iklan

Cara Membedakan Madu Orisinil Dan Palsu Dengan Mengetahui Cirinya

Jika ingin menikmati manfaat madu yang cantik buat kesehatan, kemurnian atau keaslian madu yakni hal yang terpenting dipertimbangkan sebelum membeli. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis madu, yaitu madu orisinil dan madu palsu. Kita harus tahu membedakan madu orisinil dan palsu biar tidak rugi dan manfaat madu orisinil buat kesehatan sanggup kita nikmati. Jika hanya dilihat, kita tidak sanggup mengetahui apakah madu itu orisinil atau palsu. Jadi, biar tahu kemurnian madu, perlu mengetahui cara membedakannya.


Jika tidak mengetahui ciri madu orisinil dan palsu, kita alhasil membeli produk berkualitas buruk. Banyak madu palsu beredar di pasaran, bahkan dijual sebagai madu asli. Sebelum melaksanakan tes, salah satu cara mengetahui ciri madu orisinil sangat sederhana, yaitu dengan membaca label pada botol madu sebelum membelinya.


Secara sah, produsen kuliner atau minuman, termasuk madu, diharuskan mencantumkan aditif dan zat tambahan yang ditambahkan ke madu yang diproduksi. Kaprikornus kita sanggup melihat apakah itu resep organik atau perhiasan buatan hanya dengan menyelidiki labelnya. Namun tidak semua juga madu yang dijual berasal dari produsen level perusahaan. Terkadang kita sering menjumpai madu yang dijual berasal dari industri rumah tangga. Biasanya produk madu ibarat itu dijual tanpa label madu asli. Oleh alasannya itu perlu juga untuk mengetes madu tersebut sebelum membeli. Nah, untuk menyelidiki keaslian madu, ikuti tutorial kali ini. Tutorial di bawah ini akan mengulas cara menguji kemurnian madu.


Apa itu 100% Madu Murni?


Jika ingin menikmati manfaat madu yang cantik buat kesehatan Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Mengetahui Cirinya


Acuan yang paling umum untuk “madu asli” dan “madu murni” yakni “madu organik” dan “madu alami”. Seperti yang diperlukan banyak produsen, madu yang orisinil jarang berasal dari pabrik, melainkan dari lebah. Madu murni atau madu alami yakni produk alami yang dibentuk oleh lebah madu. Sedangkan madu organik yakni madu yang dibentuk oleh lebah tapi hanya diberi makan bunga yang ditanam secara organik. Maka membutuhkan tes untuk membedakan antara madu orisinil dan madu palsu.


Apa itu Madu Palsu?


Madu palsu juga disebut dengan madu tidak murni atau tiruan. Madu palsu yakni madu yang telah ditambahkan glukosa, dekstrosa, molase, sirup gula, gula invert, tepung, sirup jagung, atau produk sejenis lainnya.


Ketahui juga: Makanan cantik untuk kecerdasan otak.


Bagaimana Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu?


Kemurnian madu sanggup diperiksa di laboratorium untuk mengetahui kemurniannya. Tetapi ada juga cara sederhana dimana konsumen sehari-hari sanggup mengetahui dengan cepat apakah itu palsu atau madu murni/asli. Langkah pertama dan sekaligus langkah yang paling terperinci yakni menyelidiki labelnya. Label madu berisi beberapa gosip yang bermanfaat untuk diketahui. Berikut di bawah ini yakni beberapa perbedaan sifat-sifat madu yang sanggup membantu kita membedakan madu orisinil dan palsu.


11 Perbedaan Madu Murni dan Madu Palsu


Jika ingin menikmati manfaat madu yang cantik buat kesehatan Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Mengetahui Cirinya


1. Ketebalan Madu


Madu Murni: Cukup tebal dan membutuhkan waktu untuk bergerak dari satu sisi toples ke sisi lainnya.

Madu Palsu: Tidak padat sama sekali. Madu palsu sangat ringan dan lebih encer.


2. Kelengketan Madu


Madu Murni: Cenderung tidak lengket kalau digosok di antara jari.

Madu Palsu: Cukup lengket alasannya tingginya persentase unsur perhiasan tambahan.


3. Rasa Madu


Madu Murni: Rasanya lenyap dalam hitungan menit. Jika madu murni dipanaskan kemudian didinginkan, rasanya berubah dan semua nilai nutrisi dan kasiatnya hilang.

Madu Palsu: Rasa akan terasa sedikit lebih usang alasannya ditambahkan gula dan pemanis.


4. Aroma Madu


Madu Murni: Jika berpengalaman, kau sanggup mencium aroma yang ringan, ibarat aroma bunga asal nektar dikumpulkan oleh lebah.

Madu Palsu: Hampir tidak ada aroma atau hanya bau asam industri.


5. Saat Madu Dipanaskan


Madu Murni: Jika kita memanaskan madu murni, madu akan cepat larut dan tidak menghasilkan buih.

Madu Palsu: Tidak mengalami karamelisasi dan menjadi berbuih alasannya ditambahkan pelembab, gula dan air.


6. Metode Larutan


Madu Murni: Tidak larut dalam air, tetapi akan menggumpal dan mengendap di belahan bawah. Jika diaduk di air akan encer hanya sementara waktu. Jika dicampur dengan alkohol yang dimetilasi dengan dosis yang sama dengan dosis madu, madu akan mengendap di belahan bawah.

Madu Palsu: Larut dalam air.


7. Menguji Madu Menggunakan Api


Madu Murni: Jika kita mencelupkan kepala korek api ke dalam madu, korek api tersebut masih sanggup dinyalakan dengan mudah.

Madu Palsu: Korek api yang dicelupkan tidak gampang menyala, atau bahkan tidak sanggup menyala alasannya terkena kelembapan madu palsu.


8. Tes Roti


Madu Murni: Jika ditabur pada roti, roti tersebut mengeras dalam beberapa menit.

Madu Palsu: Taburan madu palsu menciptakan roti berair alasannya mengandung kadar air.


9. Uji Penyerapan


Madu Murni: Tetesan madu murni yang dituangkan pada kertas blotting/kertas isap tidak terserap. Jika dituangkan pada kain putih tidak akan meninggalkan noda.

Madu Palsu: Terserap ke dalam kertas isap. Meninggalkan noda pada kain putih.


10. Kotoran


Madu Murni: Tampak kotor alasannya serbuk sari dan pesta lebah.

Madu Palsu: Tidak ada kotoran.


11. Menguji Madu Menggunakan Kuning Telur


Madu Murni: Ketika dituangkan ke dalam wadah berisi kuning telur dan diaduk bersama akan tampak ibarat dimasak.

Madu Palsu: Tidak besar lengan berkuasa pada kuning telur.


Ada beberapa cara yang sanggup kau praktekkan untuk menyelidiki atau mengetahui apakah madu palsu atau murni.


Baca juga: Tips memasak untuk pemula.


Cara Memeriksa Kemurnian Madu di Rumah


Jika ingin menikmati manfaat madu yang cantik buat kesehatan Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Mengetahui Cirinya


Tentu tidak jarang orang diantara kita yang mempunyai kebiasaan konsumsi madu untuk mengambil manfaat madu untuk wajah dan juga kesehatan badan lainnya. Khususnya para perempuan terutama ibu-ibu yang mengurus dapur di rumah. Oleh alasannya itu, sangat penting untuk membeli madu yang orisinil biar mencicipi khasiat madu yang sebenarnya.


Menurut Natural Nigerian, sebagian besar produsen mencairkan madu nektar dengan molase dan sirup gula untuk meningkatkan keuntungan. Untuk meningkatkan ketebalan madu, beberapa produsen menambahkan tepung, pasir, serbuk bekas penggergajian kayu atau bahkan kapur tanah. Untuk menyelidiki kemurnian madu di rumah, inilah yang harus dilakukan:


Tes Jempol


Salah satu ciri madu orisinil yakni tidak encer. Untuk mengetesnya, lakukan pengujian di bawah ini.



  • Tuangkan setetes madu ke ibu jari.

  • Periksalaha apakah madu tersebut tumpah ketika diarahkan ke bawah atau menyebar ketika diarahkan ke atas.

  • Jika ya, berarti madu tersebut tidak murni.

  • Setetes madu murni akan tetap utuh di ibu jari.


Mengetes Madu Palsu dengan Air


Ciri madu orisinil yang lain yakni tidak larut dengan air. Lakukan pengetesan di bawah untuk membedakan madu orisinil dan palsu.



  • Isi gelas dengan air.

  • Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam gelas berisi air tersebut.

  • Madu palsu atau tiruan akan larut dalam air tersebut.

  • Sedangkan madu murni akan mengendap sempurna di belahan bawah gelas.


Mengetes Kemurnian Madu dengan Api


Madu organik gampang terbakar. Inilah tes untuk mengetahui apakah 100% madu organik murni.



  • Ambil korek api kering dan celupkan ujungnya sempurna ke dalam madu.

  • Gesek batang korek api tersebut ke kotaknya untuk menyalakannya.

  • Jika madu murni, batang korek api akan menyala dengan mudah.

  • Nyala api juga aben madu yang menempel di batang korek api tersebut.

  • Tapi kalau madu tersebut palsu, batang korek api tidak akan menyala alasannya madu palsu mengandung kelembaban yang merupakan salah satu kotoran.


Demikianlah beberapa cara sederhana yang umum dipakai untuk menguji keaslian madu murni. Jika kau tahu kiat lain yang belum disebutkan di sini, beri tahu kami di kolom komentar di bawah. Madu apa yang kau gunakan? Asli atau palsu?



Sumber https://www.wongunik.com

0 Response to "Cara Membedakan Madu Orisinil Dan Palsu Dengan Mengetahui Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel