iklan

Pengertian Agenda Microsoft Excel Dan Bagian-Bagiannya

Kesempatan kali ini fungsi dan rumus excel lengkap akan menguraikan ihwal kegiatan  microsoft excel dan bagian-bagian dalam kegiatan tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perangkat lunak aplikasi yang tergabung dalam paket kegiatan microsoft office system 2007, antarmuka excel 2007 pun tidak jauh berbeda dengan antarmuka Word 2007.

Untuk lebih jelas, perlu kami kemukakan pembahasan pada bahan kali;
  1. Pengertian kegiatan Microsoft Excel
  2. Fungsi Program Microsoft Excel
  3. Bagian-bagian pada kegiatan Microsoft Excel
Berikut uraiannya:
Pengertian Program Microsoft Excel
Menurut salah satu sumber dikatakan bahwa Program Microsoft excel yaitu salah satu varian dari kegiatan aplikasi komputer yang berbentuk lembar sebar (Spreadsheet), maksudnya aplikasi yang mensimulasikan lembaran kertas kerja yang disusun dalam bentuk grid dan terdiri dari pertemuan kolom dan baris (Cell).
Selain itu spreadsheet yaitu tabel-tabel nilai data yang berbentuk kotak tersusun dari baris dan kolom. Masing-masing nilai sanggup mempunyai suatu relasi yang telah terdefinisikan dengan nilai lainnya.
Asal kata lembar sebar atau spreadsheet yaitu analogi ketika sebuah halaman buku yang berhadap-hadapan terpisah oleh sebuah lipatan ditengah dan ketika lembar tersebut di sebar (dilebarkan) maka terbentuk menjadi satu halaman besar (Workbook).
Kaprikornus bisa dikatakan bahwa Microsoft Excel yaitu salah satu kegiatan aplikasi yang dikeluarkan perusahaan Microsoft yang dikhususkan mengolah  data berupa nilai, angka atau formula. Program ini masuk dalam kategori sistem kegiatan lembar sebar (Spreadsheet). Excel dilengkapi dengan kemampuan dan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengolah angka lain.

Fungsi dan Kegunaan Program Microsoft Excel
Secara umum kegiatan lembar sebar (Spreadsheet) yang dalam hal ini yaitu Microsoft Excel mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu:

  • Membuat tabel, kegiatan ini sangat pas kalau kita ingin menciptakan data berupa tabel, sebab bentuk lembar kerjanya sudah berupa tabel yang siap diisi data.
  • Melakukan perhitungan yang memakai tabel (tabulasi). Artinya kalau data kita membutuhkan hitung-hitungan maka kegiatan ini sudah pas dan mudah.
  • Membuat laporan keuangan, penjualan, laporan honor dan sebagainya. Program ini sangat membantu kita dalam pembuatan laporan-laporan, sebab di dalam kegiatan ini sudah disediakan akomodasi untuk melaksanakan perhitungan, baik yang bekerjasama dengan keuangan maupun aritmatika.
  • Membuat grafik. Jika kita ingin menciptakan grafik terhadap data yang kita kelola, maka kegiatan ini sudah menyediakah akomodasi yang bekerjasama dengan semua kebutuhan grafik.
  • Melakukan penghitungan rumus-rumus statistik, dan lain sebagainya. Sekali lagi kegiatan ini memang dikemas untuk mengolah data berupa nilai-nilai dan angka, maka dilengkapi dengan rumus-rumus untuk mempermudah pengguna dalam melaksanakan penghitungan, baik yang bekerjasama dengan statistik, aritmatika, teks dan lain sebagainya.


Bagian-Bagian Program Microsoft Excel
 Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perangkat lunak aplikasi yang tergabung dalam pake Pengertian Program Microsoft Excel dan Bagian-Bagiannya

Berikut yaitu uraian ihwal beberapa serpihan antarmuka microsoft office excel yang perlu kita ketahui;
Office Button/Tombol Microsoft Office.
berfungsi menampilkan perintah-perintah sebagaimana dalam hidangan file pada Microsoft Office 2003, perintah-perintah itu mencakup New, Open, Save, Save as, Print, Close, Excel Options dan Exit excel.
Quick Access Toolbar.
Berfungsi untuk menampilkan perintah-perintah yang sering dipakai dalam proses pengetikan, isi perintah ini hampir sama dengan Office Button.
Ribbon.
pada Microsoft Office Excel 2007 mempunyai 7 tab utama, yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View
Kotak Nama (Name Box).
Bagian ini memuat informasi ihwal alamat sel atau nama objek. Kotak nama juga sanggup dipakai untuk menamai sel sehingga sewaktu-waktu gampang dilacak.
Batang Rumus (Formula Bar).
Berfungsi menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif.
Lembar Kerja (Worksheet).
Pada dikala kita mengaktifkan Microsoft Office Excel, sebuah buku kerja (Workbook) kosong akan terbuka dan siap digunakan. Pada kondisi awal (default), buku kerja tersebut terdiri dari tiga lembar kerja (Worksheet) yang diwakili oleh tab lembar kerja (Sheet tab). Jumlah lembar kerja dalam tiap buku kerja sanggup ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.
Kolom (Column).
Bagian dari lembar kerja yang terdiri atas 16.384 kolom dan di wakili dengan abjad A, B, C, hingga XFD.
Baris (Rows).
Bagian dari lembar kerja yang terdiri dari 1.048.576 baris dan di wakili dengan angka 1, 2, 3, hingga 1.048.576.
Sel (Cell). 
Menunjukkan pertemuan/perpotongan antara kolom dan baris. Sel diberi nama berdasarkan posisi kolom dan barisnya. Misalnya sel B2 artinya perpotongan antara kolom B dan baris 2. Bagian ini juga dipakai untuk memasukkan data-data.
Microsoft Office Excel Help
Bagian ini berfungsi untuk menawarkan informasi dalam penggunaan  program Microsoft Office excel.
Batang Penggulung (Scrool Bar).
Adalah serpihan yang dipakai untuk menggulung layar, dalam excel scrool terdiri dari 2 yaitu, batang penggulung vertikal, yaitu berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah. Batang Penggulung Horizontal, menggeser lembar kerja ke kiri dan ke kanan.
Batang Status (Status Bar)
Bagian berfungsi menampilkan informasi status sel yang sedang aktif serta informasi seputar operasi pengolahan data yang sedang dilakukan.
View Mode Shortcut.
Pada serpihan ini terdiri dari 3 tombol yaitu Normal, Page Layout, dan Page Break Preview. Tombol Normal berfungsi untuk menampilkan lembar kerja secara sederhana, Tombol Page Layout berfungsi untuk menampilkan lembar kerja pada dikala tercetak di atas kertas. Tombol Page break Preview berfungsi untuk menampilkan lembar kerja berdasarkan pemenggalan halaman.
Zoom
Secara sederhana serpihan ini berfungsi membesarkan dan mengecilkan tampilan layar. Terdiri dari 2 serpihan tombol zoom dan zoom slider..tombol zoom ini berfungsi menampilkan kotak obrolan Zoom yang mempunyai kegunaan memilih tingkat pembesaran secara teliti, sedang zoom slider dipakai untuk mengatur tingkat pembesaran lembar kerja secara dinamis dengan menggeser penalannya.

Demikian sekilas pembahasan ihwal Program Microsoft Excel dan Bagian-bagiannya, biar manfaat.
Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Agenda Microsoft Excel Dan Bagian-Bagiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel