Pengertian Dan Teladan Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Jika ada pasar persaingan sempurna maka ada pasar persaingan tidak sempurna, maka pembahasan kali ini akan membahas wacana pengertian pasar persaingan tidak tepat dan tumpuan psar perasaingan tidak sempurna.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai pasar persaingan tidak sempurna. Ciri pasar persaingan tidak tepat yaitu jikalau satu atau beberapa ciri dari pasar persaingan tepat tidak terpenuhi.
Jadi, pasar persaingan tidak tepat adalah pasar tepat yang tidak lengkap ciricirinya,
misalnya jikalau jumlah penjual tidak banyak, tetapi hanya ada satu atau beberapa penjual sehingga penjual bisa leluasa mengubah harga.
Atau bisa juga jumlah pembeli hanya satu atau beberapa sehingga pembeli bisa menekan harga dan membeli dengan harga rendah menyerupai yang diinginkannya.
Di Indonesia banyak tumpuan pasar persaingan tidak sempurna, menyerupai pasar listrik (dikuasai satu penjual/produsen yakni PLN), pasar telepon (dikuasai dua penjual/produsen, yakni PT Telkom dan PT Indosat), pasar kendaraan beroda empat (dikuasai beberapa produsen), dan lain-lain.
Berdasarkan jumlah penjual dan jumlah pembeli, ada beberapa bentuk pasar persaingan tidak sempurna, yaitu:
Jadi, pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan.
Dikatakan menyerupai pasar persaingan tepat alasannya yaitu jumlah penjual hampir sebanyak pasar persaingan sempurna.
Contohnya: pasar sayuran di kawasan terpencil, umumnya akan kesulitan menjual produknya ke tempat lain.
Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Baca Juga
misalnya jikalau jumlah penjual tidak banyak, tetapi hanya ada satu atau beberapa penjual sehingga penjual bisa leluasa mengubah harga.
Atau bisa juga jumlah pembeli hanya satu atau beberapa sehingga pembeli bisa menekan harga dan membeli dengan harga rendah menyerupai yang diinginkannya.
Di Indonesia banyak tumpuan pasar persaingan tidak sempurna, menyerupai pasar listrik (dikuasai satu penjual/produsen yakni PLN), pasar telepon (dikuasai dua penjual/produsen, yakni PT Telkom dan PT Indosat), pasar kendaraan beroda empat (dikuasai beberapa produsen), dan lain-lain.
Berdasarkan jumlah penjual dan jumlah pembeli, ada beberapa bentuk pasar persaingan tidak sempurna, yaitu:
a. Pasar Monopoli
Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual, yang keduanya berasal dari bahasa Yunani.Jadi, pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan.
Pasar Monopoli |
b. Pasar Oligopoli
Oligopoli berasal dari kata oligo yang berarti beberapa dan poli yang berarti penjual. Dengan demikian, pasar oligopoli yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual.c. Pasar Persaingan Monopolistik
Sesuai dengan namanya, pasar persaingan monopolistik merupakan bentuk pasar antara pasar persaingan tepat dengan pasar monopoli.Pasar Monopolistik |
Dikatakan menyerupai pasar persaingan tepat alasannya yaitu jumlah penjual hampir sebanyak pasar persaingan sempurna.
d. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli. Jadi, dalam pasar ini jumlah penjualnya banyak, tetapi pembelinya hanya ada satu.Contohnya: pasar sayuran di kawasan terpencil, umumnya akan kesulitan menjual produknya ke tempat lain.
e. Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli. Dalam pasar ini jumlah penjual banyak, sedang pembelinya hanya beberapa. misalnya pasar wortel di suatu desa.
Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com
0 Response to "Pengertian Dan Teladan Pasar Persaingan Tidak Sempurna"
Posting Komentar