iklan

3 Tips Mengelola Honor Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!

Bagi sebagian orang mengelola honor yang didapatkan setiap bulan bukanlah hal yang mudah. Harga kebutuhan pokok setiap tahunnya mengalami kenaikan akhir inflasi. Padahal belum tentu honor setiap tahun mengalami kenaikan diatas kenaikan harga pokok.


Alhasil tidak sedikit dari kita mulai mengeluhkan bagaimana membengkaknya pengeluaran. Seperti peribahasa besar pasak daripada tiang. Tapi tidak sedikit juga yang mengeluh perihal besaran jumlah gaji.



Memang, nominal honor yang kecil terkadang tidak sanggup mencukupi semua kebutuhan setiap bulannya. Itulah menjadi alasan utama banyak orang yang mengeluh dengan pendapatannya. Padahal ada beberapa cara yang sanggup diterapkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan.


Dengan catatan bahwa sanggup menerapkan perencanaan keuangan dengan baik semenjak awal mendapatkan honor supaya sanggup dipakai dengan bijak yang paham pentingnya prioritas antara kebutuhan dan keinginan.


Ada beberapa cara yang sanggup kau terapkan untuk mengelola gaji:


1. Membuat Alokasi Dana


Bagi sebagian orang mengelola honor yang didapatkan setiap bulan bukanlah hal yang gampang 3 Tips Mengelola Gaji Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!


Saat mendapatkan honor bulanan hal yang harus pertama kau lakukan ialah melaksanakan alokasi dana. Berapa persen yang ideal dalam mengalokasikan dana? Menurut para perencana keuangan profesional, standartnya dalam mengalokasikan dana dimana 50% dari honor untuk konsumsi, 30% untuk cicilan dan 20% untuk investasi dan tabungan.


Apa untungnya mengalokasikan dana? Tentu saja banyak sekali. Dengan mengalokasikan dana dari awal maka kita mencar ilmu untuk disiplin dalam memakai uang yang kita miliki. Awal dari perencanaan keuangan yang efektif dan efisien ialah paham dan bijak dalam memakai uang sesuai dengan planning yang sudah dibuat.


Alokasi dana juga dibutuhkan untuk menjauhkan dari sifat spontan dalam membelanjakan uang. Menghindari sifat spontan sangat perlu dilakukan supaya sanggup membedakan harapan dan kebutuhan. Ini merupakan langkah awal menghindari sifat boros yang memberantakan planning keuangan dari awal.


2. Sisihkan Uang dengan Menabung di Awal Gajian


Bagi sebagian orang mengelola honor yang didapatkan setiap bulan bukanlah hal yang gampang 3 Tips Mengelola Gaji Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!


Setelah mengalokasikan dana yang sudah dijelaskan sebelumnya maka langkah berikutnya yang harus kau lakukan ialah pribadi menyisihkan uang dengan cara menabung sebelum dipakai untuk konsumsi dan kebutuhan lainnya. Kebiasaan ini masih jarang dilakukan dikarenakan salah satu kebiasaan orang-orang ketika ini ialah menyisihkan uang di tamat bulan atau menunggu uang sisa.


Padahal, salah satu laba menyisihkan uang di awal gajian ialah uang tersebut kondusif ditabungan yang nanti sanggup juga untuk menjadi dana darurat yang kebutuhan-kebutuhan mendesak. Oleh alasannya ialah itu, menyisihkan uang di awal memang sangat perlu dalam mengelola gaji.


Salah satu tabungan yang sanggup kau gunakan ketika ini ialah tabungan emas. Tabungan emas kekinian ketika ini ialah tabungan emas di Tamasia. Selain sanggup mengamankan uang mu dari inflasi, kau juga sanggup memakai tabungan emas menjadi investasi jangka panjangmu.


3. Catat Setiap Pengeluaran


Bagi sebagian orang mengelola honor yang didapatkan setiap bulan bukanlah hal yang gampang 3 Tips Mengelola Gaji Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!


Langkah terakhir yang sanggup kau lakukan ialah mencatat pengeluaran harian mu selama sebulan. Dengan melaksanakan pencatatan maka kau akan sanggup terarah dan paham kemana saja uang yang kau gunakan. Jika ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak berkhasiat maka sanggup pribadi kau hentikan.


Untuk mencatat pengeluaran sanggup kau gunakan buku atau aplikasi mobile yang sudah banyak ketika ini. Makara tidak ada alasan untuk malas dan ribet dalam mencatatkan pengeluaran. Biasanya, ketika sedang melaksanakan pencatatan ini sering terjadi penyesalan ketika melihat catatan tersebut. Kebiasaan ini akan membuatmu lebih bijak dalam memakai uang dan sanggup terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.


Tidak ada salahnya untuk melaksanakan tiga cara diatas untuk melatih diri dalam mengelola uang. Berapapun honor baik kecil maupun besar yang didapatkan asal sanggup disiplin maka sanggup menghindari kesalaha-kesalahan dalam mengelola uang supaya honor yang didapat tidak selalu merasa kurang.


Jadi, tunggu apalagi?


——-


BACA JUGA:


 Benarkah Lebih Baik Beli Emas daripada Menabung Uang di Bank?


Cara Wujudkan Pergi ke Tanah Suci di Umur 30 Tahun


Saatnya Punya Sepatu Emas Seperti Pemain Sepak Bola. Caranya?


——-


Tamasia ialah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kau sanggup memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas kondusif tersimpan di forum kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis kini di android dan iOS!



Sumber https://www.tamasia.co.id

0 Response to "3 Tips Mengelola Honor Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel