harus sama dengan yang di tampilkan sesuai dengan komputer anda masing-masing. sebagai teladan jaringan networking sanggup di lihat pada gambar berikut ini.


Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal Dengan Praktis [SIMPEL] Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal


ping


Perintah ping sanggup dipakai untuk memerika koneksi dengan komputer lain yang ada pada jaringan.

Misalkan saja, kita ingin menguji koneksi dengan komputer localhost . Ketikkan perintah berikut ini :

ping localhost atau ping 127.0.0.1


Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal Dengan Praktis [SIMPEL] Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal

Pada gambar di atas 64 bytes form localhost.localdomain (127.0.0.0.1)… berarti komputer anda telah terkoneksi pada localhost. dan kalau muncul pesan 0% packet loss berarti komputer anda ada persoalan dalam koneksi silahkan cek jaringan komputer anda.


Pada Linux hasil perintah ping akan muncul terus menerus hingga anda menghentikannya dengan memakai tombol [ctrl+c]. kalau melihat perintahnya sangat simple tapi ini di gunakan terus dan banyak keuntungannya bagi yang melaksanakan konfigurasi jaringan di Linux.


Sampai disini anda paham? kalau paham saya akan melanjutkan dengan artikel berikutnya


0 Response to "[Simpel] Cara Setting Ip Di Ubuntu Lewat Terminal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel