iklan

Sudahkah Anda Tau Apa Sejarah Pengertian Syair – Ketahui Juga Misalnya | Ayoksinau.Com

Pengertian Syair – Hai Guys, pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama memahami perihal syair? Apakah kawan-kawan sekalian sudah tau apa itu syair? Bagaimana ciri-cirinya ? dan jenis-jenisnya?. Karena bahan perihal syair ini sangat berkaitan bersahabat dengan budaya, akan tetapi ketika ini bahan ini sudah menjadi pokok dalam bahan Bahasa Indonesia.

Sejarah Syair pada pembahasan kali ini kita akan sama Sudahkah Anda Tau Apa Sejarah  Pengertian Syair – Ketahui Juga Contohnya | Ayoksinau.com

 

Syair yang awalnya berasal dari kata atau istilah bahasa arap yaitu syi’ir atau syu’ur yang mempunyai arti “suatu perasaan yang menyadari”. Akan tetapi seiring berkembangnya pemaknaan Syi’ru mempunyai arti pusi dalam pengetahuan umum.

Pengertian Syair

Syair merupakan salah satu puisi usang yang berawal dari negara persia, yang lalu masuknya berbarengan dengan masukknya agama Islam ke Nusantara Indonesia ini.

Selain itu syair juga sanggup di artikan sebagai puisi usang yang setiap barisnya terdiri dari 4 baris atau larik, yang akhirannya mempunyai suara yang sama.

Syair sanggup digunakan sebagai suatu simbol oleh komponis dalam mengekspresikan perasaan yang lalu mempermudah pendengar dalam mencerna karya musiknya. Lagu-lagu kawasan yang biasanya menggunakan bahasa kawasan tersebut dalam menuturkan isi lagunya. Dalam sebuah syair terkadang komponis mengadakan perulangan. Perulangan dan pementingan yang ada pada syair merupakan salah satu cara untuk memberi pementingan pada emosi yang ada pada lagu tersebut.

Ciri-ciri Syair

Setelah mengetahui sejarah dan pengertiannya. Syair juga mempunyai ciri-ciri.

Ciri-ciri dari sebuah syair diantaranya

  1. Bersajak a-a-a-a
  2. Bahasa yang terkandung banyak mengandung kiasan
  3. Setiap barisnya dinamakan isi
  4. Setiap bait terdiri dari 4 baris

Baca juga :

Jenis jenis Syair

syair sendiri mempunyai jenis jenisnya, jenis yang ada pada syair terdiri dari 5 golongan, diantaranya ialah sebagai berikut

  1. Syair Romantis

Merupakan syait yang isinya perihal percintaan, yang biasanya terdapat pada dongeng anak berilmu balig cukup akal dan dongeng rakyat

  1. Syair Sejarah

Merupakan syair yang isi utamanya berdasarkan cerita-cerita sejarah, misalnya menyerupai sejarah peperangan

  1. Syair Agama

Merupakan syair yang mengandung isi berupa pesan yang tersirat atau pesan-pesan moral yang berkaitan dengan agama. Pada syair agama ini juga terbagi menjadi beberapa syair diantaranya syair aliran islam, syair riwayat dongeng nabi, syair nasihat.

  1. Syair Panji

Merupakan syair yang isinya menceritakan perihal keadaan yang terjadi pada suatu istana serta keadaan orang-orang yang berasal dari istana

  1. Syair Kiasan

Merupakan syair yang isinya berupa kecintaan terhadap binatang, buah-buahan menyerupai pencintaan terhadap burung, ikan. Syair ini biasanya berupa sindiran terhadap peristiwa-peristiwa tertentu.

Contoh Syair

Salah satu pola syair disini ialah syair agama yang berisi

Syair Bertaubat

  • Janganlah engkau berbuat maksiat
  • Janganlah engkau berbuat jahat
  • Segeralah engkau bertaubat
  • Agar selamat dunia akhirat

  • Apabila engkau kesulitan
  • Dan mendapatkan segala cobaan
  • Memohonlah kepada Tuhan
  • Pasti Tuhan mengabulkan

 

  • Jangan lupa kepadanya
  • Patuhilah perintahnya
  • Bertaubatlah kepadanya
  • Pasti Tuhan menerimanya

Baca juga artikel di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com mengenai pengertian dan sejarah syair, supaya sanggup bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda.


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Sudahkah Anda Tau Apa Sejarah Pengertian Syair – Ketahui Juga Misalnya | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel