iklan

Faktor Yang Mempengaruhi Ajakan

Setelah kau mempelajari tentang pengertian permintaan dan macam macamnya maka ada beberapa hal yang harus kau ketahui yaitu ihwal Faktor faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan.

Faktor yang Memengaruhi Permintaan


Permintaan tidak selalu tetap. Permintaan bisa naik atau turun, bertambah atau berkurang. Kita lihat kalau menjelang Idul Fitri undangan akan pakaian, sepatu, asesoris rumah, dan kue-kue akan meningkat. Dan kalau Idul Fitri usai, undangan akan barang-barang tersebut akan turun kembali.

Demikian pula menjelang tahun baru, undangan akan jasa hotel/ penginapan di daerah-daerah wisata akan melonjak tinggi, kemudian berangsur-angsur turun kembali kalau tahun gres lewat.

dan macam macamnya maka ada beberapa hal yang harus kau ketahui yaitu ihwal Faktor fakt Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
Ternyata ada banyak faktor yang sanggup mengakibatkan naik turunnya permintaan. Salah satunya ialah faktor harga. Bila harga satuan barang atau jasa naik maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung turun.

Mengapa demikian? Karena orang umumnya tidak suka membeli sesuatu yang harganya menjelma mahal.

Tetapi sebaliknya, kalau harga suatu barang atau jasa turun maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung akan meningkat, alasannya ialah orang lebih suka membeli sesuatu dengan harga yang lebih murah.

Masih banyak faktor lain yang sanggup memengaruhi naik turunnya permintaan. Berikut akan diuraikan secara rinci faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.

a. Faktor Harga Barang atau Jasa

Pada uraian di atas sudah dijelaskan, kalau harga suatu barang atau jasa naik maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan turun. Dan sebaliknya, kalau harga turun maka undangan akan naik.

b. Faktor Pendapatan

Bila pendapatan pembeli/konsumen meningkat maka undangan terhadap barang atau jasa cenderung akan bertambah. Sebaliknya, kalau pendapatan menurun maka undangan terhadap barang dan jasa pun akan berkurang.

c. Faktor Intensitas Kebutuhan

Intensitas kebutuhan ialah mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa bersifat mendesak maka undangan akan barang atau jasa tersebut akan meningkat.

Contohnya, menjelang ekspresi dominan hujan orang akan terdesak untuk membeli payung dan jas hujan, sehingga undangan terhadap dua barang tersebut akan meningkat.

d. Faktor Selera

Bila selera konsumen pada suatu barang atau jasa sedang naik, undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat.

Selera dewasa yang meningkat pada grup musik SOS (Sheila on Seven) menciptakan undangan akan kaset SOS meningkat. Demikian pula sebaliknya.

e. Faktor Jumlah Penduduk

Semakin banyak jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya, jumlah penduduk sanggup mengurangi permintaan.

Jumlah penduduk sanggup berkurang dengan aneka macam cara di antaranya alasannya ialah musibah dan peperangan.

f. Faktor Perkiraan terhadap Harga pada Masa yang akan Datang

Bila diperkirakan harga akan naik pada masa yang akan tiba maka konsumen akan cepat-cepat menambah permintaannya sebelum harga betulbetul menjadi naik.

Sebaliknya, kalau diperkirakan harga akan turun, konsumen cenderung mengurangi permintaannya sambil menunggu harga benar-benar turun.

g. Faktor Perkiraan terhadap Pendapatan pada Masa yang akan Datang

Bila diperkirakan pendapatan akan naik pada masa yang akan tiba maka konsumen akan lebih berani menambah permintaannya. Sebaliknya, kalau pendapatan diperkirakan akan turun maka konsumen akan mengurangi permintaannya.

h. Faktor Harga Barang Substitusi

Bila harga barang pengganti (substitusi) turun, maka undangan terhadap barang yang digantikan akan turun, alasannya ialah orang akan beralih membeli barang pengganti (substitusi).

Contoh: jeruk mandarin merupakan pengganti jeruk medan, kalau harga jeruk mandarin turun maka orang akan lebih banyak membeli jeruk mandarin dibanding jeruk medan. Dengan demikian, undangan terhadap jeruk medan akan menurun.

i. Faktor Harga Barang Komplementer (Pelengkap)

Tinta ialah barang komplementer bagi pulpen. Bila harga tinta naik maka undangan terhadap tinta akan turun. Turunnya undangan terhadap tinta akan berakibat pada menurunnya undangan terhadap pulpen.

j. Faktor Promosi

Bila promosi terhadap suatu barang atau jasa dilakukan secara gencar dan menarik maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Sebaliknya, kalau promosi sedikit dan tak menarik maka undangan umumnya akan susah meningkat.
Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Ajakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel