iklan

3 Alasan Wajib Kau Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan

Pada tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan isu bahwa hanya 12,6 persen dari 260 juta masyarakat Indonesia dikala ini yang benar-benar merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya. Artinya hanya sekitar 33 juta masyarakat indonesia yang sudah benar-benar melek bagaimana pentingnya merencanakan keuangan itu.


Dilihat dari isu tersebut sanggup disimpulkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pentingnya merencanakan keuangan baik individu maupun keluarga. Mengingat pengetahuan wacana bagaimana merencanakan keuangan tidak diajarkan dari dingklik sekolah sehingga masih banyak yang belum memahaminya.



Pemahaman yang baik segala hal wacana keuangan sanggup memperlihatkan fasilitas dalam mengelola honor setiap bulannya. Simpelnya biar sanggup mengontrol pengeluaran tidak lebih dari pendapatan setiap bulannya. Kemudian paham berapa persen penempatan uang dari pendapatan untuk konsumsi, untuk tabungan, investasi dan lainnya.


Dengan cara apa pun dan ke mana pun penempatan uang maka hal ini seharusnya telah diadaptasi dan diperhitungkan dalam sebuah perencanaan keuangan sehingga banyak sekali tujuan keuangan sanggup tercapai dengan baik pada masa yang akan datang.


Lalu apa saja laba ketika kita melaksanakan perencanaan keuangan?


1. Perencanaan Keuangan Dapat Membantu Mewujudkan Tujuanmu


 juta masyarakat Indonesia dikala ini yang benar 3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan


Berbicara perencanaan keuangan selalu terkait dengan tujuan dan arah yang akan dilakukan. Setiap orang mempunyai tujuan masing-masing dalam hidupnya. Seperti membeli rumah, membeli kendaraan, menikah dan lainnya. Tujuan-tujuan tersebut tanpa disadari membutuhkan banyak pinjaman secara finansial.


Ketika memutuskan untuk menikah salah satu faktor yang harus diperhatikan yakni seberapa banyak kebutuhan finansial yang harus dipersiapkan. Tentu saja butuh banyak biaya yang harus dikeluarkan. Agar tujuan menikah itu sanggup tercapai dan berjalan dengan baik sudah seharusnya merencanakan keuangan semenjak jauh-jauh hari.


Jika sudah tercapai kebutuhan finansial yang dianggarkan otomatis tujuanmu pun juga tercapai sesuai dengan rencana. Untuk sanggup memahami proses perencanaan keuangan ada baiknya untuk memakai jasa financial planner profesional yang tersertifikasi. Dari jasa yang dipakai sanggup konsultasi wacana masalah-masalah dan langkah untuk mencapai tujuan di masa depan.


2. Tidak Praktis Tertipu Investasi Bodong


 juta masyarakat Indonesia dikala ini yang benar 3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan


Maraknya investasi bodong dikala ini menciptakan masyarakat mulai was-was dengan produk-produk keuangan. Padahal ketika kita sudah memahami perencanaan keuangan hal-hal menyerupai ini sanggup dijauhi sehingga kondusif dari setiap investasi bodong. Dari banyaknya laporan masyarakat dikala ini investasi bodong sering memakan korban orang-orang yang kurang paham dalam ilmu perencanaan keuangan.


Cepat tergiur dengan laba yang besar dalam jangka waktu pendek menjadi salah satu target utama para penyedia investasi bodong tersebut. Padahal, jikalau kita lebih memahami wacana dunia perencanaan keuangan maka usulan investasi bodong sanggup kita hindari dan mengamankan uang kita


Salah satu investasi yang jauh dari usulan investasi bodong yakni investasi emas. Kenapa emas? Dengan fasilitas investasi emas dan tidak menjanjikan laba yang fantastis dalam waktu sekejap menyerupai pada usulan investasi bodong lainnya. Cara kekinian membeli emas di kala digital dikala ini dengan memakai aplikasi yang terpercaya menyerupai Tamasia.


3. Dapat Membedakan Keinginan dan Kebutuhan.


 juta masyarakat Indonesia dikala ini yang benar 3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan


Pernah merasa besar pasak daripada tiang setiap bulannya? Mungkin dari kita sering mengalaminya. Salah satu penyebabnya yakni kita selalu membeli banyak barang menurut apa yang kita inginkan. Padahal barang tersebut belum tentu kita butuhkan.


Misal ketika lagi jalan ke mall kita melihat barang-barang diskon menyerupai sepatu atau baju. Padahal kita tahu kalau barang itu tidak lagi diperlukan tapi alasannya yakni tidak punya planning keuangan yang baik maka kita akan lebih cepat tergiur untuk menghabiskan uang dengan barang-barang diskon.


Bagaimana dengan yang sudah paham perencanaan keuangan? Tentu saja tidak akan cepat tergiur dan lebih bijaksana dalam membelanjakan uangnya. Karena semenjak awal sudah paham berapa porsi uang yang harus dibelanjakan untuk banyak sekali kebutuhan ini itu. Daripada habis untuk barang yang tidak diperlukan alangkah baiknya uang disimpan sesuai dengan planning keuangan yang sudah dibuat.


Dari ketiga hal diatas sanggup kita simpulkan bahwa setiap orang wajib untuk mulai dan menerapkan perencanaan keuangan yang baik dan efektif. Mulailah dari kini biar setiap tujuanmu sanggup segera tercapai. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?


——-


BACA JUGA:


8 Tips Mengatur Rencana Keuangan yang Baik di Usia 25-an


9 Tips Agar Gaji Awet dan Tak Lewat Begitu Saja


Menjadi Millennial Mapan, Apa Saja Persiapannya?


——-


Tamasia yakni Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kau sanggup memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas kondusif tersimpan di forum kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis kini di android dan iOS!



Sumber https://www.tamasia.co.id

0 Response to "3 Alasan Wajib Kau Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel