iklan

✔ Tips-Tips Menjelang Ramadhan 2019 Supaya Menjadi Manusia Yang Lebih Baik

Tips-tips Menjelang Ramadhan 2019 Agar Menjadi Insan yang Lebih Baik


 


Bulan Ramadhan 2019 akan segera tiba Seluruh umat muslim di Indonesia dan seluruh dunia bergembira lantaran menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bulan suci Ramadhan ialah bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan.


Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia, lantaran dibulan inilah kita bisa berlomba-lomba meraih berkah penuh limpahan pahala. menjalankan puasa Ramadhan ialah hal utama bagi umat muslim yang beriman dan bertakwa.


Tahukah Anda, di bulan Ramadhan ini amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Bahkan bila kita menjalani puasa Ramadhan dengan tepat dalam artian satu bulan penuh.


Maka ketika hari lebaran tiba nanti, kita akan di bersihkan dari dosa di tahun sebelumnya bagaikan seorang bayi yang gres lahir di dunia. Sungguh besar kuasa Allah, oleh alasannya itu sebelum kita menjalankan puasa Ramadhan kita perlu tahu dahulu agenda-agenda atau jadwal pelaksanaan puasa Ramadhan untuk di tahun 2019 ini.


Penentuan awal Ramadhan yang dikeluarkan Pengurus Pusat Muhammadiyah ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Pengurus Pusat Muhamadiyah telah memutuskan 1 Ramadhan 1440 akan jatuh pada tanggal 6 Mei 2019. Dengan adanya keputusan itu kemungkinan besar umat muslim sudah melakasanakan shalat tarwih pada Ahad tanggal 5 Mei 2019.


Pengurus Pusat Muhammadiyah juga telah menyusun jadwal Imsakiyah, jadwal buka puasa dan Jadwal shalat selama bulan Ramadhan berlangsung. semua Jadwal tersebut disusun Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah yakni Ustaz Oman Fathurohman SW.


Jadwal Ramadhan yang disusun oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah semata-mata untuk memudahkan masyarakat Indonesia mengetahui waktu buka puasa dan Imsakiyah di bulan Ramadhan 2019 di Indonesia.


Tips-tips Menyambut Bulan Ramadhan 2019:


Karena Bulan Ramadhan 2019 ialah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim, mengapa demikian lantaran bulan Ramadhan ialah Bulan yang penuh berkah bagi setiap muslim. sungguh disayangkan apabila kita kita tidak bisa memaksimal ibadah dikala bulan Ramadhan tiba.


So, persiapan menyerupai apa yang harus disiapkan menyambut bulan Ramadhan? yuk mari kita simak artikel dibawah ini.


Berbelanja Bahan Makanan Ramadhan Lebih Awal


Sebelum tempat jualan materi masakan menyerupai pasar dan supermarket di banjiri oleh pembeli, mulailah anda berbelanja keperluan materi makan yang bisa disimpan dalam waktu yang panjang contohnya masakan kering dan bumbu-bumbu makanan.


Tapi perlu anda ingat, jangan hingga membeli materi masakan secara berlebihan. Oleh alasannya itu usahakan mencatat materi masakan terlebih dahulu sebelum anda tiba ke tempan jual materi masakan dan kira-kira juga apa saja yang kita butuhkan.


Dengan cara pakah kita bisa mengetahui apa saja yang kita perlukan salah satunya dengan cara membuat daftar sajian berbuka dan sahur selama sebulan dengan memadukan beberapa sajian supaya satu keluarga tidak bosan dengan hidangan yang disajikan.


Apabila anda membeli materi masakan basah, menyerupai ayam, daging, ikan, kita bisa menyiapkan seminggu atau 4-3 hari sebelum Ramadhan cara mengolah bahan masakan atau lauk masakan berair anda Cukup bumbui materi masakan atau lauk makanan, hingga siap masak kemudian bekukan di freezer.


Alangkah baiknya Jangan eksklusif ditempatkan dalam satu tempat (freezer) lebih baik bila dibagi per porsi sekali makan. Sehingga ketika kita memasak, kita tak perlu mengcairkan semuanya Cukup satu porsi atau sesuai kebutuhan.


Belanja semenjak jauh hari bukan hanya akan menghemat tenaga lantaran tak perlu berdesak-desakan dan usang antre.


Tetapi juga bisa menghemat anggaran, lantaran kita bisa mengontrol dengan baik apa saja yang kita butuhkan lantaran ada waktu yang banyak untuk berpikir.


Doa Niat Puasa Ramadhan dan Berbuka


Sebelum berpuasa, ada baiknya kita satukan niat kita untuk benar-benar berpuasa lantaran Allah SWT. Karena puasa bukan hanya sekedar menahan lapar saja, tetapi juga melengkapi ibadah kita di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.


 


Doa Puasa Ramadhan


1. Niat Puasa Ramadan


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى


“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, lantaran Allah Ta’ala.”


 


 


Doa Buka Puasa


Waktu berbuka puasa ditandakan dengan kumandang adzan magrib. Walaupun setiap tempat mempunyai waktu berbuka yang berbeda-beda, bukan berarti niat doa buka puasa kita berbeda dengan lainnya. Ini lantaran puasa kita ialah ibadah wajib kita selama bulan Ramadhan.


Terdapat beberapa versi dari doa buka puasa Ramadan. Umumnya, doa buka puasa yang diucapkan masyarakat Tanah Air ialah sebagai berikut:


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


“Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin”


Artinya :


“Ya Allah karena-Mu saya berpuasa, kepada-Mu saya beriman, kepada-Mu saya berserah dan dengan rezeki-Mu saya berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”


 


Selain doa buka puasa di atas, ada satu pendapat lainnya wacana doa buka puasa yang berasal dari hadis Rasulullah SAW yaitu sebagai berikut,


ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ


Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.


Artinya: Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, bila Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud: 2/306, no. 2357 dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)


 


Kedua doa diatas telah diajarkan turun temurun dari Ulama ke Ulama yang dipercaya oleh umat. Seperti dalam artinya, lantaran Allah Ta’ala. Itulah mengapa sebelum berpuasa kita harus mengetahui doa puasa Ramadhan nya terlebih dahulu baik itu doa niat puasa dan juga doa berbuka puasanya. Semoga jawaban ini sanggup membantu untuk memperlancar puasa kita selama bulan Ramadhan.


Membersihkan Perlengkapan Ibadah


Hal lain yang wajib dilakukan menjelang bulan Ramadhan ialah mencuci banyak sekali perlengkapan ibadah, mulai dari mukena, sarung, peci, hingga sajadah.


Perlengkapan ibadah tersebut biasanya secara rutin dicuci, namun rasanya lebih afdol dikala menjelang Ramadhan dicuci kembali.


Alasannya, bila perlengkapan ibadah yang kita gunakan higienis dan wangi, akan lebih nyaman menggunakannya.


Sebaiknya untuk mukena pilihlah materi yang adem, menyerupai katun rayon atau sejenis katun lainnya.


Bahannya yang adem, bikin kita lebih nyaman dikala beribadah. Terutama dikala tarawih.


Perlengkapan sholat yang higienis juga untuk menjaga kenyamanan orang lain.


Pasalnya selama Ramadhan umat muslim juga melaksanakan ibadah rutin salat tarawih selama (hampir) satu bulan penuh, dan umumnya dilakukan di masjid erat rumah bersama dengan tetangga dan warga yang lain.


Bila perlengkapan ibadah terlihat “dekil” dan mengeluarkan anyir kurang sedap lantaran lembab, rasanya bikin tidak nyaman bukan hanya diri sendiri tapi juga orang lain.


Menyiapkan Alarm Sahur Puasa


Bangun sahur di awal Ramadhan biasanya cukup sulit. Karena badan belum terbiasa.


Oleh lantaran itu siapkan lah alarm. Bila tidak punya jam weker, cara yang paling gampang ialah menyetel alarm di telepon selular.


Jangan hanya di satu HP. Bila perlu semua HP anggota keluarga menyetel alarm, supaya bisa saling mengingatkan.


Menyiapkan Obat atau Bila Perlu Konsultasi ke Dokter


Jika sedang hamil atau punya riwayat penyakit yang berkaitan dengan lambung atau penyakit tertentu, siapkan lah obat.


Atau bila perlu konsultasilah ke dokter. Agar bisa meminimalisir penyakit tiba dikala tengah beribadah.


Menyiapkan Hati yang bersih


Dan yang tak kalah penting ialah menyiapkan hati.


Persiapan hati menjelang Ramadhan sehingga bulan penuh berkah dan ampunan ini tidak berlalu begitu saja.


Buka hati selebar-lebarnya. Perbanyak ibadah wajib dan sunnah.


Jangan lupa perbanyak membaca Al-Quran dan sedekah. Agar kelak sesudah bulan Ramadhan berlalu, kita menjadi pribadi yang lebih baik.


Demikian empat hal yang sebaiknya dipersiapkan menjelang bulan Ramadan.


Syarat Wajib, Niat, dan yang Membatalkan Puasa Ramadhan


Sebelum menunaikan ibadah Puasa Ramadhan, ketahui dulu syarat wajib dan rukun-rukunnya.


Syarat wajib ialah syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang sebelum melaksanakan suatu ibadah Ramadhan.


Seseorang yang tidak memenuhi syarat wajib, maka gugurlah tuntutan kewajiban kepadanya.


Sedangkan rukun ialah hal-hal yang harus dilakukan dalam sebuah ibadah.


Berikut syarat wajib Puasa Ramadhan


1. Islam


Syarat pertama seseorang itu diwajibkan menjalankan ibadah puasa, khususnya puasa Ramadhan, yaitu ia seorang muslim atau muslimah. Karena puasa ialah ibadah yang menjadi keharusan atau rukun keislamannya, sebagaimana termaktub dalam hadits yang diriwayat kan oleh Imam Turmudzi dan Imam Muslim:


Dari Abi Abdurrahman, yaitu Abdullah Ibn Umar Ibn Khattab r.a, berkata: Saya mendengar Rasulullah s.a.w, bersabda: Islam didirikan dengan lima hal, yaitu persaksian tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad ialah utusan-Nya, didirikannya shalat, dikeluarkannya zakat, dikerjakannya hajji di Baitullah (Ka’bah), dan dikerjakannya puasa di bulan Ramadhan. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 7 dan Muslim: 19) sumber: www.nu.or.id


2. Baligh


Syarat yang kedua yaitu sudah baligh, dengan ketentuan ia pernah keluar mani dari kemaluannya baik dalam keadaan tidur atau terjaga, dan khusus bagi wanita sudah keluar haid. Dan syarat keluar mani dan haid pada batas usia minimal 9 tahun.


Bagi yang belum keluar mani dan haid, maka batas minimal ia dikatakan baligh pada usia 15 tahun dari usia kelahirannya. Dengan syarat ketentuan baligh ini, menegaskan bahwa ibadah puasa ramadhan tidak diwajibkan bagi seorang anak yang belum memenuhi ciri-ciri kebalighan yang telah disebutkan di atas.


sumber: www.nu.or.id


3. Berakal sehat


Syarat yang ketiga bagi seorang muslim dan baligh itu terkena kewjiban menjalankan ibadah puasa, apabila ia mempunyai logika yang tepat atau tidak gila, baik gila lantaran cacat mental atau gila disebabkan mabuk.


Seseorang yang dalam keadaan tidak sadar lantaran mabuk atau cacat mental, maka tidak terkena aturan kewajiban menjalankan ibadah puasa, terkecuali orang yang mabuk dengan sengaja, maka ia diwajibkan menjalankan ibadah puasa dikemudian hari (mengganti di hari selain bulan ramadhan).


sumber: www.nu.or.id


4. Sehat Jasmani dan Rohani


Syarat keempat ialah sehat dan berpengaruh menjalankan ibadah puasa. Selain islam, baligh, dan berakal, seseorang harus bisa dan berpengaruh untuk menjalankan ibadah puasa. Dan apabila tidak bisa maka diwajibkan mengganti di bulan berikutnya atau membayar fidyah. sumber: www.nu.or.id


5. Mengetahui awal bulan Ramadhan


Puasa Ramadhan diwajibkan bagi muslim yang memenuhi persyaratan yang telah diuraikan di atas, apabila ada salah satu orang terpercaya (adil) yang mengetahui awal bulan Ramadhan dengan cara melihat hilal secara eksklusif dengan mata biasa tanpa peralatan alat-alat bantu.


Dan persaksian orang tersebut sanggup mendapatkan amanah dengan terlebih dahulu diambil sumpah, maka muslim yang ada dalam satu wilayah dengannya berkewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadhan.


Dan apabila hilal tidak sanggup dilihat lantaran tebalnya awan, maka untuk menentukan awal bulan Ramadhan dengan menyempurnakan hitungan tanggal bulan Syaban menjadi 30 hari.


Sebagaimana hadits Nabi Muhammad s.a.w, yang diriwayatkan oleh Imam Buchori, r.a:


Berpuasa dan berbukalah lantaran melihat hilal, dan apabila hilal tertutup awan maka sempurnakanlah hitungannya bulan menjadi 30 hari. (H.R. Imam Buchori)


Tata Cara Untuk Puasa Ramadhan


1. Membaca Niat Puasa Ramadhan


Niat Puasa Ramadhan merupakan pekerjaan ibadah yang diucapkan dalam hati dengan persyaratan dilakukan pada malam hari hingga sebelum fajar dan wajib menjelaskan kefarduannya di dalam niat tersebut, contoh; saya berniat untuk melaksanakan puasa fardlu bulan Ramadhan, atau lengkapnya dalam bahasa Arab, sebagai berikut:


“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, lantaran Allah Ta’ala.”


2. Menahan Diri


Rukun kedua ialah menahan diri segala sesuatu yang membatalkan puasa. Untuk detailnya apa-apa yang membatalkan puasa akan dijelaskan pada pasal sesuatu yang membatalkan puasa.


“…maka kini campurilah, dan carilah apa yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu, serta makan dan minumlah hingga waktu fajar tiba dengan sanggup membedakan antara benang putih dan hitam. Kemudian sempurnakanlah puasa itu hingga waktu malam tiba…” (QS. al-Baqarah, 2: 187)


7 hal yang sanggup membatalkan puasa Ramadhan, yaitu:



  1. Makan dan minum secara berkesinambungan dengan segaja

  2. Berhubungan secual

  3. Keluar air mani dengan sengaja lantaran bersentuhan

  4. Perempuan yang mengalami haid atau nifas

  5. Muntah lantaran disengaja

  6. Gila atau hilang akal

  7. Keluar dari Islam.


Seluruh umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.


Masalah yang paling sering muncul ketika sedang berpuasa ialah anyir mulut.


Hal ini terjadi lantaran selama puasa badan kita tidak mendapatkan asupan makan dan minum menyerupai biasanya.


Tak hanya itu, problem anyir verbal juga bisa terjadi tanggapan adanya gangguan percernaan.


Nah, taukah kau ternyata problem anyir verbal ini bisa diatasi dengan banyak sekali cara, salah satunya dengan menentukan asupan masakan yang tepat dikala sahur.


Dengan pilhan sajian sahur yang tepat, problem anyir verbal yang membuat kita tak percaya diri bisa teratasi.


Tips untuk Menghilangkan anyir verbal yang sedang Puasa


1. Konsumsi Yoghurt


Yoghurt

Yoghurt (Warta Kota)

Mengonsumsi yoghurt bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengurangi anyir mulut.


Yoghurt mengandung probiotik, yakni basil baik yang bisa melawan basil dan mencegah pertumbuhan basil yang terdapat di rongga mulut, sehingga mencegah terjadinya anyir mulut.


2. Minum Teh Hijau


Minum teh hijau.

Minum teh hijau. (greenoverdose)

Secangkir teh juga bisa jadi senjata ampuh untuk menghilangkan anyir verbal yang tidak sedap.


Teh hijau mengandung antioksidan berupa zat polyphenol yang mempunyai kegunaan untuk meruntuhkan pertumbuhan basil penyebab anyir mulut.


Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung zat aktif berjulukan catechins yang sanggup menghilangkan plak di gigi, yang juga menjadi salah satu penyebab anyir mulut.


Sebaiknya, konsumsi teh tanpa gula, lantaran gula berisiko melekat pada gigi sehingga menimbulkan plak.


3. Makan Apel


Mengunyah apel sanggup membantu memproduksi air liur yang membuat pembersih verbal alami, sehingga membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan.


Apel juga sanggup memperlihatkan kelembapan pada verbal yang diharapkan untuk menghilangkan bakteri.


Selain itu, apel dan bayam juga mengandung polifenol yang menjaga kesehatan rongga mulut.


4. Daun Peterseli


Tahukah kamu, ternyata peterseli bisa bermanfaat untuk menyegarkan nafas kembali.


Cukup kunyah tangkai peterseli dan napas pun akan segar kembali.


Tak hanya di mulut, peterseli juga mempunyai kandungan herbal yang sanggup membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memberi sensasi segar di perut.


5. Jeruk, Lemon,Tomat


Buah-buahan di atas kaya akan kandungan vitamin C yang bisa mencegah pertumbuhan basil penyebab anyir verbal dan menjaga kesehatan verbal secara keseluruhan.


Lagu Ramadhan Tiba Ciptaan Opick


Ramadhan tiba 3X

Marhaban Ya Ramadhan 4X


Ramadhan tiba 3X

Marhaban Ya Ramadhan 4X


Ramadhan tiba semua bahagia

Tua dan muda bersuka cita

Bulan ampunan bulan yang berkah

Bulan terbebas api neraka


Andaikan saja Ramadhan semua

Bulan yang tiba bulan yang ada

Karena besarnya setiap pahala

yang di janjikan kepada kita


 


Marhaban Ya Ramadhan 4X


Dalam bersahur ada pahala

Dalam berbuka alangkah indah

Menahan diri menahan lidah

Menjaga hati menjaga mata


Banyakkan amal hari-harinya pahala

Datang berlipat ganda

Berlomba-lomba untuk ibadah

Dunia senang nirwana nanti gantinya


Ramadhan tiba 3X

Ramadhan tiba 3X


Dan semoga setiap jiwa

Diberikan ampunan-Nya

Dan semoga hapus semua

Kesalahan setiap jiwa


 


Marhaban Ya Ramadhan 4X

Marhaban Ya Ramadhan 4X

Marhaban Ya Ramadhan 4X

Marhaban Ya Ramadhan 4X


Hukum Ungkapan ‘ramadhan Karim’


Ibnu Utsaimin mengatakan, “Ungkapan ‘ramadhan karim’ [yang berarti ramadhan itu pemurah] ialah ungkapan yang tidak benar. Yang tepat ialah mana kala kita katakana ‘ramadhan mubarok’ – ramadhan penuh dengan kebaikan- atau kalimat yang semisal. Ungkapan di atas tidaklah tepat lantaran ramadhan itu tidak memberi sehingga ia layak disebut karim [dalam bahasa arab karim berarti mulia lantaran suka memberi]. Allah lah yang meletakkan banyak sekali keutamaan dalam bulan Ramadhan dengan Allah jadikan bulan Ramadhan bulan yang utama dan waktu pelaksanaan salah satu rukun Islam” [Majmu Fatawa wa Rasail Ibnu Utsaimin jilid 20 hal 93-94 terbitan Dar Tsuraya Riyadh, cetakan kedua tahun 1426 H.]


hal ini diperkuat dengan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin:


سئل العلامة ابن عثيمين رحمه الله: ️عن حكم كلمة: رمضان كريم ؟


Mengenai aturan kalimat “Ramadhan Karim”?


Beliau menjawab:


حكم ذلك أن هذه الكلمة: (رمضان كريم) غير صحيحة،

وإنما يقال: (رمضان مبارك)، وما أشبه ذلك،

️لأن رمضان ليس هو الذي يعطي حتى يكون كريماً، وإنما الله تعالى هو الذي وضع فيه الفضل .


“Hukumnya ialah bawah kalimat ini “Ramadhan Karim” (terjemahnya: Ramadhan itu pemurah) ialah tidak benar. Yang benar ialah “Ramadhan Mubarak” (Ramadhan yang diberkahi) atau yang semisal, lantaran bukan Ramadhan yang memberi sehingga disebut pemurah, akan tetapi Allah Ta’ala yang memperlihatkan keutamaan ini.” [Majmu’ Fatawa Syaikh Al-‘Ustaimin 20/254)


Catatan:

Hendaknya kita mengikuti nash yang menyebut Ramadhan dengan sebutan “Ramadhan Mubarak” sebagaimana dalam hadits berikut:


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ


“Telah tiba kepada kalian Ramadhan, BULAN MUBARAK (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu nirwana dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad, shahih)


Menu Buka Puasa yang Nikmat dan Sehat


Alhamdulilah, bulan Ramadhan akan datang. Apakah Sahabat sudah temukan sajian buka puasa yang sehat dan enak? Menu buka puasa yang paling baik bukan hanya sekedar sanggup mengisi perut saja, tetapi juga sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi badan kita sesudah seharian berpuasa menyerupai sajian berbuka puasa berikut ini.


Sajian Manis dalam Mangkuk Isi Bubur Biji Salak

Tenang saja, sajian ini bukan biji si buah salaknya tetapi adonan tepung dan ubi sehingga terbentuk menyerupai biji salak. Sajian bagus ini sering sekali menjadi sajian buka puasa yang sanggup dibeli di pinggir jalan. Dengan sajian gula dan karbohidrat ini, Anda sanggup kembali semangat dan mengisi nutrisi badan Anda dengan cepat.


 


Kreasi Menu Berbuka Gandum Oat dengan Buah-buahan

Gandum identik dengan sehat lantaran mempunyai serat dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh. Walaupun sering dijadikan sajian untuk sarapan pagi, tak ada salahnya untuk membuat sajian ini sebagai sajian buka puasa. Sahabat juga bisa menambahkan buah-buahan menyerupai stroberi, leci, anggur dan buah lainnya untuk melengkapi sajian sehat Anda.


Kue Tradisional Indonesia, Kue Putu Mayang

Jika Anda ingin menyicipi sajian tradisional, Anda bisa mencoba dengan membeli kudapan bagus putu mayang. Walaupun termasuk “kue jaman old”, tetapi sajian kudapan ini bisa menjadi sajian pas untuk dijadikan sajian berbuka puasa. Paling lezat disajikan dengan suhu yang hangat supaya gulanya meleleh di dalam kue.


Bubur Sumsum, Bubur Manis Sederhana

Bubur tambah sumsum jadilah bubur sumsum. Namun, bukan sumsum tulang binatang yang dimaksud di sajian berbuka ini. Karena terlihat terang dan pucat, makanya bubur ini disebut dengan bubur sumsum.


Hitam Manis Bubur Ketan Hitam

Apakah Sahabat tahu dengan ketan hitam? Sajian tradisional ini sering menjadi masakan kudapan untuk sehari-hari. Namun, sajian ini juga bisa sangat pas untuk berbuka puasa lantaran mempunyai nutrisi dan juga serat yang baik untuk tubuh.


Es Koktail Orang Indonesia, Es Teler

Es teler? Es membuat orang teler? Bukan, ini ialah sajian es teler yang berisi kelapa, nangka, alpukat, serta dibubuhi oleh serutan es dan susu kental manis. Menu ini sering sekali dijadikan sajian berbuka puasa lantaran selain segar, sajian ini memperlihatkan banyak manfaat dan juga bagus sehingga sanggup mengisi kebutuhan nutrisi badan sesudah berpuasa seharian.


Berbuka dengan Bubur Kacang Hijau

Bayangkan saja, kacang hijau ditambah santan dan gula. Bagaimana rasanya? Ya, masakan yang tidak asing ditelinga kita ini menjadi sajian buka puasa yang sering diminati masyarakat Indonesia. Walaupun sudah banyak produsen yang membuat masakan ini, bubur kacang hijau tetap menjadi pilihan sajian takjil yang sering diburu.


Es Selendang Kanya ala Suku Betawi

Selendang mayang. Sajian yang berisi adonan tepung beras warna warni serta pelengkap buah ini menjadi salah satu sajian buka puasa yang sering dicari para pemburu takjil. Warnanya yang menggugah dan rasanya yang begitu segar dan bagus merupakan sajian ideal untuk berbuka puasa. Walaupun mencarinya agak susah lantaran sudah jarang yang menjualnya, tetapi sajian es ini patut dicari.


Sajian Manis dengan Kehangatan Kolak Pisang dan Ubi


Kolak menjadi sajian paling tidak asing. Ya, masakan yang bagus berisi pisang dan ubi ini menjadi takjil favorit masyarakat Indonesia. Apalagi bila disajikan hangat, sangat nikmat dan juga mengugah selera.


Es Kopyor, Menu Buka Puasa khas Jawa Tengah

Kopyor itu apa ya? Kuliner yang terbuat dari kelapa yang mengalami kelainan genetik ini ternyata menjadi sajian segar untuk berbuka puasa. Banyak yang beropini kelapa jenis kopyor ini sangat menyegarkan dan lembut untuk dimakan dibandingkan dengan kelapa biasa. Apakah Sahabat sudah pernah mencobanya?


Segar Berbuka Puasa dengan Aneka Buah-buahan dengan Es Buah

Buah-buahan memang penting untuk tubuh, apalagi untuk dikonsumsi dikala berbuka puasa. Sebab, buah-buahan mengandung nutrisi dan vitamin yang penting dan sangat bermanfaat untuk kita yang tengah berpuasa seharian lamanya. Nah, berdasarkan sahabat paling lezat mana, es buah atau sop buah ya?


Es Kelapa Muda Aneka Rasa

Kata siapa es kelapa hanya kelapa dan gula saja? Ternyata sajian buka puasa ini sanggup dikreasikan dengan buah-buahan atau rasa pelengkap lainnya menyerupai susu coklat milo, buah alpukat, dan lain sebagainya.


Baca Juga: Tidak Berpuasa lantaran Khawatir terhadap Anak, Bagaiamana Hukumnya?


Segarnya Buah Blewah dalam Gelas

Blewah sering dibilang menjadi buah iconic setiap bulan Ramadhan. Karena harum dan kesegarannya membuat es blewah menjadi hidangan paling favorit selama puasa Ramadhan.


Es Segar Es Cendol dari Sunda Punya

menu buka puasa


Siapa yang belum tahu es cendol? Minuman yang tidak pernah ada lekang oleh waktu ini sering menjadi minuman paling dicari untuk sajian buka puasa. Terkenal cuek dan manis, sajian cendol dengan es ini menjadi raja takjil hampir di setiap daerah. Sahabat sudah pernah mencobanya?


Gurih-gurih Hangat dengan Singkong Rebus Keju

Singkong hangat ditambah taburan keju. Sahabat Zakat pernah mencobanya? Sehat dan berserat, dengan memakan ini saja, energi kita akan eksklusif terisi dengan cepat. Jangan lupa untuk mencari singkong keju dikala bulan Ramadhan ya!


Nikmatnya Mutiara Merah Muda dengan Bubur Sagu Mutiara

Sahabat tahu dengan kudapan bagus sagu mutiara? Ternyata kudapan bagus ini juga bisa dijadikan bubur juga dan menjadi sajian takjil dengan pelengkap santan dan pisang. Bedanya dengan versi kudapan bagus ialah sajian ini berbentuk bubur dan pas untuk dijadikan sajian takjil.


Buah Timun tambah Suri jadilah Es Timun Suri

Timun suri namanya. Buah yang berteman erat dengan melon dan ketimun ini ternyata menjadi buah yang sering dicari selama bulan Ramadhan. Buah ini sanggup disajikan tanpa es ataupun dengan es lantaran rasa buahnya yang segar bahkan es pun jarang digunakan untuk sajian buka puasa satu ini.


Kue Mungil Kue Klepon

menu buka puasa


Kue klepon atau sering disebut kudapan bagus onde-onde merupakan salah satu masakan kudapan yang sering disajikan dikala berbuka puasa. Walaupun bentuknya yang bundar dan kecil, kudapan bagus yang ditaburi kelapa ini menjadi sajian takjil primadona di bulan Ramadhan.


Bukan Tempat Burung, Hanya Es Sarang Burung

Sarang burung? Tenang, hidangan ini bukan tempat hidupnya para burung tetapi es sarang burung. Sajian segar yang terbuat dari parutan agar-agar tak berwarna ini sanggup menjadi salah satu sajian berbuka favorit untuk keluarga lantaran rasanya yang lezat dan segar.


Si Manis Lembut Puding Aneka Rasa

Siapa yang tidak suka puding? Ada pudding vanilla, coklat, stroberi, dan lain sebagainya. Menu yang buka puasa yang sering dijadikan dessert ini bisa menjadi sajian takjil yang bagus untuk mengisi perut yang kosong. Sangat pas sekali untuk sajian keluarga.


Pisang Bukan Hijau dengan Es Pisang Ijo

Hanya di Indonesia saja. Jika biasanya pisang berwarna kuning, kali ini pisang bisa menjadi berwarna hijau menyerupai sajian es pisang ijo satu ini. Ditambah dengan es dan balutan adonan tepung berwarna hijau, es pisang ijo menjadi sajian takjil idaman untuk para pencari takjil.


Martabak Tahu Goreng Berkulit Lumpia

Sahabat pernah mencoba martabak? Pastinya martabak tahu tidak terdengar gila bukan? Ya, sajian masakan yang biasanya disajikan dengan telur atau terigu dengan topping yang beraneka raga mini juga bisa dipadukan dengan tahu. Walaupun masih jarang peminatnya, sajian ini merupakan sajian berbuka yang idela lantaran mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.


Smoothie Buah-buahan yang Manis dan Segar

Jika Sahabat Zakat pernah mencoba jus buh, niscaya smoothie buah-buahan sangat familiar bukan? Berbeda dengan jus buah biasa, smoothie merupakan adonan dari bahan-bahan menyerupai buah, sayuran, dan susu sehingga menjadi bagus dan lembut menyerupai minum susu rasa buah. Sahabat tertarik mencobanya?


Baca Juga: Hanya ada di Ramadhan saja, yuk kejar !!


Menu Berbuka Luar Negeri dengan Pancake Buah-buahan

Bentuknya bundar dan pipih menyerupai piring yang mempunyai dua wajah yang sama. Namanya pancake. Makanan yang berasal dari Belanda ini sanggup menjadi sajian takjil yang mengenyangkan selama bulan puasa. Selain enak, pembuatannya pun mudah, Anda hanya perlu menyiapkan pan (Teflon) dan adonan kudapan bagus (cake) dan membuatnya dalam api yang kecil. Praktis bukan?


Manis dan Segar dengan Menu Es Cincau

Es cincau kerap sekali disuguhi sebagai sajian buka puasa di banyak sekali daerah. Walaupun banyak penjualnya, es cincau ini menjadi minuman cuek terfavorit sebagai sajian takjil terutama di pulau Jawa.


Banyak sekali bukan sajian buka puasa nya? Akan lebih baik lagi bila kita membagikan menu-menu ini kepada orang-orang yang sama sekali belum pernah mencoba semua sajian di atas. Yuk, ikutan jadwal Parsel Ramadhan dari Dompet Dhuafa dalam menyebarkan kebaikan melalui hadiah Parsel Kebaikan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.


 


 



Sumber http://syahrulanam.com

0 Response to "✔ Tips-Tips Menjelang Ramadhan 2019 Supaya Menjadi Manusia Yang Lebih Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel