iklan

√ 10 Tumbuhan Langka Di Dunia Yang Harus Kita Lestarikan

Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda-beda, flora juga tercipta dengan keunikannya masing-masing. Sayangnya, seiring bergulirnya waktu, flora unik ini semakin sedikit jumlahnya, sehingga sanggup dikategorikan menjadi flora langka di dunia.


Tumbuhan langka biasanya mempunyai keunikan yang menciptakan kita berkata, “Wah”, atau “Masa, sih?”, saking anehnya. Bacaterus punya daftar sepuluh flora langka di dunia yang harus kita lestarikan supaya tidak punah. Diantara kesepuluh flora ini ada yang bisa Anda temukan di Indonesia, loh!


10 Tumbuhan Langka Di Dunia


1. Padma Raksasa / Raflesia Arnoldi


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: thebeautyofourcountry.wordpress.com


Siapa orang Indonesia yang tidak kenal dengan Raflesia Arnoldi? Tumbuhan langka di dunia merupakan bunga raksasa dan terbesar di dunia. Berat bunga ini bahkan bisa mencapai 12 kg! Dan, kerennya lagi, Bunga Raflesia ini ada di Indonesia, loh.


Bunga ini pertama kali ditemukan di hutan hujan Indonesia pada tahun 1818, dan diberi nama sesuai dengan nama pemimpin ekspedisi, yaitu Thomas Stamford Raffles dan pemandunya, Dr. Joseph Arnold.


Walaupun besar begini, Raflesia Arnoldi merupakan bunga benalu alias hidup dengan bergantung pada flora lain. Tumbuhan ini tidak punya batang maupun akar. Ia tumbuh merambat dan menyerap nutrisi dari flora lain. Satu-satunya bab badan bunga Raflesia yang bisa Anda lihat yakni mahkotanya yang terdiri dari lima lembar.


Bunga ini mengeluarkan busuk menyerupai daging busuk, makanya orang-orang menyebutnya sebagai “bunga daging” atau “bunga bangkai”. Padahal, Bunga Raflesia berbeda dengan Bunga Bangkai. Penjelasannya lebih lanjut akan Bacaterus bahas di bawah.


2. Bunga Bangkai / Kibut


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan


Nah, ini gres yang namanya Bunga Bangkai. Kadang orang menyebutnya sebagai Kibut atau Suweg raksasa. Tumbuhan ini mempunyai nama Latin Amorphophallus titanum Becc. Fun fact: bunga ini tidak ada sangkut pautnya dengan Bunga Raflesia, loh! Mereka bukanlah saudara dan bukan satu jenis.


Orang-orang menyangka kalau Bunga Bangkai dan Bunga Raflesia itu yakni bunga yang sama alasannya mereka berdua sama-sama mengeluarkan busuk daging busuk. Padahal, mereka yakni bunga yang berbeda, ya. Seperti namanya, bunga ini mengeluarkan busuk bangkai yang sangat menyengat. Bau ini tentu ada tujuannya, yaitu untuk mengundang lalat dan kumbang menyerbuki bunganya.


3. Tanaman Menari / Hedysarum (Desmodium gyrans)



Bukan insan saja yang bisa menari. Ternyata, flora pun ada yang bisa melenggak-lenggokkan tubuhnya dengan lentur. Adalah Hedysarum, atau yang nama Latinnya Desmodium gyrans, merupakan flora yang sanggup menari. Kadang orang menyebut tumbuhan langka di dunia ini sebagai Dancing Grass.


Anda bisa melihat video di atas, di mana daun-daun flora ini bergerak dengan luwesnya. Gerakan inilah yang memberi nama “Tanaman Menari”. Tumbuhan ini gampang sekali tumbuhnya, mereka hanya memerlukan air dan cahaya matahari saja tanpa perlu diberi pupuk atau teknik bertani lainnya. Tumbuhan ini bisa ditemukan di India, Cina, Malaysia, Nepal, Taiwan, Vietnam, Indonesia, dan masih banyak lagi.


4. Welwitschia Mirabilis


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: www.gondwana-collection.com


Welwitschia Mirabilis merupakan tumbuhan langka di dunia yang selanjutnya. Tumbuhan ini mempunyai banyak nama, tergantung daerah yang menamakannya. Di daerah Nama, orang menyebutnya Khurub atau Kharos. Di Afrika, orang menyebutnya Tweeblaarkanniedood. Di Damara, flora ini disebut Nyanka. Tapi, nama internasionalnya tetap, hanya Welwitschia saja.


Welwitschia disebut juga sebagai “fosil hidup”, alasannya ia bisa bertahan hidup 5 tahun tanpa air dan hujan. Lalu, flora ini juga bisa hidup sampai 400 tahun – 1,5 abad. Karena itulah, Welwitschia disebut sebagai flora paling tangguh di dunia.


5. Cendana


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: commons.wikimedia.org


Anda pernah mencium aroma dari pohon yang satu ini? Pohon Cendana memang populer alasannya mempunyai aroma wangi yang khas. Pohon ini merupakan penghasil kayu dan minyak. Karena menguarkan busuk harum, cendana sering dijadikan adonan parfum, materi pembuat dupa, aromaterapi, dan rempah-rempah.


Uniknya, pohon cendana pada awalnya bukanlah “pohon”, melainkan tumbuhan parasit. Akar pohon cendana tidak bisa menopang bobot tubuhnya dikala semakin besar dan tinggi, oleh alasannya itu, cendana menumpang di flora lain.


Sekarang harga cendana sangat mahal alasannya lantaran termasuk tumbuhan langka yang banyak manfaatnya. Hal ini dikarenakan sulitnya membudidayakan cendana. Oleh alasannya itu, kita harus melestarikan cendana supaya tidak habis, ya.


6. Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: commons.wikimedia.org


Dracaena cinnabari merupakan sejenis tumbuhan suji yang berasal dari kepulauan Socotra. Tumbuhan ini dikenal sebagai Pohon Darah Naga atau Suji Darah. Kenapa? Karena pohon ini “mengeluarkan darah”. Tenang, bukan darah menyerupai yang ada pada insan dan hewan, kok. Jadi, si darah ini yakni getah yang berwarna merah.


Getah merah dari Pohon Darah Naga ini sering diambil, dikeringkan, kemudian dipakai sebagai pewarna dan juga obat. Si “darah” ini sering dijadikan pernis merah untuk pewarna biola juga, loh. Lalu, Anda pengguna setia OS Windows niscaya familiar sekali dengan pohon ini, alasannya Windows menggunakannya sebagai lambang Network mereka.


7. Mawar Jericho (Selaginella lepidophylla)


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: w3.biosci.utexas.edu


Bunga Jericho atau Mawar Jericho merupakan mawar yang sangat unik. Pasalnya, mawar ini tidak berkelopak, mungil, dan wangi menyerupai mawar pada umumnya. Seperti yang bisa Anda lihat dari gambar di atas, Mawar Jericho berbentuk menyerupai dedaunan biasa.


Mawar ini disebut juga sebagai “bunga kebangkitan”. Agak seram, ya? Tapi, jangan dulu mengaitkan istilah ini dengan hal mistis atau gain, ya. Julukan tersebut lahir alasannya Mawar Jericho bisa bertahan hidup walaupun dilanda kekeringan. Bahkan mawar ini akan tetap hidup sesudah dikeringkan dan diawetkan oleh manusia. Keren atau seram, nih, kemampuannya?


Mawar Jericho tumbuh di daerah gurun pasir di Amerika Tengah dan Timur Tengah. Tapi, mawar ini bisa juga tumbuh di media tanah atau pun air. Jadi, Anda bisa menjadikannya sebagai tumbuhan untuk menghias rumah juga. Jadinya Anda bisa sekalian menjaga habitat Mawar Jericho supaya tidak punah, kan.


8. Pohon Benang Sutra / Silk Floss Tree


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: commons.wikimedia.org


Pohon yang manis ini bernama Silk Floss Tree yang kalau diterjemahkan menjadi Pohon Benang Sutra. Nama Latin pohon ini yakni Ceiba speciosa. Tanaman ini hanya sanggup ditemukan di tempat hutan subtropis dan tropis Amerika Selatan, menyerupai di Paraguay, Argentina, Brazil, dan lain-lain. Tapi pohon ini juga ada di daerah Asia, lebih tepatnya yakni Asia Timur.


Pohon ini bisa tumbuh tinggi sampai 81 kaki. Walaupun berbunga cantik, pohon ini punya duri di batang dan cabangnya, loh! Ukuran durinya pun tidak main-main, merupakan duri kerucut yang sangat besar! Ternyata, duri tersebut berkhasiat untuk mengurangi penguapan air.


9. Tengkawang


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan


Tengkawang merupakan sejenis pohon yang dimanfaatkan buahnya sebagai penghasil minyak nabati. Tengkawang merupakan nama buah dari pohonnya. Minyak lemak buah ini harganya tinggi, loh!


Pohon ini ada 13 spesies, dan Tengkawang merupakan salah satu spesiesnya yang termasuk dilindungi negara. Pohon Tengkawang sanggup ditemui di daerah Kalimantan dan Sumatera. Makanya, dalam Bahasa Inggris pohon ini disebut Borneo Tallow. Pohon ini pun telah menjadi maskot daerah Kalimantan Barat.


10. Tanaman Karnivora / Insectivore


Layaknya orang yang mempunyai abjad dan sifat berbeda √ 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

* sumber: www.darkroastedblend.com


Insectivore atau tanaman karnivora merupakan tumbuhan yang bertahan hidup dengan memakan daging. Nah, daging apakah yang mereka makan? Tumbuhan ini memakan serangga atau binatang mungil yang hinggap di kelopak bunganya. Tumbuhan ini biasa ditemukan di daerah yang nutrisi tanahnya paling parah. Mungkin alasannya itulah mereka berevolusi menjadi pemakan daging.


Cara flora ini menarik mangsanya yakni dengan mengeluarkan cairan yang baunya harum untuk para serangga tersebut. Ketika terjebak, serangga-serangga itu tidak akan bisa keluar lagi. Sayangnya, si cairan wangi tadi lah yang akan melarutkan serangga menjadi makanan Insectivore.


Ada aneka macam jenis Insectivore di dunia ini, terhitung ada 630 spesies berbeda. Diantaranya yakni Sarracenia, Drosera, dan Dionaea Muscipula.


Ya, itu beliau sepuluh tumbuhan langka di dunia versi Bacaterus. Kita harus membantu melestarikan dan menjaga biar tanaman-tanaman ini tidak punah. Paling tidak dengan share pengetahuan Anda dan tidak merusak tumbuhan ini jikalau Anda menemukannya. Apakah Anda tahu flora unik dan langka lainnya di dunia?



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Tumbuhan Langka Di Dunia Yang Harus Kita Lestarikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel