iklan

Pertolongan Pertama Luka Bakar Karna Terkena Knalpot Panas

Catatanpelajar.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai sumbangan pertama tersiram air panas, luka bakar, sumbangan pertama pada luka bakar, sumbangan pertama luka bakar, obat penghilang bekas luka bakar, luka bakar pada anak, mengobati luka bakar, obat luka bakar knalpot, penanganan pertama luka bakar, cara menghilangkan bekas luka bakar, sumbangan pertama pada luka dan p3k luka bakar.


Penanganan Terkena Knalpot Panas

Kejadian kena knalpot dikala mesin menyala atau knalpot sedang panas tentunya sering terjadi. tempat yang biasanya terkena ialah pecahan kaki.. Ketika terkena knalpot akan mengakibatkan luka bakar pada tempat kulit yang terkena.

Tiga Kondisi Terkena Knalpot

Berdasarkan kedalaman luka kulit yang terkena knalpot sama dengan luka bakar, dan sanggup kita bagi menjadi 3 :

Derajat 1

Daerah kulit yang terkena panas knalpot hanya pecahan luar dari kulit (epidermis). Kulit nampak kemerahan yang disertai rasa nyeri, dan tidak melepuh (bula). Tanpa penanganan pun biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-5 hari dan biasanya tidak mengakibatkan bekas.

Derajat 2

Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan lebih dalam dari derajat satu yaitu mengenai lapisan kulit epidermis dan dermis. LUka berwarna kemerahan dan tampak pucat disertai kulit melepuh (Bula). Nyeri yang di timbulkan juga lebih sakit dibandingkan derajat satu.

Derajat 3

Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan sangat dalam. mulai dermis epidermis dan subkutis mengalami kerusakan. tempat yang terkena sudah tidak melepuh lagi tetapi mengelupas. dan nyeri yang di timbulkan malahan tidak seberapa sebab sel sel syaraf mengalami kerusakan.

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai sumbangan pertama tersiram air panas Pertolongan Pertama Luka Bakar Karna Terkena Knalpot Panas

Penanganan luka terkena knalpot ; 

Jangan Panik dan tetap tenang

  1. Secepat mungkin menyiram air mengalir selama 5-10 menit. Bila memungkinkan gunakanlah air matang sebab lebih bersih. Kalau terpaksa tidak ada sanggup juga dipakai air keran pada tempat yang terkena knalpot. Hal ini akan mengurangi nyeri dan mencegah meluasnya area kulit yang rusak ibarat pernah di bahas sebelumnya pada Penanganan Pertama Terkena Air Panas.
  2. Bila kulit yang terkena mengalami kerusakan derajat dua. usahakan lepuhan kulit jangan hingga pecah. kalau sudah terlanjur pecah berikan obat untuk mencegah abses dan tutup luka dengan kasa steril. Obat yang dipakai sepert Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya.
  3. Bila kerusakan kulit pada derajat tiga segera tutup dengan kasa steril lalu bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.


Sedangkan hal hal yang harus di hindari dikala terkena knalpot :

  1. Menggunakan air es / air masbodoh dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, sebab malah sanggup merusak jaringan.
  2. Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena materi bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi.
  3. Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan badan dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.
  4. Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).

Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Pertolongan Pertama Luka Bakar Karna Terkena Knalpot Panas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel