iklan

Windows Server Core : Menciptakan Folder Sharing

Lusa kemarin aku berencana untuk menginstall SDK untuk SUA (Subsystem For Unix-bases Application), salah satu fitur pada Windows Server Core yang menarik saya.  SUA ini merupakan software yang menjembatani biar perintah-perintah di OS Unix sanggup dijalankan pada OS Windows, begitu juga dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang biasa dijalankan pada server Unix.


Untuk mendapat SDK SUA sanggup did0wnl0ad dari link ini . Tapi bagaimana caranya mend0wnl0ad file tersebut dari Windows Server Core ? Setelah mencoba mengotak-atik server core mencari fitur d0wnl0ad tidak menemukan karenanya Saya mengalah dan mend0wnl0ad file tersebut dari Windows XP saya. Setelah itu aku berencana meng-copykan file tersebut ke Windows Server Core, tapi bagaimana caranya?


Akhirnya Saya menemukan caranya yakni pertama menciptakan folder share pada XP dan mengaksesnya dari Windows Server Core atau cara kedua yakni dengan menciptakan folder share di Windows Server Core dan mengaksesnya dari XP lalu mengcopykan source SDK tadi ke folder share tersebut.  Sayapun menentukan cara kedua, yakni menciptakan folder share pada Windows Server Core. Langkah-langkah untuk menciptakan folder share pada Windows Server yaitu sebagai berikut :



  1. Buat folder di windows server core dengan perintah mkdir. Agar gampang dalam pembuatan sharing nantinya, buat folder tersebut di C. Sebaiknya nama folder tersebut satu kata saja, hindari penggunaan spasi.  Misalnya nama foldernya yaitu SOURCES

  2. setelah itu  share folder tersebut dengan perintah “net share sharename=PATH /GRANT:user, access . Kaprikornus misalkan tadi kita sudah menciptakan folder SOURCE di C (C:\SOURCES) maka perintah untuk sharing folder C:\SOURCES yaitu ‘net share sources=C:\SOURCES /GRANT:Administrator, FULL

    Lusa kemarin aku berencana untuk menginstall SDK untuk SUA  Windows Server Core : Membuat Folder Sharing


Nah langkah selanjutnya yaitu mencoba mengakses sharing folder tersebut dari Windows XP. Buka explorer lalu ketikan UNC (Universal Name Convention) PATH dari Windows Server Core.  UNC path yaitu path yang sanggup di saluran via explorer dengan mengetikan nama komputer dengan di awali double backslash untuk mengakses folder share yang ada di komputer tujuan. Kaprikornus sebagai tumpuan nama komputer Windows Server Core yang tadi sudah aku buatkan folder sharingnya yaitu MYCORE, untuk mengakses UNC pathnya yaitu dengan mengetikan \\MYCORE pada windows explorer dari XP saya. UNC path ini standardnya diakses dari satu jaringan yang sama, jadi kalau antara Windows server Core dan Windows XP berada tidak dalam satu jaringan aku tidak tahu sanggup atau tidak.


Apabila proses sharing berhasil maka Kita sanggup melihat folder sharing tersebut di Windows explorer. Selanjutnya tinggal copy dan paste saja 🙂 (screenshoot menyusul)



Sumber http://jasait.com

0 Response to "Windows Server Core : Menciptakan Folder Sharing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel