Problem Polytron 21 Slim
Polytron slim 21inch dengan HBT-01-01G eks gagal service teknisi.
Problem horisontal size menyempit kiri-kanan masing-masing kurang lebih 2 cm.
PEMERIKSAAN :
Tr horisontal sudah diganti dengan tipe lain
Kapasitor resonant yang penggalan atas nampak bekas disolder (mungkin bekas diperiksa)
“Wah....rasanya bakal menerima problem sulit ini !!!!”......pikir kami
TINDAKAN (1) :
Pertama cek tegangan B+ ....normal tidak ada masalah.
Analisa penyebab jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah nilai berubah (lihat gambar dibawah).
Langsung kami lepas kedua kapasitor tersebut. Coba ukur nilainya dengan kapasitor-meter....dan nampaknya tidak ada duduk kasus semua.......wooooo....trus apa lagi ya.......
Kami cek data transistor pengganti dengan cara down-load dari “datasheet4u.com”. ternyata “spesifikasi arus” kurang kalau dipakai untuk horisontal slim.
Maka tr horisontal pribadi kami ganti dengan part nomor 2SC5296 ( .......hal ini menurut pertimbangan juga dipakai oleh AKARI slim 21” atau China 29” )
Dan karenanya gambar langsung.....OK bagus.....ditunggu 10 menit....dipegang pendingin horisontal......dingin-dingin saja.....aman......
.....tetapi ada sedikit keraguan.....apakah tr horisontal betul-betul akar penyebabnya ?????
Maka kami test running pesawat........................dan sesudah melalui test dari pagi sampai jam 2 siang.........problem kembali kumat.......wah mikir lagi niii.......????
TINDAKAN (2)
Kecurigaan tetap jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah (lihat gambar diatas)
Iseng-iseng......kami ambil ESR-meter.
Kami cek kapasitor pribadi in-sirkit tanpa melepas
Nilai kapasitor atas mengatakan angka-7 dan kapasitor bawah mengatakan angka-5 (.......maksud kami angka yang tertera pada vu-meter yang kami gunakan untuk menciptakan ESR-meter)
Kemudian kami ambil rujukan kapasitor dengan nilai yang sama dengan kedua kapasitor diatas. Ternyata kapasitor bawah yang cantik mengatakan angka-3.
Kesimpulan kami kapasitor bawah telah mengalami “penurunan nilai (makin kecil penunjukkan angka pada ESR-meter....maka berarti nilai kapasitor makin besar)
Selanjutnya kami lepas kapsitor bawah....dan kami cek lagi.....ternyata nilainya mengatakan angka-3........lho........ini artinya nilai menjadi normal kembali......
Berpikir sejenak.......analisa kami pada TINDAKAN.1.....ketika kapasitor disolder untuk dilepas (...artinya kena panas)....maka mungkin kontak kaki-kakinya menjadi normal kembali sehingga nilainya kembali normal
Maka kami putuskan untuk pribadi mengganti kapasitor bawah dengan yang cantik saja......
Coba running test.........hingga 2 hari.........dan karenanya NO PROBLEM lagi........THANKS GOD
Catatan :
ESR-meter bahwasanya “bukan” berfungsi untuk mengukur “nilai kapsitor”
Tetapi pengalaman kami ESR meter sanggup di-manfaatkan untuk memperkirakan kerusakan kapasitor milar dengan nilai 552 sampai 203 yang biasa dipasang pada kolektor tr horisontal out. Caranya dengan melihat simpangan jarum-meter dengan membandingkan antara kapasitor yang dicurigai rusak dengan kapasitor rujukan yang masih bagus.
Sumber http://www.arjunservice.net
Problem horisontal size menyempit kiri-kanan masing-masing kurang lebih 2 cm.
PEMERIKSAAN :
Tr horisontal sudah diganti dengan tipe lain
Kapasitor resonant yang penggalan atas nampak bekas disolder (mungkin bekas diperiksa)
“Wah....rasanya bakal menerima problem sulit ini !!!!”......pikir kami
TINDAKAN (1) :
Pertama cek tegangan B+ ....normal tidak ada masalah.
Analisa penyebab jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah nilai berubah (lihat gambar dibawah).
Langsung kami lepas kedua kapasitor tersebut. Coba ukur nilainya dengan kapasitor-meter....dan nampaknya tidak ada duduk kasus semua.......wooooo....trus apa lagi ya.......
Kami cek data transistor pengganti dengan cara down-load dari “datasheet4u.com”. ternyata “spesifikasi arus” kurang kalau dipakai untuk horisontal slim.
Maka tr horisontal pribadi kami ganti dengan part nomor 2SC5296 ( .......hal ini menurut pertimbangan juga dipakai oleh AKARI slim 21” atau China 29” )
Dan karenanya gambar langsung.....OK bagus.....ditunggu 10 menit....dipegang pendingin horisontal......dingin-dingin saja.....aman......
.....tetapi ada sedikit keraguan.....apakah tr horisontal betul-betul akar penyebabnya ?????
Maka kami test running pesawat........................dan sesudah melalui test dari pagi sampai jam 2 siang.........problem kembali kumat.......wah mikir lagi niii.......????
TINDAKAN (2)
Kecurigaan tetap jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah (lihat gambar diatas)
Iseng-iseng......kami ambil ESR-meter.
Kami cek kapasitor pribadi in-sirkit tanpa melepas
Nilai kapasitor atas mengatakan angka-7 dan kapasitor bawah mengatakan angka-5 (.......maksud kami angka yang tertera pada vu-meter yang kami gunakan untuk menciptakan ESR-meter)
Kemudian kami ambil rujukan kapasitor dengan nilai yang sama dengan kedua kapasitor diatas. Ternyata kapasitor bawah yang cantik mengatakan angka-3.
Kesimpulan kami kapasitor bawah telah mengalami “penurunan nilai (makin kecil penunjukkan angka pada ESR-meter....maka berarti nilai kapasitor makin besar)
Selanjutnya kami lepas kapsitor bawah....dan kami cek lagi.....ternyata nilainya mengatakan angka-3........lho........ini artinya nilai menjadi normal kembali......
Berpikir sejenak.......analisa kami pada TINDAKAN.1.....ketika kapasitor disolder untuk dilepas (...artinya kena panas)....maka mungkin kontak kaki-kakinya menjadi normal kembali sehingga nilainya kembali normal
Maka kami putuskan untuk pribadi mengganti kapasitor bawah dengan yang cantik saja......
Coba running test.........hingga 2 hari.........dan karenanya NO PROBLEM lagi........THANKS GOD
Catatan :
ESR-meter bahwasanya “bukan” berfungsi untuk mengukur “nilai kapsitor”
Tetapi pengalaman kami ESR meter sanggup di-manfaatkan untuk memperkirakan kerusakan kapasitor milar dengan nilai 552 sampai 203 yang biasa dipasang pada kolektor tr horisontal out. Caranya dengan melihat simpangan jarum-meter dengan membandingkan antara kapasitor yang dicurigai rusak dengan kapasitor rujukan yang masih bagus.
0 Response to "Problem Polytron 21 Slim"
Posting Komentar