iklan

Kebaikan Dan Keburukan Pasar Persaingan Tepat

Untuk memperdalam pengetahuan kau mengenai pasar persaingan sempurna ada beberapa hal yang harus kau ketahui yaitu kebaikan pasar persaingan tepat dan keburukan pasar persaingan sempurna.

Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna


Pasar persaingan tepat mempunyai kebaikan dan keburukan. Kebaikan pasar persaingan tepat ialah sebagai berikut.

a. Mampu mendorong efisiensi (penghematan) dalam produksi;

Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan produsen berjumlah banyak, sehingga antarpenjual atau produsen akan berusaha menciptakan produk dengan mutu yang baik dengan biaya sehemat mungkin.
Untuk memperdalam pengetahuan kau mengenai Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna
Gambar: Pasar

Lain halnya kalau jumlah produsen hanya satu ibarat pada pasar monopoli, produsen cenderung akan kurang efisien dalam berproduksi sebab tidak ada saingan.

b. Tidak memerlukan iklan;

Karena barang dan jasa bersifat homogen (serba sama) maka para produsen atau penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Percuma beriklan, sebab memang barang dan jasa yang dijual serba sama.

c. Pembeli dan penjual bebas bertindak;

Pasar persaingan tepat menunjukkan keleluasaan bagi penjual untuk keluar masuk pasar kapan saja.

Siapa saja yang mempunyai modal bisa segera masuk sebagai penjual atau produsen, dan siapa saja yang merasa rugi bisa segera keluar dari pasar. Demikian juga dengan pembeli, kapan saja pembeli bisa berbelanja kebutuhannya tanpa ada yang menghalangi.

d. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli;

Pada pasar persaingan tepat harga yang terbentuk benar-benar merupakan hasil tarik-menarik seluruh undangan dan seluruh penawaran.

Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual yang bisa merugikan para pembeli. Harga juga tidak dikendalikan oleh satu pembeli yang bisa merugikan para penjual.

Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

a. Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk;

Karena keuntungan yang diperoleh produsen atau penjual dalam pasar ini bersifat normal (secukupnya) maka produsen atau penjual tidak bisa menyisihkan dana untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan produk.

Dengan demikian, penemuan (penemuan baru) akan lambat diperoleh dalam pasar ini.

b. Terbatasnya kebebasan menentukan bagi pembeli;

Karena barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen (serba sama) maka konsumen tidak bisa menentukan sesuai selera dan tingkat pendapatannya.

c. Demi efisiensi (penghematan) biaya produksi, kadang kala produsen atau penjual menunjukkan upah/gaji yang terlalu rendah bagi pekerjanya.
Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Kebaikan Dan Keburukan Pasar Persaingan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel