iklan

Pengertian Serta Pola Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami Dan Buatan

Setelah kau mempelajari macam-macam perkembangbiakan tumbuha, maka kali ini akan memperdalam pembanhasan mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, vegetatif alami, cara perkembangbiakan tumbuhan, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif, teladan tumbuhan tunas, teladan umbi batang, tumbuhan berkembang biak dengan tunas, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, teladan tumbuhan vegetatif, teladan tumbuhan umbi lapis, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, cara reproduksi asecual tumbuhan, dan teladan perkembangbiakan vegetatif.


Perkembangbiakan vegetatif

Apa yang kau ketahui perihal perkembangbiakan vegetatif?

Pengertian Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif ialah perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan. Perkembangbiakan ini disebut perkembangbiakan asecual. Ada dua macam perkembangbiakan vegetatif, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Macam-Macam Perkembangbiakan Vegetatif

a. Vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi apabila berlangsung sewajarnya tanpa campur tangan manusia. Alat reproduksi vegetatif alami ialah sebagai berikut.

  1. Tunas, ialah tumbuhan muda yang gres tumbuh di ujung batang atau ketiak daun. Ada dua macam tunas, yaitu tunas adventif dan tunas biasa. Tunas adventif ialah tunas yang keluar selain dari ujung batang dan ketiak daun. Contohnya tunas pisang, cocor bebek, dan bambu. Sedangkan tunas biasa ialah tunas yang tumbuh pada ketiak daun dan ujung batang.
  2. Umbi, ialah daerah untuk menyimpan makanan. Selain itu, umbi juga sanggup dipakai sebagai alat perkembangbiakan. Pernahkah kau melihat kebun ketela rambat, kentang, dan bawang? Ketela rambat, kentang, dan bawang memiliki umbi. Umbi pada tumbuhan ini dipakai untuk alat perkembangbiakan dan daerah cadangan makanan.
  3. Rhizoma, ialah batang yang menjalar di bawah permukaan tanah. Cotohnya laos, kencur, dan jahe.
  4. Stolon, ialah batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Contohnya pegagan, arbei, dan rumput teki.


b. Vegetatif buatan

Perkembangbiakan dengan cara vegetatif buatan sering dilaksanakan untuk pembudidayaan tanaman. Misalnya mencangkok, merunduk, dan menyambung.


Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Serta Pola Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami Dan Buatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel