iklan

8 Tips Menikah Dengan Bujet 50 Juta

Menikah tentu menjadi keinginan setiap pasangan. Kesiapan mental kau dan pasangan yakni bekal utama sebelum membina rumah tangga. Selain itu, siap secara finansial juga menjadi tuntutan, mengingat biaya persiapan janji nikah dan pascapernikahan yang tidak sedikit.


Setiap pasangan yang berencana untuk menikah niscaya menginginkan momen janji nikah yang berkesan dan tak terlupakan. Ada yang menentukan menabung uang mereka sebagai bekal hidup berumah tangga dan dan menyelenggarakan pesta janji nikah secara sederhana. Ada pula yang menentukan perhelatan megah dengan bermacam-macam rangkaian program meriah. Apa pun pilihan kamu, semoga tidak mengurangi sakralnya momen yang diperlukan terjadi sekali seumur hidup ini.


Merencanakan Pesta Pernikahan dengan Bujet 50 Juta rupiah, Apakah Bisa?


Anggaran janji nikah harus direncanakan dengan baik supaya seluruh keperluan pranikah sanggup tercukupi dan tidak ada pembengkakan dana. Pada goresan pena kali ini kita akan mencoba membedah penggunaan bujet nikah senilai 50 juta rupiah. Pesta janji nikah menyerupai apa yang kira-kira terwujud dengan bujet tersebut dan beberapa tips untuk mewujudkannya.


Nominal bujet nikah satu pasangan yakni sesuatu yang relatif bagi pasangan lainnya. Nominal tertentu sanggup bernilai sangat tinggi bagi satu pasangan, pun halnya bernilai sangat kecil bagi pasangan lainnya. So, please read this article with a pinch of salt.


Pentingnya Menganggarkan Bujet dalam Merencanakan Pesta Pernikahan


Hal pertama yang wajib dilakukan yakni membagi bujet total ke beberapa “pos” utama. Dalam membagi bujet tersebut, pastikan kau mengurutkan prioritas dari setiap keperluan persiapan janji nikah untuk menghindari under-budget atau over-budget.


Berikut tips sederhana yang sanggup Anda gunakan untuk mengatur anggaran dana pernikahan:


1. Keperluan Resepsi


Terhitung 60% dari jumlah dana akan sepenuhnya dipakai untuk keperluan resepsi. Dengan presentase tersebut, maka jumlah dana yang dialokasikan untuk keperluan resepsi bernilai 30 juta rupiah. Jumlah yang tidak sedikit ini akan Anda gunakan untuk membiayai venue, katering, dekorasi dan backdrop, karangan bunga, dan biaya lainnya.


2. Keperluan Busana dan Make Up


Presentase yang dialokasikan untuk keperluan busana kedua mempelai yakni 10% dari bujet total. Dengan demikian, kau dan pasangan harus pandai memakai 5 juta rupiah untuk busana. Anda sanggup menyiasati bujet yang cekak ini dengan cara menyewa busana janji nikah di butik. Kamu bisa tiba ke butik pilihan dan melaksanakan fitting. Dan pastikan juga pilih jasa rias pengantin dengan review baik supaya kau sanggup tampil memukau meskiupun bujet yang dikeluarkan terbatas.


3. Keperluan MC dan Hiburan


Sama dengan keperluan busana, dana yang dialokasikan yakni sebesar 5 juta rupiah. Kamu mungkin tidak mendapati live Jazz performance oleh seirang artis ternama di tengah resepsi janji nikah kamu, tetapi banyak pilihan hiburan untuk mengisi program janji nikah yang bisa menghidupkan suasana pesta Anda dengan bujet tersebut.


4. Keperluan Dokumentasi


Dokumentasi harus ada dalam daftar anggaran kamu. Momen bahagiamu harus diabadikan dengan pertimbangan yang matang. Memercayakan kepada professional akan mengurangi risiko hasil gambar dan video yang melenceng dari harapan.


5. Keperluan Undangan dan Suvenir.


Alokasikan dana sebesar 3% dari total bujet untuk keperluan keduanya. Di sini, kau harus jeli mengatur pengeluaran. Undangan yang kau pilih bisa berupa permintaan digital bila itu memungkinkan. Dengan demikian, kau sanggup memotong biaya cetak permintaan konvensional.


Untuk urusan suvenir, ada baiknya kalau kau terjun pribadi dalam proses pemesanan pribadi ke produsen. Harga suvenir memang beragam; kalau kau ingin alokasi dana sukses, kau harus ulet mencari penawaran termurah. Dengan memesan sendiri suvenir janji nikah pribadi ke produsen, kau sanggup menghindari harga suvenir toko yang berkali-kali lipat. Seriously, yang Anda butuhkan hanyalah mulai dekat dengan Instagram untuk menemukan pengrajin yang cocok untuk suvenir tamu undangan.


6. Keperluan Upacara Pernikahan


Sisakan 2% bujet untuk mengurusi keperluan-keperluan yang berkaitan dengan prosesi janji atau pemberkatan nikah.


7. Keperluan Cincin Kawin


Dengan 2% alokasi dana, kau sanggup memperoleh sepasang cincin kawin yang melambangkan ikatan janji suci kau dan pasangan. Tidak ada cincin berlian yang tersemat bukanlah duduk perkara besar. Cincin kawin kau akan lebih mempunyai makna daripada bongkahan permata dikala kau dan pasangan menginginkannya.


8. Keperluan Trasportasi dan Lain-lain


Sampai pada baris paling bawah, sebesar 3% dana sanggup kau alokasikan untuk keperluan transportasi, dan just-in-case fund untuk berjaga-jaga atas hal-hal yang tidak sepenuhnya berjalan sesuai rencana. Dana ini juga sanggup dimanfaatkan di fase tamat persiapan janji nikah supaya sanggup dipakai untuk membayar keperluan lainnya yang tidak tercatat di daftar anggaran.


Meskipun semua keperluan tampak sudah lengkap dan terpenuhi oleh anggaran total, daftar di atas tidak meliputi semuanya. Contohnya yakni anggaran untuk busana para besan, bridesmaids dan groomsmen. Daftar di atas hanya berisi kemungkinan anggaran atas keperluan yang diprioritaskan. Jadi, tidak ada alokasi khusus untuk busana para besan atau pendamping mempelai perempuan maupun laki-laki.


Keperluan lain yang tidak masuk ke dalam anggaran tersebut yakni anggaran seserahan. Anda sanggup mengambil dana dari keperluan lain-lain untuk untuk melengkapi seserahan Anda, dikala berada di persiapan tamat pesta pernikahan.


Bonus Tip

Untuk menghindari bujet janji nikah kau terpakai untuk keperluan lain, kau dan pasangan sanggup membuka akun bersama di salah satu bank untuk menyimpan “modal nikah” tersebut. Ketika tiba hari-hari membayar tagihan dari vendor, kau sanggup dengan gampang melihat saldo kau berkurang alasannya yakni keperluan janji nikah dan tidak tercampur dengan kebutuhan sehari-hari.


Memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran juga membuka kesempatan untuk memperoleh reward dan cash back menarik. Pastikan kau dan pasangan selalu memakai sistem kartu yang sama supaya kesempatan menang lebih besar.




Agar kau gampang siapin emas untuk mahar nikah, kau bisa mulai beli emas di Tamasia mulai dari Rp10.000,- pribadi dari smartphone kamu. Kamu bisa cetak emasnya dengan jumlah dan ukurang keping emas sesuai kebutuhan mahar kamu. Buktikan mudahnya beli emas buat mahar nikah di Tamasia, d0wnl0ad aplikasinya sekarang:


Menikah tentu menjadi keinginan setiap pasangan 8 Tips Menikah dengan Bujet 50 JutaMenikah tentu menjadi keinginan setiap pasangan 8 Tips Menikah dengan Bujet 50 Juta




Sumber https://www.tamasia.co.id

0 Response to "8 Tips Menikah Dengan Bujet 50 Juta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel