iklan

Siklus Dan Gejala Haid (Menstruasi) Tidak Teratur Atau Tidak Normal Beserta Penyebab Dan Akibatnya

Catatanpelajar.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai menstruasi tidak lancar, menstruasi tidak teratur, haid tidak teratur, haid tidak normal, siklus menstruasi, siklus menstruasi tidak teratur, siklus haid tidak teratur, haid tidak lancar, penyebab haid tidak lancar, penyebab menstruasi tidak teratur, tanda tanda menstruasi, tiba bulan tidak teratur, penyebab menstruasi tidak lancar, tanda-tanda menstruasi, kenapa haid tidak teratur, penyebab tiba bulan tidak teratur, penyebab haid tidak teratur, gangguan menstruasi, jawaban menstruasi tidak teratur dan kenapa haid tidak lancar.


Pengertian Haid

Haid yaitu pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium (Wknjosastro, 2008).  Panjang siklus haid yang normal atau dianggap sebagai suatu siklus yang klasik yaitu 28 hari , tetapi cukup bervariasi tidak sama untuk setiap perempuan (Guyton, 2006).

Lama haid biasanya antara 3-5 hari, ada yang 1-2 hari diikuti darah sedikit- sedikit dan ada yang hingga 7-8 hari. Jumlah darah normal yang keluar rata-rata 33,2 ± 16 cc. Rata-rata panjang siklus haid pada gadis usia 12 tahun ialah 25,1 hari, pada perempuan usia 43 tahun 27,1 hari dan pada perempuan usia 55 tahun ialah 51,9 hari.

Siklus Haid Tidak Teratur

Siklus menstruasi terdiri dari dua fase, fase di ovarium dan fase di endometrium (Ganong,2001; Guyton,2006 ; Sherwood, 2001). Menurut Cohen siklus menstruasi dibagi menjadi lima fase, yaitu fase awal folikuler, fase tamat folikuler, fase praovulasi dan ovulasi, fase awal luteal,dan fase tamat luteal.

Kelima fase ini sudah meliputi fase di ovarium dan di endometrium. Apabila siklus haid yang terjadi diluar keadaan normal, atau dengan kata lain tidak berada pada interval rujukan haid pada rentang waktu kurang dari 21 atau lebih dari 35 hari dengan interval pendarahan uterus normal kurang dari 3 atau lebih dari7 hari disebut siklus menstruasi/haid yang tidak teratur.

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai menstruasi tidak lancar Siklus dan Tanda-Tanda Haid (Menstruasi) Tidak Teratur atau Tidak Normal Beserta Penyebab dan Akibatnya
Gambar: Siklus Menstruasi Wanita

Penyebab haid tidak teratur

Gangguan Haid digolongkan atas 4 potongan yaitu kelainan banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid, kelainan siklus, perdarahan di luar haid, gangguan haid yang ada hubungannya dengan haid (Wknjosastro, 2008). 

Menurut Berek ada enam jenis gangguan menstruasi yang termasuk kedalam siklus menstruasi yang tidak teratur yaitu oligomenorea, polimenorea, menoragia, metroragia, menometroragia, hipomenorea. Variasi dari siklus menstruasi dan gangguan menstruasi sering terjadi 

Perubahan rujukan haid normalnya terjadi pada kedua ujung siklus haid ,yaitu waktu cukup umur dan menjelang menoupause. Dalam siklus haid masa cukup umur dan menjelang menoupase, dinding rahimnya hanya dirangsang pertumbuhannya oleh estrogen

Hanya hormon FSH saja yang dikeluarkan oleh kelenjar bawah otak. Akibatnya siklus haid tidak teratur. Wanita usia reproduktif banyak mempunyai problem menstruasi atau haid yang abnormal,seperti sindrom menstruasi dan menstruasi yang tidak teratur (Johnson,2004). 

Wanita-wanita usia reproduktif zaman modern menyerupai kini ini sering dihadapkan pada banyak sekali masalah-masalah psikososial, medis dan ekonomi, sehingga sanggup menjadikan stres bagi perempuan yang tidak bisa mengikuti keadaan dengan tekanan eksternal dan internal. Sehingga stres sanggup dikatakan sebagai faktor etiologi dari gangguan menstruasi.

Tanda-Tanda Haid (Menstruasi) Tidak Teratur 

Perdarahan biasa dari v@gin@ yaitu tanda utama dari menstruasi yang sehat. Tapi apa tanda-tanda dan tanda-tanda lainnya mengarah ke problem haid? 

1. Menstruasi yang normal 

Selama periode Anda, lapisan rahim dan darah ekstra yaitu gudang melalui v@gin@. Perdarahan v@gin@ yaitu tanda utama dari menstruasi. Beberapa perempuan mengalami tanda-tanda aksesori sekitar waktu menstruasi yang dianggap normal. Gejala normal menstruasi meliputi:
  • perut kembung
  • kram perut dan kram
  • kelelahan
  • mengidam makanan
  • sakit kepala atau migrain
  • perubahan suasana hati dan gampang tersinggung
  • sakit dada

2. Sindrom pramenstruasi (PMS) 

Penyakit menular secual. Jika salah satu tanda-tanda menstruasi normal berat, mereka mungkin menjadi tanda sindrom pramenstruasi (PMS). PMS yaitu sekelompok tanda-tanda yang biasanya terjadi satu atau dua ahad sebelum menstruasi dan normal selama siklus menstruasi. 

PMS sanggup meliputi tanda-tanda fisik dan emosional. PMS sanggup menghipnotis seorang perempuan dari segala usia yang mempunyai periode menstruasi. Jika tanda-tanda mengganggu gaya hidup Anda, Anda mungkin ingin mencari proteksi medis.

3. Abnormal menstruasi 

Wanita sanggup mengalami banyak sekali problem dengan masa mereka, termasuk kurangnya periode menstruasi, nyeri, perdarahan berat, dan melewatkan waktu. Hal ini penting untuk berbicara dengan dokter dalam perkara di mana siklus menstruasi Anda sepertinya rusak. Secara khusus, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika:
  • Anda berdarah antara periode
  • Anda berdarah berat (rendam lebih dari satu pad setiap 1-2 jam)
  • Anda berdarah selama lebih dari 7 hari
  • Anda mengalami sakit parah sebelum atau selama periode Anda
  • Anda pergi lebih dari 3 bulan antara periode
  • Menstruasi yang teratur kemudian menjadi tidak teratur
  • Periode Anda tiba-tiba berhenti
  • Anda tiba-tiba merasa sakit sesudah memakai tampon
  • Anda belum mulai menstruasi pada usia 16
Jika Anda mengalami tanda-tanda menstruasi berat, PMS ekstrim atau tanda-tanda menstruasi abnormal, menjadwalkan akad untuk melihat dokter Anda. 

Baca terus untuk mengetahui perihal penyebab problem haid dan tes diagnostik Anda sanggup meminta untuk mengkonfirmasi atau mengecualikan kondisi memungkinkan. Tinjau bagaimana mendiagnosa problem haid pada potongan berikutnya. (Ilmuginekologi)


Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Siklus Dan Gejala Haid (Menstruasi) Tidak Teratur Atau Tidak Normal Beserta Penyebab Dan Akibatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel