iklan

✔ Pola Memo | Resmi Dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap

Contoh Memo – Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo. Mulai dari bagian-bagian memo, jenis-jenis memo, fungsi memo, cara menciptakan memo, dan referensi memo yang baik dan benar. Namun sebelum kita masuk ke referensi memo, bagian-bagian, dan yang lainnnya, apakah kau tahu apa itu memo? Ya mengetahui pengertian dari memo ini sangatlah penting biar kau sanggup lebih memahami mengenai memo. Tidak usah panjang lebar, mari pribadi saja simak informasi selengkapnya berikut ini.


Pengertian Memo


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://www.vemale.com


Yang dimaksud memo yakni surat yang dibentuk khusus untuk kebutuhan di dalam kantor maupun organisasi. Memo sanggup disampaikan secara horizontal maupun vertikal. Untuk penyampaian secara horizontal ialah penyampaian memo untuk pihak yang mempunyai jabatan yang sama, akan tetapi untuk penyampaian secara vertikal ialah penyampaian memo dari atasan untuk bawahan maupun sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu.


Dan untuk penulisan memo ini sendiri, seorang penulis tidak usah menyertakan salam pembuka dan juga paragraf penutup. Hal inilah yang menjadi perbedaan yang mencolok antara memo dan surat.


Jenis-jenis Memo


Sesudah kita mengetahui mengenai pengertian memo, yang akan di ulas selanjutnya yakni mengenal jenis-jenis memo. Dan menurut pemakaiannya memo dibedakan menjadi dua bagian, yakni memo resmi dan memo tidak resmi. Dan di setiap jenis memo niscaya mempunyai perbedaan antara satu dengan yang lainnya.


Kenapa kita harus mengetahui jenis-jenis memo? Karena hal ini bertujuan biar kita tidak kebingungan pada ketika memperoleh kiprah untuk menciptakan referensi memo dengan jenis tertentu yang sudah diberikan. Yuk pribadi saja kita simak bersama-sama klarifikasi mengenai jenis-jenis memo berikut ini:


1. Memo Resmi


Ya, sama menyerupai namanya, memo resmi ini digunakan untuk segala kebutuhan yang mempunyai sifat resmi, Oleh alasannya yakni itu memo resmi hanya digunakan oleh sebuah lembaga, instansi, organisasi maupun perusahaan. Juga memo resmi ini hanya sanggup ditujukkan untuk seseorang yang bekerjasama dengan sebuah organisasi maupun forum tertentu.


Dengan kata lain, untuk jenis memo yang bersifat resmi ini dihentikan digunakan untuk kepentingan pribadi di dalam pembuatannya. Di samping itu, yang namanya memo resmi ini tidak sanggup digunakan untuk sarana surat menyurat antara satu forum dengan forum yang lainnya.


Untuk memo yang bersifat resmi ini kerap digunakan oleh seseorang yang mempunyai jabatan atau kedudukan yang tinggi di dalam suatu forum atau suatu organisasi. Dan pribadi ditujukkan untuk seseorang yang mempunyai pangkat di bawahnya dengan beberapa maksud tertentu. Atau sanggup juga ditujukkan untuk seseorang yang mempunyai pangkat sama dengan dirinya.


Sebab sifatnya yang resmi, di dalam menciptakan memo jenis ini seseorang harus benar-benar memperhatikan dalam bahasa penyampaiannya. Meskipun ditujukkan untuk bawahannya, seseorang juga harus tetap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Dengan maksud yang mendapatkan memo itu tidak tersinggung dengan kata-kata yang ada di dalam memo itu.


2. Memo Tidak Resmi atau Memo Pribadi


Memo tidak resmi sudah niscaya berbeda dengan memo resmi, untuk memo tidak resmi hanyalah sebuah memo yang biasa digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu ditujukkan untuk kerabat, saudara, maupun untuk keluarga, untuk memo ini tidak menyangkut sebuah forum maupun menyangkut organisasi manapun.


Sebab sifatnya yang tidak resmi, penulisan memo pribadi ini tidak sama dengan memo yang sifatnya resmi. Untuk memo tidak resmi sanggup dituliskan dengan cara menggunakan bahasa sehari-hari. Meskipun demikian disini penulis harus tahu diri, dan juga menggunakan kalimat juga bahasa yang baik dan sopan.


Bagian-bagian Memo


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://medium.com


Sama menyerupai surat, di dalam menulis memo seseorang atau penulis harus menyertakan beberapa belahan penting yang terdapat di memo. Sebab jikalau salah satu belahan saja tidak ada di dalam memo, maka hal itu tidak sanggup dikatakan sebuah memo dan dikatakan kalau itu bukan memo yang sempurna.


Nah, oleh alasannya yakni itu biar memo yang kita tulis sanggup disebut dengan sebuah memo, kita harus benar-benar mempelajari bagian-bagian memo. Tidak usah panjang lebar mari pribadi saja kita simak sedikit keterangan beberapa bagian-bagian yang ada di dalam memo berikut ini.


1. Bagian Kepala


Untuk belahan memo yang pertama ialah kepala memo. Bagian dari kepala memo ini terdiri dari beberapa unsur. Untuk unsur yang pertama ialah belahan kop memo, namun pemakaian kop memo hanya untuk yang sifatnya resmi saja. Di dalam penyusunan sebuah memo yang sifatnya pribadi seseorang tidak usah penyertakan unsur ini.


Kop memo mempunyai tujuan untuk menegaskan, jikalau memo itu benar-benar dikeluarkan dari forum yang sedang berhubungan. Untuk leboh meyakinkan penerima, belahan dari kop memo ini pada umumnya terdiri dari nama dan alamat forum yang berhubungan.


Untuk unsur kepala dari memo yang kedua ialah goresan pena memo yang letaknya berada di tengah-tengah memo, yaitu tepat dibawah kop memo. Pada umumnya goresan pena memo ini dituliskan centering maupun rata tengah dan mempunyai ukuran lebih besar jikalau dibandingkan aksara yang lainnya. Juga dituliskan dengan aksara kapital dan dipertebal.


Unsur dari kepala memo yang terakhir ialah nama pengirim dan juga nama penerima. Pada belahan ini terletak di belahan atas kiri, yaitu tepat berada di bawah goresan pena memo. Juga belahan ini harus dituliskan di dalam setiap memo entah itu memo resmi maupun memo yang tidak resmi.


2. Bagian Isi


Bagian dari memo yang berikutnya ialah belahan isi atau biasa disebut dengan tubuh memo. Sebab pada belahan inilah seorang penulis mengungkapkan maksud dari memo itu.


Di dalam menulis maksud dan juga tujuan di dalam sebuah memo, disini penulis tidak usah berbelit-belit di dalam mengungkapkan isi itu. Juga lebih baiknya pribadi kepada maksud dan tujuan memo itu dibikin. Meskipun ditulis dengan sangat singkat, namun informasi yang sedang ditulis harus benar-benar terang dan lengkap.


3. Bagian Penutup


Dan belahan yang terakhir ialah belahan epilog atau yang sering disebut dengan kaki memo. Seperti halnya kepala memo, untuk kaki memo ini terdiri dari beberapa unsur. Ini menyerupai halnya tanggal pembuatan, tanda tangan dan nama terang orang yang sedang membuat.


Hal ini menyerupai surat resmi, penulisan tanggal pembuatan dan tanda tangan sanggup diletakkan di belahan kiri atau di belahan kanan bawah, Hal ini tergantung dengan harapan dari penulis ingin menempatkan di kiri maupun di kanan.


Ciri-ciri Memo


Di bawah ini ialah ciri-ciri memo, diantaranya ialah:



  • Mempunyai belahan surat yang lebih sederhana jikalau dibandingkan dengan surat resmi pada biasanya, terutama untuk belahan dari isi surat.

  • Adalah bentuk lomunikasi yang berisi wacana saran, arahan, maupun penerangan wacana sesuatu hal.


Tujuan dan Fungsi Memo


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://www.wpclipart.com


Berikut ini yakni tujuan dan fungsi dari memo:


1. Tujuan Penulisan Memo


Tujuan dari penulisan memo ialah untuk meminta ataupun memperlihatkan informasi maupun sebuah petunjuk untuk seseorang yang berkompeten.


2. Fungsi Memo


Fungsi memo ialah sebagai bentuk komunikasi yang berisi mengenai arahan, permintaan, maupun keterangan mengenai sesuati yang harus dilakukan ataupun diselesaikan dengan secepatnya.


Cara Membuat Memo


Sesudah kita mengetahui lebih terang mengenai apa itu yang dimaksud dengan memo dan juga bagian-bagian memo yang lainnya, disini kau juga perlu mengetahui cara untuk menciptakan memo yang baik dan benar. Nah, di bawah ini ialah cara untuk menciptakan memo yang sesuai dengan hukum EYD:



  1. Alamat yang sedang dituju yakni belahan yang penting. Sebab salah di dalam penulisan alamat jadinya akan sangat fatal.

  2. Di dalam menulis memo kau harus mencantumkan nama pengirim, biar peserta mengetahui secara terang siapa yang sedang mengirim.

  3. Mengenai memo, di dalam belahan ini kau sanggup mengisi dengan sifat memo yang kau kirim itu.

  4. Tanggal pengirim memo, biar lebih terang kapan memo dikirim, maka harus dicantumkan sebuah tanggal.

  5. Nama pengirim dan tanda tangan, setelah semua dari belahan telah direvisi, untuk langkah yang terakhir yakni mencantumkan tanda tangan di belahan bawah memo.

  6. Di dalam penulisan memo, sebaiknya kau harus menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan terang sehingga yang mendapatkan memo sanggup benar-benar memahami dengan simpel apa tujuan yang tolong-menolong dari penulisan memo. Kata yang bertele-tele tidak dibutuhkan di dalam penulisan memo. Kamu juga harus pribadi memberikan maksud dari sebuah pesan yang sedang kau kirim menggunakan bahasa yang singkat, jelas, padat, dan yang terpenting tidak mengulang-ulang kalimat.


Contoh Memo


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://www.vemale.com


Sesudah kita memahami wacana beberapa dari materi mengenai memo. Setelah ini kita masuk ke pokok pembahasan inti, yaitu referensi memo. Contoh memo ini dituliskan yang bertujuan biar kau lebih memahami dan lebih mengerti mengenai apa yang telah dipaparkan di artikel yang sebelumnya. Mari pribadi saja di bawah ini beberapa referensi membo dan juga pembagiannnya yang sudah sering kita temui:


Baca juga: Teks Anekdot|Contoh Singkat, Lucu, dan Menyindir Lengkap


Contoh Memo Resmi Sekolah


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://celebesonline.com


Contoh Memo -1


SMA HASANUDIN BANDUNG


Jl. Karangkates No. 22 Perum Koppo Permai Bandung


Telp. (081) 33277453 Email : smah@gmail.com


MEMO


Dari        : Kepala Sekolah


Kepada  : Wakil Kepala Sekolah


Saya ingin berdiskusi kepada Anda untuk perihal jadwal pelaksanaan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2016. Tolong untuk menyiapkan data-data perihal kesiapan soal dan juga daftar balasan yang berikan pemerintah. Insya Allah diskusi ini akan dselenggarakan nanti siang setelah istirahat yang kedua pada ruangan saya. Sekian dan terima kasih.


Bandung, 26 Oktober 2016


Kepala Sekolah


Juned Sunandar


Contoh Memo -2


SMA NEGERI 5 MALANG


Jl. Panjaitan No. 44 Indah Permai, Malang


Telp. (031) 454765232


MEMO


Dari : Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 5 Malang

Untuk : Panita Study Tour


Secepatnya untuk menyiapkan laporan hasil pengumuman bunyi terbanyak perihal tujuan study toue siswa kelas XII yang akan dilaksanakan Minggu Depan. Hasil laporan dari pengumuman bunyi itu, akan Saya pertimbangkan pribadi apakah tujuan yang paling banyak pemilihnya sesuai dengan keperluan belum dewasa atau tidak. Terima kasih.


Malang, 24 Oktober 2016


Kepala Sekolah


Muhammad Asrul


Contoh Memo -3


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
http://santrigaul.net


Contoh Memo -4


SMK 04 MALANG


Jl. Mawar No. 33 Pujon, Malang


Telp. (081) 32355457 Email : smkn04malang@gmail.com


MEMO


Dari : Dewan Guru


Kepada : Kepala Tata Usaha (TU)


Hari ini dewan guru dan tata perjuangan akan mengadakan rapat dengan kepala sekolah. Oleh alasannya yakni itu, tolong untuk menyiapkan data-data yang berkaitan dengan hal-hal yang digunakan untuk materi penilaian bulan ini. Hari ini para murid akan dipulangkan lebih awal pada pukul 09.30. Oleh lantaran itu, dimohon untuk memberitahukan hal ini kepada semua ketua kelas.


Malang, 24 Oktober 2016


Dewan Guru


Nurhalifah Silfiana


Contoh Memo -5


SMK PENERBANGAN JAKARTA


Jl. Mawar No 13, Menteng, Jakarta


Telp. (051) 954657247


MEMO


Dari : Wakil Kepala Sekolah


Kepada : Dewan Guru


Tolong dewan guru biar mempersiapkan diri, alasannya yakni saya akan melakukan diskusi dengan seluruh guru untuk membahas mengenai jadwal terbaru sekolah kita yakni Tahfidxhul Qur’an. Dan juga saya meminta untuk mempersiapkan beberapa masukan juga saran mengenai jadwal yang akan kita terapkan pada waktu dekat-dekat ini. Insya Allah diskusi tersebut akan dilaksanakan pada pukul 10.00 pagi yang bertempat di kantor guru. Sekian dan terima kasih.


Jakarta, 24 Oktober 2014


Wakil Kepala Sekolah


Agus Wicaksono


Contoh Memo -6


SMA 03 PENERBANGAN SURABAYA


Jl. Panglima Sudirman No. 44 Tanjung Kelapa, Surabaya


No. (081) 45654765


MEMO


Dari       : Kepala Sekolah


Kepada  : Panitia Penerima Siswa baru


Tolong mempersiapkan data siswa yang telah mendaftar di sekolah kita, pada jangka waktu 3 bulan ini. Jika siswa yang mndaftar telah memenuhi kuota yang telah ditentukan sebelumnya, maka secepatnya untuk menciptakan daftar pengumuman wacana siswa yang diterima. Dan juga tolong informasikan jikalau kuota penerimaan siswa gres telah habis. Siapkan pula seluruh kebutuhan yang bekerjasama daftar ulang yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2016. Sekian dan terima kasih.


Surabaya, 24 Oktober 2014


Kepala Sekolah


Makmur Subekti


Contoh Memo -7


MAN 03 SENGKALING


Jl. Gatot Subroto No 44, Sengkaling Malang


MEMO


Dari : Kepala Sekolah 03 Sengkaling


Kepada : Dewan Guru


Tolong segera untuk menyiapkan surat keterangan hasil mencar ilmu siswa untuk materi materi rapat kenaikan kelas. Rapat ini akan dilaksanakan pada tangggal 22 Oktober 2016 pukul 10.00 WIB.


Sengkaling, 24 Oktober 2016


Kepala Sekolah


Suhendra Winarko


Contoh Memo Perusahaan


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://www.bibliotika.com


Contoh Memo -1


PT. KARYA MANDIRI


Jl. Hasan Sadikin No. 44 Pringgading, Bantul


Telp. (031) 124893665 Email : ptkaryamandiri44@gmail.com


MEMO


Dari Manager


Kepada : Ketua Bagian Produksi


Tolong siapkan seluruh data mengenai jumlah produk yang telah di produksi selama 2 bulan ini. Siapkan juga daftar produk yang telah diproduksi mulai tahun 2015. Saya minta untuk menciptakan resep produk yang gres bulan ini. Hal tersebut akan menjadi materi pertimbangan pada rapat bulanan, dalam waktu erat ini. Sekian dan terima kasih.


Bantul, 24 Oktober 2017


Manager


Arya Putra


Contoh Memo -2


PT. PRIMA JAYA

Jl. Mawar No. 48 Pujon, Malang


Telp. (031) 774436574 Email : primaya48@gmail.com


MEMO


Dari : Manager Keuangan


Kepada : Bagian Keuangan Unit 2


Siapkan data-data yang bekerjasama dengan keuangan tahun ini. Termasuk juga data-data pengeluaran untuk bulan ini. Mohon dilaksaksanakan dengan segera, alasannya yakni hal ini akan menjadi materi penilaian pada rapat rutin bulanan kita [ada tanggal 26 Oktober 2018. Sekian dan terima kasih.


Malang, 24 November 2018


Manager Keuangan


Lida Setiawati Kinasih


Contoh Memo -3


PT. SUMBER ABADI

Jl. Perkutut No. 44 Karangkates Malang


Telp. (021) 124765876


MEMO


Dari : Manager


Kepada : Ketua Bagian Marketing


Tolong sampaikan untuk para anggota yang terdapat pada belahan marketing untuk mempersiapkan diri menghadiri jadwal seminar yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Oktober 2016 di Aula PT Sumber Abadi. Saya sangat berharap semua anggota marketing untuk mengikuti seminar tersebut. Hal tersebut akan menjadi salah satu yang akan dievaluasi di dalam rapat rutin bulanan kita. Sekian dan terima kasih.


Malang, 24 Oktober 2016


Manager


Mahendra Kuncoro


Contoh Memo-4


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap


Contoh Memo -5


PT. LANCAR JAYA

Jl. Merpati No. 44 Ngantru Wetan Jombang


Telp. (031) 5486765789


Dari : Manager


Kepada : Bagian Pengrekrutan Karyawan Baru


Saya sangat mengharapkan untuk semua tim pengrekrutan karyawan untuk bulan ini biar bergerak lebih cepat lagi. Sebab pada bulan-bulan ini sedang banyak karyawan yang keluar alasannya yakni kontrak telah habis. Supaya perusahaan ini tetap sanggup bekembang, saya mohon untuk belahan pengrekrutan karyawan biar bergerak lebih cepat lagi. Target karyawan harus terpenuhi bulan ini yakn 120 orang karyawan.


Jombang, 24 November 2016


Manager


Budi Winarko


Contoh Memo -6


PT. SENTRA JAYA

Jl. Imam Bonjol, Graha Mulia A No. 24 Bali


MEMO


Dari : Direktur Utama


Kepada : Manager Keuangan


Tolong segera siapkan laporan keuangan bulan ini untuk digunakan sebagai materi penilaian bersama dewan direksi. Evaluasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2016, pukul 08.30 WIB, bertempat di ruang meeting utama.


Bali, 24 Desember 2018


Direktur Utama


Jelita Kinanti, ST.


Contoh Memo-7


PT. PURBO ABADI


Jalan Mawar No. 42 Surabaya


Telp. (021) 427985243


MEMO


Dari : Manager


Kepada : Wakil Manager


Tolong untuk mempersiapkan laoran hasil rapat bulan kemarin alasannya yakni hasil rapat saya tidak menulis dari hasil rapat. Sebab laoran ini akan menjadi salah satu pertimbangan untuk perusahaan untuk mengeluarkan produk yang gres atau tidak. Makara tolong usahakan catatan hasil rapat itu, diserahkan untuk saya di dalam waktu dekat-dekat ini. Saya sangat berharap biar catatan itu diberikan di dalam bentuk file yang lengkap dan sesuai dengan hasil rapat.


Surabaya, 24 November 2016


Manager


Hadi Wijaya Kusuma


Contoh Memo -8


PT. ANGKASA JAYA


Jln. Pringapus, No, 44 Ngawi


Telp. (021) 232457643


MEMO


Dari       : Manager Direktur


Kepada  : Manager Pemasaran


Tolong untuk dipersiapkan hasil laporan pemasaran terakhir pada bulan ini. Hal ini disebabkan akan digunakan untuk materi rapat yang akan diadakan pada tanggal 22 November 2017


Bandung, 18 November 2017


Imam Setiawan, ST


Contoh Memo Internal Perusahaan


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://br.freepik.com


Contoh Memo -1


PT. PERTAMAX JAMBI


Jl. Kelutan Barat No. 05 Jambi


MEMO


Jambi, 24 november 2017


Kepada : Semua Karyawan PT. Pertamax Jambi


Diberitahukan untuk semua karyawan PT. Pertamax Jambi, bahwa :



  • Karyawan wajib untuk mengambil form di ruang sekretaris untuk mengisi form permohonan cuti.

  • Karyawan yang telah menjalani waktu cuti diwajibkan kembali bekerja dengan tepat waktu. Lakukan sesuai dengan apa yang telah tercantum dalam form cuti.

  • Jika karyawan yang telah selesai menjalani waktu cuti, namun sedang mengalami sakit maka karyawan diwajibkan memperlihatkan surat keterangan sakit dari dokter, kalau karyawan tidak memperlihatkan surat keterangan sakit dari dokter, maka dianggap alpa.

  • Permohonan cuti wajib untuk disampaikan atau diserahkan seminggu sebelum kerja aktif kembali.

  • Diwajibkan untuk melapor karyawan yang sudah selesai mengambil cuti untuk terlebih dahulu ke HR Departement sebelum bekerja kembali.


Demikian pemberitahuan ini disampaikan biar sanggup dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


Manager


Heri Ekmawan


Contoh Memo Pribadi


Contoh  Memo -1


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap
https://www.idntimes.com


Dari : Bayu


Kepada : Lastri


Maaf ya Las, kemarin saya tak sempat balas chatmu. Kemarin saya lagi ada duduk perkara yang membuatku ingin sendiri dulu. Namun hari ini duduk perkara itu sudah hilang. Makara kau sanggup untuk chat denganku lagi hari ini. Aku juga mohon maaf atas semua perbuatan yang tidak lezat kepada kamu. Aku juga minta maaf alasannya yakni saya tidak sanggup ngomong pribadi kepada kamu. Aku sangat takut kalau kau murka kepada aku, jadi dengan terpaksa saya nulis memo ini untuk kamu.


Jakarta, 24 November 2016


Temanmu


Bayu


Contoh Memo -2


Dari : Tiyas


Kepada : Anggraini


Kalau main kerumah aku, jangan hingga lupa untuk membawa masakan pesenanku ya. Kemarin planning akan beli di erat tempat rumahku. Akan tetapi, toko nya tutup dan terpaksa saya pulang tanpa sanggup hasil. Nanti uangnya saya ganti dan ada bonusnya juga. Minta tolong ya Ni, ini saya sudah pengen sekali masakan cemilan itu.


Yogyakarta, 24 November 2014


Sahabatmu


Tiyas


Contoh Memo -3


Dari : Bondan


Untuk : Kak Danang


Kak Danang, besuk Bondan ada kiprah kelompok dan saya tidak sanggup pulang cepat kak. Kak, saya minta tolong sampaikan ke mama dan papa kalau Bondan tidak sanggup pulang cepat, biar mereka tidak khawatir kepadaku. Selambat-lambatnya, mungkin Bondan selesai mencar ilmu kelompok pukul 08.00 atau sekitar habis isya. Jadi, Bondan minta tolong kepada Kak Danang untuk menjemputku, biar Bondan tidak pulang sendirian


Ambon, 24 November 2016


Adikmu Tercinta


Bondan Komarudin


Contoh -4


Dari : Ayah


Untuk Anggita


Kak Anggita, ayah ada jadwal mendadak sehingga ayah tidak sanggup pulang cepat ke rumah. Ayah minta tolomg sama Kak Anggita, biar hari ini kau tidak keluar rumah. Dan juga hari ini ayah menugaskan Kak Anggita untuk menjaga rumah dan jangan hingga lupa untuk menyapu juga mengepel rumah ya. Nanti kalau jadwal selesai, ayah akad akan pulang dengan cepat kerumah dan membawakan masakan kesukaan Anggita.


Surabaya, 24 November 2016


Ayah Tercinta


Jono Hermanto


Contoh -5


Dari : Udin


Kepada : Manto


Manto, jangan lupa untuk membaca buku yang pernah kita penjam di perpustakaan kemarin ya, alasannya yakni hari ini yakni hari terakhir untuk mengembalikan. Sebab kalau tidak dikembalikan hari in, kita sanggup kena denda. Dan juga rencananya setelah mengembalikan buku saya ingin mengajak kau main ke alun-alun kota.


Surabaya, 24 November 2016


Temanmu


Udin


Contoh-6


Dari : Ibu


Untuk : Putriku Jelita


Putriku Jelita, Ibu telah menyebarkan masakan di meja makan. Makan dan habiskan semua makanannya ya. Ibu ingin pergi ke rumah sakit untuk menjenguk teman Ayahmu yang sedang sakit. Insya Allah Ibu akan pulang nanti sore dan jangan hingga lupa untuk mengangkat jemuran kalau sudah kering.


Surabaya, 24 November 2016


Ibu


Sukma Afifah


Contoh -7


Dari : Ayah


Kepada : Bibi Sinta


Bi, minta tolong untuk menjaga rumah selama saya sekeluarga mudik. Dan juga jangan hingga lupa untuk memberi makan kucing peliharaan dan setiap sore untuk menyiram flora ibu. Rencananya kami akan kembali hari selasa. Sekian dan terima kasih.


Yogyakarta, 24 November 2016


Ayah


Tatang Setiono


Contoh -8


Dari : Sarah Angelita


Untuk : Jamun


Jamun, kalau ke rumah jangan hingga lupa untuk membaca Novel yang kemarin kau pinjam ya. Sebab akan saya kembalikan ke Lisa. Aku tidak lezat dengan Lsa alasannya yakni telat mengembalikan. Terima Kasih


Jakarta, 24 November 2016


Contoh Memo Organisasi


Contoh -1


Organisasi Siswa Intra Sekolah


Man 04 Bantul


Jalan Hasan Sadikin KM. 1,6 Strat V. Semarang


MEMO


Dari : Ketua OSIS

Kepada : Ketua Bidang HUMAS


Tolong untuk segera menciptakan tawaran yang akan diajukan kepada PT. Bintang Mas Kota Surabaya untuk pencairan dana di dalam jadwal event Pentas Seni Sekolah. Sekian dan Terima Kasih.


Semarang, 24 November 2016


Ketua OSIS


Andre Hermanto


Contoh -2


Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo ✔ Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap


Itulah yang sanggup disampaikan mengenai memo. Mulai dari pengertian memo, ciri-ciri memo, cara menciptakan memo, tujuan dan fungsi memo, bagian-bagian memo, jenis-jenis memo dan referensi memo baik resmi maupun tidak resmi lengkap. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah ilmu dan wawasan bagi kamu. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang menarik lainnya? Terima Kasih.


Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Pola Memo | Resmi Dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel