iklan

√ 10 Film Animasi Disney Yang Meraih Penghargaan Best Music

Let it go, let it go. Can’t hold it back anymore…. Hayo, siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi? Para pembaca Bacaterus niscaya sudah tidak asing lagi dengan lagu beken berjudul Let It Go dari Frozen, animasi produksi Disney yang tayang empat tahun lalu. Lagu ini berhasil meraih penghargaan Best Achievement in Music dari Academy Awards, lho!


Nah, tapi, sebelum Disney mengeluarkan animasi-animasi terkininya menyerupai Frozen, Tangled, Brave, dan lain-lain, Disney sudah punya banyak stok animasi klasik yang tidak kalah sukses, dengan lagu-lagu ikonis yang selalu bikin terngiang. Tidak hanya sukses di pasaran, lagu-lagunya juga berhasil meraih penghargaan Best Music di Academy Awards Amerika Serikat. Wah, penasaran, kan? Baca terus, ya!


1. Pinocchio (1940)


  siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Orang renta kadang mewanti-wanti anaknya agar tidak berbohong kalau tidak mau punya hidung panjang menyerupai Pinocchio. Boneka kayu yang lucu ini awalnya tidak sanggup berbohong, lho, alasannya yaitu sebelum sanggup bergerak dan hidup menyerupai manusia, Pinocchio hanyalah boneka kayu biasa.


Beruntung undangan Pak Geppetto untuk memiliki seorang anak lelaki jadinya dikabulkan oleh Peri Biru. Namun, Pinocchio harus sanggup mengambarkan diri dulu sebelum benar-benar diubah menjadi anak lelaki insan sungguhan.


Selain ceritanya yang sarat akan makna, animasi klasik tahun 40-an ini juga diisi oleh soundtrack yang legendaris. Salah satunya yaitu When You Wish Upon a Star, yang sanggup didengar sekilas di beberapa bunyi latar adegan pembukaan film-film Disney. Tidak salah jikalau Academy Awards menganugerahi Leigh Harline (penata musik) dan Ned Washington (penulis lirik) satu piala Oscar untuk lagu tersebut.


2. The Little Mermaid (1989)


 siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Animasi perihal seorang putri duyung dewasa yang rindu akan daratan ini hingga kini masih digandrungi banyak orang. Ariel yaitu salah satu dari deretan putri Disney yang tidak lekang oleh waktu, diidolakan oleh banyak sekali kalangan, begitu pula lagu-lagu pengisi kehidupannya selama film berlangsung.


Sayangnya, bukan lagu solo Ariel yang berhasil menyabet gelar juara di Academy Awards 1990, melainkan lagu up-beat yang dinyanyikan si kepiting kecil Sebastian. Namun, lagu Under the Sea yang catchy tidak kalah yummy didengar dan yummy untuk dinyanyikan, kok!


Alan Menken (penata musik) dan Howard Ashman (penulis lirik) berhasil membawa pulang masing-masing 1 piala Oscar untuk penghargaan Best Music, Original Song, dan 1 piala lagi bagi Alan Menken untuk penghargaan Best Music, Original Score.


3. Pocahontas (1995)


 siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Film animasi ini hingga kini masih menuai kritik dan perdebatan karena informasi rasisme yang masih kental di dalamnya. Meski begitu, animasi yang mengangkat kisah gadis Indian dan perjuangannya mempertahankan tanah leluhurnya dari serangan orang asing ini juga tetap menyenangkan dan menghibur.


Penonton diajak untuk mengetahui kebudayaan dan keragaman masyarakat Indian tak hanya dengan adegan-adegan di filmnya saja, tetapi juga dengan lagu-lagunya yang filosofis.


Tak ayal penghargaan Oscars pun memperlihatkan apresiasi dengan menganugerahi Colors of the Wind dua buah piala Oscar untuk Best Music, Original Song dan Original Musical. Lagu yang dinyanyikan Judy Kuhn sebagai pengisi bunyi nyanyian Pocahontas ini memang membawakan pesan kultural yang kuat, dan untuk itu, Alan Menken berhasil membawa pulang 2 piala lagi, begitu pula Stephen Schwartz sebagai penulis lirik lagu ini.


4. Aladdin (1992)


 siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Siapa yang belum kenal Aladdin dan jinnya? Persahabatan insan dan jin ini terjalin saat Aladdin secara tidak sengaja mendapatkan lampu asing kawasan tinggal Jin. Tentu saja Aladdin diberi 3 permintaan, salah satunya ia gunakan untuk membuatnya kaya raya sehingga sanggup melamar putri raja. Siapa sangka ternyata Jasmine, sang putri, tidak begitu peduli pada harta kekayaan?


Namun, sehabis Aladdin yang menyamar sebagai Pangeran Ali mengajaknya jalan-jalan naik karpet terbang untuk mengelilingi dunia, Jasmine pelan-pelan jadinya terpincut juga. Bersama-sama, mereka pergi ke seluruh penjuru dunia sambil menyanyikan lagu yang niscaya sudah tidak asing ditelinga. Yup, A Whole New World!


Lagu ikonis yang asyik dinyanyikan untuk duet di karaoke ini berhasil menyabet 2 piala Oscar untuk Best Music, Original Song dan Original Score pada tahun 1993. Lagi-lagi, Alan Menken sebagai penata musik mendapatkan 2 piala, dan Tim Rice sebagai penulis lirik mendapatkan 1 piala. Keren, ya!


 5. Tarzan (1999)


 siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Pemuda hutan yang gemar bergelayut di akar gantung pepohonan ini niscaya sudah tidak asing lagi. Ceritanya sudah diubahsuaikan oleh banyak sekali pihak, termasuk studio Disney sendiri yang menciptakan versi lain, dengan George dari hutan sebagai bintang film utama. Akan tetapi, dongeng Tarzan, kelompok gorilanya, dan Jane masih tetap diminati dan tidak terlupakan hingga sekarang, begitu pula dengan lagu-lagu pengisinya.


Film animasi ini, menyerupai yang lainnya, sukses mendapatkan penghargaan Best Music, Original Song untuk Phil Collins dan lagunya You’ll be in My Heart. Lagu ini juga sudah di-cover oleh beberapa artis alasannya yaitu naturnya yang gampang didengarkan, salah satunya oleh penyanyi Usher. Ada yang belum pernah dengar lagunya? Wah, ayo segera cek dan dengarkan!


6. Beauty and the Beast (1991)


 siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Sebelum kalian menonton versi live action-nya yang diproduksi awal tahun 2017, ini yaitu versi orisinalnya. Cerita dan karakter-karakternya yang menarik pun tidak kalah dengan film penyesuaian yang terbaru, terlebih alasannya yaitu film animasi ini yaitu versi animasi klasiknya.


Selain mengangkat kembali nama Disney pada awal tahun 1991, Beauty and the Beast juga berhasil menambahkan deretan piala Oscar yang diraih studio Disney dengan lagu legendarisnya yang berjudul sama.


Lagu yang dibawakan oleh Celine Dion dan Peabo Bryson ini masih terkenal hingga sekarang. Meskipun sudah dinyanyikan lagi oleh Ariana Grande dan John Legend di versi tahun 2017, beberapa kalangan masih tetap setia mendengarkan versi aslinya. Karya Alan Menken dan Howard Ashman ini menciptakan duo penata musik dan penulis lirik itu mendapatkan gelar pemenang dan membawa pulang 2 piala lagi.


7. The Lion King (1994)


 siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi √ 10 Film Animasi Disney yang Meraih Penghargaan Best Music


Perjalanan Simba yang harus menghadapi peristiwa di usia muda dan diasingkan dari kampung halamannya tidak hanya menciptakan para penonton berkaca-kaca, tapi juga ikut bernyanyi dengan sukacita. Yup, nyaris seluruh lagu yang terdapat di film berkarakter binatang ini benar-benar easy-listening dan asyik untuk dinyanyikan sama-sama. Tidak heran, dong, jikalau Academy Awards pun mengapresiasinya.


Dua lagu di film ini berhasil masuk 1 nominasi Best Music, Original Song secara bersamaan, lho! Meskipun Circle of Life dan Hakuna Matata tidak berhasil membawa pulang piala, ada Can You Feel the Love Tonight yang menjadi andalan. Alhasil, Elton John (penata musik) dan Tim Rice (penulis lirik) pun berhasil pulang ke rumah sebagai pemenang. Salut, deh!


Nah, kalau penasaran, ayo segera dengarkan lagu-lagu yang sudah diulas di atas. Jangan salahkan kalau kalian terngiang terus dan tidak sanggup berhenti bernyanyi, ya. Hihihi. Yuk, bagikan komentar kau di bawah!



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Film Animasi Disney Yang Meraih Penghargaan Best Music"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel