iklan

√ 10 Buah Yang Sering Dijadikan Manisan Dan Cara Membuatnya

Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah. Itu, loh, buah-buahan yang dibentuk jadi menyerupai permen. Cara menciptakan manisan buah yakni dengan merendam buah-buahan di dalam larutan gula. Manisan dibentuk dengan tujuan sebagai perangsang napsu makan, camilan, dan merupakan teknik pengawetan masakan secara alami.


Manisan juga sanggup menciptakan beberapa buah yang rasanya masam atau pahit menjadi manis, sehingga lebih banyak orang yang bisa memakannya. Nah, kini Bacaterus mau membahas buah yang sering dijadikan manisan dan bagaimana cara membuatnya. Tapi, sebelum itu mari kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis manisan buah.


Jenis Manisan Buah


Ada tiga jenis manisan buah, yaitu manisan kering, basah, dan acar. Untuk buahnya sendiri ada yang bisa dijadikan manisan kering, manisan basah, atau bahkan keduanya. Contohnya mangga, yang bisa dijadikan baik manisan kering maupun basah.



  • Manisan Kering


Manisan kering adalah manisan yang dibentuk dengan cara merendam buah, kemudian ditirskan dan dikeringkan. Manisan kering mempunyai daya waktu simpan yang lebih usang daripada manisan basah. Manisan kering biasanya dibentuk dari buah-buahan yang bertekstur lunak menyerupai kedongdong, bengkuang, asam jawa, pala, jambu mete, jeruk, lemon, terong, buah kundur/bligo, hingga semangka.



  • Manisan Basah


Manisan berair yakni manisan yang dibentuk dengan cara penirisan buah di dalam larutan gula. Nilai lebih manisan ini yakni kadar airnya lebih banyak dari manisan kering dan bentuknya lebih menarik lantaran tetap menyerupai apa adanya. Biasanya manisan ini dibentuk dari buah yang keras menyerupai kolang kaling, mangga, salak, pepaya, kedongdong, ceremai, belimbing, nangka, dan jambu biji.



  • Acar


Yang terakhir yakni acar. Mungkin Anda pikir acar itu cuilan dari rujak lantaran rasanya asam. Tapi, itu yakni acar sayuran. Sedangkan acar di sini yakni acar manisan. Biasanya bentuk manisan acar ini cita rasa cukanya sangat kuat. Manisan acar biasanya dibentuk dari mentimun, kedongdong, dan wortel.


Setelah mengetahui jenis-jenis manisan, kini kita bahas buah yang sering dijadikan manisan dan cara membuatnya, yuk!


10 Buah Yang Sering Dijadikan Manisan


1. Mangga


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya


Buah yang sering dijadikan manisan yang pertama yakni mangga. Buah ini gampang dijumpai di Indonesia, lantaran negara kita ini yakni negara tropis. Mangga yang biasa dijadikan manisan yakni mangga yang masih muda, jadi teksturnya masih agak keras dan rasanya masih masam. Berikut yakni cara menciptakan manisan kering mangga.


Bahan:



  • 5 buah mangga muda

  • 1.5 kg gula pasir

  • 30 gr citrus acid 

  • 1.5 gr anti-oksidan

  • 3.5 gr sodium benzoate

  • 3 liter air


Bahan Perendam:



  • 3.5 gr sodium benzoat

  • 25 gr citrus acid

  • 2 kg gula pasir

  • 3 liter air


Cara membuat:


Pertama, bersihkan mangga dan kupas kulitnya. Pisahkan daging buah dari biji. Cuci kembali potongan daging mangga, kemudian potong atau serut sesuai dengan selera Anda. Boleh berbentuk panjang, kotak, tipis, pokoknya sesuai selera Anda.


Kedua, panaskan air hingga mendidih dan kemudian tuang ke dalam mangkuk beling yang besar. Masukkan anti-oksidan kemudian aduk rata. Lalu, masukkan mangga dan rendam selama 5 menit. Setelah itu, angkat mangga dan tiriskan.


Ketiga, campur semua bahan-bahan perendam manisan mangga di dalam panci, panaskan hingga mendidih, kemudian angkat dan dinginkan. Selanjutnya, masukkan mangga yang tadi telah ditiriskan ke dalam materi larutan perendam manisan tadi. Biarkan selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu, angkat mangga dan sisihkan.


Keempat, jangan buang larutan perendam yang tadi, ya! Karena, kini kita akan menggunakannya lagi. Campurkan larutan ini dengan 1 kg gula, kemudian panaskan dengan suhu 70-80° celcius selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.


Kelima, masukkan mangga ke dalam larutan yang gres dan diamkan selama 12 jam. Angkat dan tiriskan. Supaya cepat kering, Anda bisa memasukkan mangga ke dalam mesin pengering, microwave, atau panggangan dengan suhu 60° celcius selama 4 jam.


Keenam, taburkan gula ke mangga yang telah selesai dipanggang, aduk rata. Lalu, panggang lagi selama 3 jam. Angkat dan dinginkan. Masukkan manisan mangga ke dalam toples bila telah dingin. Resep manisan kering mangga kami dapatkan dari blog ini. Untuk resep manisan berair mangga, baca di sini, ya.


2. Salak


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya


Buah salak yakni buah yang sering dijadikan manisan yang kedua. Buah ini mengandung beta karoten yang berguna untuk kesehatan badan terutama otot mata. Salak juga bekerja aktif sebagai obat diare, lantaran salak mengandung banyak serat.


Buah ini juga bisa jadi alternatif masakan ringan untuk Anda yang sedang diet, lantaran salak mempunyai kandungan zat gizi dan fitonutrien yang sanggup mendukung kegiatan diet. Dan, ternyata buah salak dipercaya oleh para hebat sanggup menunjukkan gizi seimbang untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Banyak sekali manfaat dari buah salak ini, ya? Sekarang kita buat manisan salak basah, yuk! Resepnya bisa Anda baca di artikel ini.


3. Pepaya


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya

* sumber: tourismkit.com


Pepaya juga sangat terkenal untuk dijadikan manisan, baik itu manisan kering dan basah. Untuk menciptakan manisan pepaya, diharapkan buah pepaya yang belum matang (masih mentah/mangkel). Bacaterus telah menyiapkan resep manisan pepaya yang kering dan basah, Anda bisa membacanya di sini.


4. Kedongdong


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya


Kedongdong merupakan buah yang rasanya renyah dan rasanya asam. Buah ini biasa dijadikan rujak, asinan, pemanis untuk sambal, dan tentunya manisan dan acar. Berikut yakni materi dan cara menciptakan manisan berair kedongdong.


Bahan:



  • 1 kg kedondong

  • 300 gr gula pasir

  • 2 liter air

  • 2 sdm air kapur sirih


Cara Membuat:


Pertama, kupas buah kedondong dan basuh hingga bersih, kemudian rendam dalam 1 liter air yang sudah ditambahkan air kapur sirih. Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Kedua, Rebus air sebanyak 1 liter kemudian tambahkan gula pasir, aduk rata hingga gula larut. Masukkan kedondong dan masak hingga mendidih.


Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin, gres sehabis itu masukkan dalam kulkas. Manisan kedondong sederhana siap disajikan. Resep ini Bacaterus dapatkan dari link ini.


5. Stroberi


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya

* sumber: www.bakepedia.com


Stroberi sering dijadikan manisan buah kering dengan bentuk apa adanya. Ada juga yang menghancurkan stroberi, kemudian membuatnya benar-benar jadi permen, kemudian ada juga yang menciptakan manisan jelly dari stroberi. Sekarang Bacaterus akan membagikan resep manisan jelly stroberi untuk Anda.


Bahan:



  • 3 bungkus agar-agar plain

  • 600 gr gula pasir

  • 375 cc air

  • 4 sdm selai stroberi atau ½ cangkir buah stroberi yang sudah dihancurkan

  • Pewarna merah secukupnya


Cara Membuat:


Pertama, rebus semua materi hingga mendidih (seperti menciptakan agar-agar biasa), kemudian kemudian tuang ke loyang kotak/persegi. Kedua, sehabis agar-agar hambar dan keras, potong-potong menggunakan pisau bergerigi biar potongan terlihat cantik.


Ketiga, susun di loyang datar, beri jarak sedikit di antara permen, kemudian jemur sambil sesekali dibolak-balik biar rata keringnya. Waktu penjemurannya kadang memerlukan waktu lebih dari 2 hari ketika cuaca cerah. Kalau mendung/berawan, maka kristal gulanya susah keluar.


Kalau sudah keluar kristal gulanya dan ketika dipegang sudah keras, berarti agar-agar kering sudah jadi. Simpan dalam toples, dan manisan agar-agar stroberi pun siap dinikmati. Resep ini Bacaterus dapatkan dari link ini.


6. Jeruk


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya

* sumber: cookpad.com


Jeruk juga merupakan buah yang sering dijadikan manisan. Tidak cuma buahnya, kulit jeruk juga enak dijadikan manisan, loh! Berikut yakni resep manisan kering dari kulit jeruk.


Bahan:



  • 5 buah jeruk sunkist

  • 8 cup air matang

  • 6 cup gula pasir

  • 2 ruas jari kayu manis

  • gula pasir


Cara Membuat:


Belah jeruk jadi dua, peras airnya. Kulitnya direbus dengan air selama 3 menit untuk memudahkan seratnya lepas dari kulitnya. Kemudian tiriskan. Setelah dingin, bersihkan serat dari kulitnya. Lalu potong memanjang tipis. Campur air matang, gula pasir dan kayu manis (optional), aduk hingga gula larut. Lalu, masukkan potongan kulit jeruk, rebus hingga 2-3 jam.


Angkat kulit jeruk menggunakan capitan dan tiriskan selama 8 jam. Setelah itu, gulingkan dalam gula pasir dan masukkan toples kedap udara. Resep ini kami dapatkan dari artikel ini.


7. Nanas


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya

* sumber: steemkr.com


Tahukah Anda kalau nanas dapat membantu melancarkan pencernaan? Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, terutama usus. Nanas juga sanggup bekerja cepat untuk meredakan mual. Mungkin lantaran itulah ibu-ibu hamil banyak yang ngidam nanas, ya. Berikut yakni resep untuk menciptakan manisan nanas pedas:


Bahan:



  • 1 buah nanas

  • 1 buah cabai merah


Bahan Kuah:



  • 7 sdm gula pasir

  • 1/2 sdm garam

  • 10 buah cabai keriting,tumbuk kasar

  • 4 buah cabai rawit,tumbuk kasar

  • 1/2 sdt terasi bakar, larutkan dengan air, saring

  • 1/2 sdm asam jawa, larutkan dengan air, saring, buang ampasnya


Cara Membuat:


Didihkan air, kemudian masukan gula pasir, garam, terasi, air asam dan cabai halus. Masak hingga mendidih, angkat dan biarkan hambar dahulu. Setelah dingin, pindahkan ke dalam wadah yang sudah disediakan.


Masukan nanas yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan. Simpan di dalam kulkas selama 1 jam, kemudian manisan nanas pedas pun siap dinimkati. Praktis sekali bukan? Resep ini kami dapatkan dari link ini.


8. Kiwi


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya


Anti-hipertensi merupakan nama tengah buah kiwi. Ya, buah warna hijau dan kuning ini mengandung kalium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Buah kiwi juga sanggup menangkal radikal bebas. Anda sering cepat lupa? Ayo makan kiwi banyak-banyak supaya terhindar dari alzheimer. Berikut yakni cara menyebabkan kiwi sebagai manisan kering.


Bahan:



  • 1.5 cup air

  • ½ cup gula

  • 2 buah kiwi


Cara Membuat:


Panaskan panggangan menjadi 148° C. Selagi menunggu panggangan panas, campurkan air dan gula, kemudian panaskan menggunakan api yang tinggi. Masukkan potongan buah kiwi ke dalam larutan gula tadi, rebus selama 20 menit atau hingga larutan gula dan air tadi surut. Aduk pelan-pelan supaya kiwi tidak hancur.


Setelah itu, angkat kiwi dan susun di loyang yang telah diberi lapisan kertas khusus untuk memanggang. Masukkan ke dalam panggangan selama 2 jam. Anda bisa menaburkan gula lagi ketika kiwi gres keluar dari panggangan untuk pemanis rasa krispi. Resep manisan kiwi yang enak ini kami dapatkan dari link ini.


9. Nangka


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya

* sumber: mahmudlifeadventurer.wordpress.com


Buah nangka sanggup memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin c dan antioksidan alami yang ada di dalam buah nangka.


Buah ini juga bisa melawan sel kanker, loh! Kandungan fitonutrien menyerupai lignan, isoflavon dan saponin yang terdapat di dalam nangka sanggup menahan dan melawan penyebaran sel kanker di dalam badan kita. So, tunggu apa lagi, ayo kita buat manisan kering dari nangka!


Bahan:



  • 10 kg nangka

  • 10 liter larutan garam

  • 10 liter larutan natrium metabisulfit

  • 10 liter larutan gula 40%

  • 30 lembar daun pandan

  • 10 gram asam sitrat

  • 5 gram natrium benzoat

  • susu skim bubuk


Cara Membuat:


Cuci higienis buah nangka, kemudian pisahkan buang nangka dari bijinya Rendam buah nangka dalam larutan garam selama 2 jam. Cuci hingga rasa asinnya hilang dan tiriskan Rendam buah nangka dalam larutan natrium metabisulfit sekitar 1 jam, basuh bersih. Tiriskan.


Didihkan larutan gula 40%, kemudian campur dengan daun pandan dan asam sitrat. Masukkan irisan buah nangka, rendam selama 24 jam. Tiriskan. Taburkan natrium benzoat, aduk rata.


Jemur manisan nangka berair diatas aluminium foil atau anyaman bambu hingga kekeringan yang diinginkan. Selama pengeringan, taburi susu skim untuk mendapat manisan nangka yang manis dan gurih.


10. Ceremai


Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah √ 10 Buah yang Sering Dijadikan Manisan dan Cara Membuatnya

* sumber: www.bukalapak.com


Buah yang sering dijadikan manisan yang terakhir yakni ceremai. Buah ini berbentuk mungil dan rasanya masam agak manis. Sekarang, mari kita buat manisan kering dari buah ceremai.


Bahan:



  • 1.5 kg buah cermai

  • 1 kg gula pasir

  • 1 sdt garam

  • pewarna masakan (biasanya merah)

  • 1 liter air


Cara Membuat:


Masukkan air kedalam panci. Tambahkan garam, gula, dan pewarna. Masak dengan api sedang hingga air mengental. Masukkan buah ceremai yang telah dicuci higienis ke dalam larutan air tadi. Biarkan hingga larutan menyurut dan ceremai terlihat mengkristal. Jemur manisan ceremai biar lapisan gula pada kulit terluarnya jadi garing. Dan manisan pun siap disantap.


Itu ia sepuluh buah yang sering dijadikan manisan dan cara membuatnya dari Bacaterus. Manisan merupakan alternatif yang terbaik bila Anda atau belum dewasa Anda tidak suka makan buah. Manisan juga sanggup mengobati tidak nafsu makan dan rasa mual. Yuk, stok manisan buah di rumah! Anda punya resep manisan buah lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Buah Yang Sering Dijadikan Manisan Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel