iklan

√ Cara Menyimpan Sosis Supaya Infinit Dan Tidak Gampang Rusak

Siapa yang tak suka sosis? Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja. Dibuat cemilan atau lauk rasanya sama-sama enak. Bahkan, kita sanggup menemukan sosis dengan gampang di pedagang kaki lima hingga dengan di restoran bintang lima. Pokoknya, sosis ialah masakan yang sudah sangat familiar di Indonesia.


Untuk membeli sosis, kita sanggup menuju ke belahan masakan beku (frozen food) di supermarket. Di sana terdapat beraneka macam sosis dari aneka macam merk. Daya tahan sosis bersama-sama terbilang cukup usang lantaran sosis merupakan masakan beku yang sudah diawetkan.


Namun, bagaimana dengan sosis yang sudah dibuka? Apakah sosis tersebut akan tahan lama? Bacaterus akan aneka macam diam-diam cara menyimpan sosis biar baka dan tidak gampang rusak sehingga sanggup dinikmati bersama-sama.


Cara Menyimpan Sosis Sesuai Jenisnya


Tahukah Anda bahwa tidak semua sosis sanggup disimpan di dalam kulkas. Ada beberapa jenis sosis yang memang sebaiknya disimpan selain di kulkas, yakni di suhu ruang. Beda jenis sosis, beda pula cara penyimpanannya.


Apakah jenis sosis yang akan Anda simpan? Berikut ini Bacaterus akan memperlihatkan panduan cara menyimpan sosis sesuai dengan jenisnya. Yuk, simak klarifikasi lengkapnya di sini.


1. Sosis Mentah


 Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja √ Cara Menyimpan Sosis Biar Awet dan Tidak Praktis Rusak

* sumber: www.pertanianku.com


Sosis mentah merupakan sosis yang biasa dijual di supermarket. Sosis ini biasanya dipajang di freezer ketika berada di supermarket. Jenis sosis yang satu ini memang harus disimpan di kawasan yang cuek untuk memastikan sosis tahan lama. Akan tetapi, sosis mentah yang kemasannya masih utuh sejatinya hanya perlu disimpan di rak kulkas biasa.


Sementara itu, sosis yang sudah dibuka sanggup dimasukkan ke dalam freezer. Daya tahan sosis mentah yang kemasannya masih utuh sanggup disimpan sesuai tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Sementara itu, sosis mentah yang sudah dibuka hanya tahan dalam waktu 3-5 hari meskipun disimpan di dalam freezer.


2. Sosis Asap


 Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja √ Cara Menyimpan Sosis Biar Awet dan Tidak Praktis Rusak


Ada beberapa jenis sosis asap yang dijual di pasaran, ibarat frankfurter, bologna, dan knackwurst. Dinamakan sosis asap lantaran proses pembuatan sosis jenis ini ialah diasapi. Sosis asap dikenal lebih baka dan sanggup disimpan tanpa kulkas.


Anda hanya perlu menyimpan sosis asap di kawasan yang sejuk dan kering. Bahkan, sosis asap yang kemasannya sudah dibuka sebelumnya sanggup bertahan hingga 2 minggu.


3. Sosis Siap Makan


 Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja √ Cara Menyimpan Sosis Biar Awet dan Tidak Praktis Rusak


Dewasa ini, ada aneka macam brand sosis siap makan yang dijual di supermarket bahkan kantin-kantin sekolah. Cara menyimpan sosis ini bersama-sama sangat gampang lantaran tidak memerlukan kulkas. Bahkan, jenis sosis ini juga tidak disimpan di dalam freezer ketika dijual di supermarket. Meskipun kemasannya sudah dibuka, sosis siap makan ini sanggup tahan usang hingga tanggal kadarluarsanya.


4. Sosis Kering


 Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja √ Cara Menyimpan Sosis Biar Awet dan Tidak Praktis Rusak


Jenis sosis kering ini memang lebih tahan usang jikalau dibanding jenis sosis lainnya. Sosis kering sanggup bertahan dalam suhu ruangan selama 3 minggu. Namun, jikalau Anda ingin sosis kering lebih tahan lama, simpanlah di dalam freezer. Sekedar informasi, sosis kering ialah sosis yang dimasak dengan cara fermentasi, ibarat dry salami, pepperoni, dan cervelat.


Di Indonesia sendiri keempat sosis ini sanggup Anda temukan di supermarket atau meat shop modern. Namun, jenis sosis yang paling banyak dipakai ialah sosis mentah. Pasalnya, sosis mentah sanggup diolah menjadi aneka macam macam masakan dan sanggup dimasak dengan cara apapun.


Cara Menyimpan Sosis Di Lemari Es


 Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja √ Cara Menyimpan Sosis Biar Awet dan Tidak Praktis Rusak


Mengingat sosis mentah ialah jenis sosis yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, Bacaterus akan menyebarkan tips cara menyimpan sosis yang benar di dalam lemari es. Cara mengawetkan sosis di dalam kulkas ini sudah niscaya dipakai oleh sebagian besar orang. Berikut ialah langkah-langkah menyimpan sosis di dalam kulkas:



  • Setelah membeli sosis, segera masukkan sosis yang kemasannya masih utuh ke dalam rak kulkas (chiller), tetapi jikalau ingin sosis yang Anda beli lebih awet, masukkan ke dalam freezer dengan pengaturan suhu 10-16 derajat celcius.

  • Sosis yang kemasannya sudah dibuka harus segera disimpan di dalam freezer semoga lebih tahan lama.

  • Jika ingin sosis yang disimpan lebih tahan lama, keluarkan sosis yang kemasannya sudah dibuka, kemudian bungkus sosis dengan aluminium foil hingga rapat. Masukkan bungkusan sosis tersebut ke dalam freezer. Aluminium foil yang kedap udara akan menjaga sosis tetap segar dan tidak tercemar aroma masakan lain yang juga disimpan di dalam freezer.

  • Apabila Anda hendak memakai sosis tersebut, keluarkan sosis dari kulkas dan biarkan pada suhu ruang selama 1 jam atau hingga hawa cuek dari sosis tersebut benar-benar hilang.


Idealnya, sosis yang kemasannya belum dibuka juga sanggup disimpan di dalam freezer. Namun, penyimpanan di dalam freezer tidak sanggup memperpanjang masa kadaluarsa sosis. Anda tetap harus menghabiskan sosis tersebut sebelum masa kadaluarsanya tiba.


Tips Memilih Sosis yang Terbaik dan Berkualitas


 Makanan berbentuk lonjong ini memang sanggup dinikmati kapan saja √ Cara Menyimpan Sosis Biar Awet dan Tidak Praktis Rusak


Pernahkah Anda memperhatikan bahwa di supermarket ada brand sosis yang sama dan jenisnya pun juga sama, tapi warnanya berbeda. Yang satu warnanya cerah dan satunya lagi warnanya cerah.


Perbedaan warna dan tampilan ini sanggup disebabkan lantaran salah satu dari kedua sosis tersebut sudah rusak. Walaupun masa kadaluarsanya masih lama, sosis tetap sanggup rusak lantaran cara pengemasan yang kurang sempurna atau cara menyimpan sosis yang salah. Agar Anda tidak salah menentukan sosis yang sudah rusak atau kualitasnya menurun, ikuti tips menentukan sosis yang terbaik berikut ini:



  • Pilih sosis yang kemasannya masih bagus. Hindari menentukan sosis yang kemasannya sudah robek, cacat, atau sudah terbuka.

  • Jangan ragu untuk mengambil sosis yang masa kadaluarsanya masih lama. Pastikan Anda mengambil sosis dari freezer (khusus untuk membeli sosis mentah).

  • Sosis yang baik ialah sosis bebas pewarna. Meskipun sosis tersebut memakai pewarna, maka pilih yang memakai pewarna masakan (food grade). Hindari sosis yang warnanya terlalu merah terang lantaran sanggup jadi produsen memakai pewarna secara berlebihan. Warna sosis yang ideal ialah merah pucat untuk sosis sapi dan putih pucat untuk sosis ayam. Selain itu, serat daging masih terlihat jikalau sosis dipotong

  • Amati kemasan sosis secara detail. Pasalnya, jikalau terdapat lendir atau cairan ibarat susu di dalam kemasan sosis, itu artinya sosis sudah rusak dan jangan dibeli meskipun harganya sangat murah.

  • Jika memungkinkan, cium aroma sosis lantaran sosis yang berkualitas beraroma khas daging, bukan beraroma asam atau aroma lain yang tidak jelas.


Demikian cara menyimpan sosis, pengenalan mengenai jenis-jenis sosis, dan juga tips membeli sosis yang berkualitas. Ingat, Jangan termakan untuk membeli sosis yang harganya sangat murah sebelum Anda melaksanakan pengecekan melalui poin-poin di atas.


Semoga goresan pena ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi Anda yang sering membeli sosis dan ingin menyimpan sosis lebih lama. Jika Anda mempunyai tips lainnya untuk menyimpan sosis, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Cara Menyimpan Sosis Supaya Infinit Dan Tidak Gampang Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel