iklan

Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Kelebihan Dan Kekurangan Emas Untuk Investasi

Hidup di dunia harus penuh dan punya perhitungan. Pasalnya, hidup tanpa perencanaan bukanlah hidup yang baik, alasannya yaitu binatang hidup tanpa mempunyai perencanaan, kan? Itulah mengapa membiarkan hidup mengalir mirip air sama artinya dengan menentukan hidup yang terombang-ambing dengan tujuan tak jelas. Jika sanggup direncanakan dan baik hasilnya, saatnya merencanakan hidup. Investasi merupakan salah satu bentuk perencanaan untuk hidup yang lebih baik. Dan menentukan emas sebagai investasi? Ibu-ibu harus pahami betul-betul kelebihan dan kekurangannya.


Simak klarifikasi berikut untuk lebih jelasnya!


Bagi ibu-ibu, mempunyai emas mengandung beberapa makna sekaligus. Pertama, sebagai mengambarkan bahwa dirinya mempunyai hidup yang berkecukupan, dibuktikan dengan gugusan emas yang menggantung sebagai aksesori di hampir semua bab tubuh, bahkan jari-jemarinya pun penuh dengan cincin emas. kedua, sebagai tabungan yang sangat mempunyai kegunaan jikalau sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Emas sebagai aset mempunyai likuiditas yang sangat tinggi, artinya sanggup diuangkan kapan pun dibutuhkan.


Memilih emas sebagai aksesori dan tabungan ada tantangan tersendiri. Salah satunya yaitu bagaimana menentukan emas menurut warna emas tersebut. Ibu-ibu masa kini harus paham bahwa warna emas bukan melulu kekuningan sebagaimana yang banyak dijual di pasaran. Ternyata, emas mempunyai warna-warna lainnya. Lalu, apa pentingnya ini? Ya, warna emas ternyata memperlihatkan kadar dari emas tersebut.


Hidup di dunia harus penuh dan punya perhitungan Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Emas untuk Investasi1. Emas Kuning


Warna kuning sebagai warna emas sudah niscaya banyak diketahui oleh ibu-ibu, baik ibu-ibu masa kini atau ibu-ibu terdahulu. Kuning memang warna alami emas. Akan tetapi, aksesori emas berwarna kuning bukan otomatis emas murni. Pasalnya warna kuning dari emas didapat dari adonan dengan metal lain mirip zink dan tembaga.


#IbuIbuZamanNow yang tetap ingin tampil klasik menentukan emas kuning sebagaimana yang dilihatnya dari ibunya dahulu. Warnanya yang tidak kenal zaman menciptakan emas kuning cocok digunakan terutama untuk program khusus.


 


Hidup di dunia harus penuh dan punya perhitungan Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Emas untuk Investasi


2. Emas Putih


Ibu-ibu yang tidak terlalu ingin terekspos ketika memakai aksesori berbahan emas biasnya menentukan emas putih untuk dikenakan. Warnanya yang sepintas mirip perak membuatnya tidak terlalu mencolok sehingga ibu-ibu tidak terlalu waswas menggunakannya sehari-hari.


Adapun warna putih pada emas putih dihasilkan dari adonan mangan, tembaga, seng, dan nikel. Agar lebih keluar kilaunya ditambahkan pula lapisan Rhodium. Emas putih sangat cocok untuk #IbuIbuZamanNow yang tetap ingin mengenakan aksesori berbahan emas namun tetap ingin tampil elegan. Meski tak mencolok dibanding emas kuning, harga emas putih jauh di atas emas kuning!Hidup di dunia harus penuh dan punya perhitungan Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Emas untuk Investasi


3. Rose Gold


Popularitas emas berwarna rose gold makin ke sini makin diminati oleh ibu-ibu. Warna rose gold hampir serupa dengan warna merah muda atau pink. Emas rose gold dihasilkan dari adonan tembaga.


#IbuIbuZamanNow yang menginginkan nuansa romantis sangat cocok dengan rose gold ini. Bisa dibilang inilah warna pertengahan bagi ibu-ibu yang tetap ingin mengenakan emas sebagai aksesori berwarna khas namun tidak terlalu mencolok.


Di samping ketiga warna favorit di atas, ternyata ada banyak warna lainnya dari emas namun gaungnya kurang dibanding ketiga warna kesukaan ibu-ibu tersebut, antara lain:



  • Emas Hitam. Warna hitam dibentuk dengan banyak sekali Sederhananya yaitu melapisi emas dengan senyama kimia mirip rhodium hitam. Cara lainnya sanggup dengan mengubah warna emas dengan adonan cobalt, tembaga, titanium atau besi dengan memakai panas sehingga permukaan emas akan teroksidasi.

  • Emas Hijau. Warna emas dibentuk dari adonan perak dan terkadang cadmium. Sebenarnya, warna hijau pada emas hijau tidaklah begitu terlihat. Warna emas hijau lebih sering terlihat mirip emas kuning dengan bayangan kehijauan.

  • Emas Abu-Abu. Warna abu-abu dibentuk dari mencampur emas murni dengan tembaga, perak, dan mangan.

  • Emas Ungu. Warna ungu didapat dengan mencampur aluminium dan emas murni. Akan tetapi, emas ungu tidaklah tahan usang mirip emas pada umumnya, lantaran adonan pada emas ungu cenderung rapuh.

  • Emas Biru. Warna biru didapat dari memroduksi emas biru yaitu mencampurkan indium dengan emas putih. Sama halnya dengan emas ungu, emas biru juga tidak tahan lama. Cara lain untuk menciptakan emas biru yaitu mencampurkan emas dengan besi atau rhodium.


 


SETELAH mengetahui fisik emas dengan warna-wana tersebut, ibu-ibu masa kini kudu paham fungsi emas yang utama lainnya, yakni sebagai sarana untuk investasi. Tentu, mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis emas akan lebih memudahkan.


Secara umum, bentuk-bentuk emas terdiri dari beberapa macam, mirip aksesori emas, koin emas, emas batangan atau lantakan, akta emas, saham tambang emas, sampai kontrak emas berjangka. Meski demikian, aksesori emas, koin emas, dan emas batangan merupakan bentuk emas yang biasa dijadikan investasi oleh masyarakat kita.


Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan masing-masing? 



Kelebihan dan Kekurangan Emas sebagai Perhiasan


Sebagai perhiasan, emas akan sulit memperlihatkan hasil investasi yang menghasilkan. Lain halnya jikalau menjadikannya investasi jangka panjang. Mengapa emas kurang cocok untuk investasi jangka pendek tentu dikarenakan biaya yang ditimbulkan di awal, yaitu ongkos pembuatan emas yang tak murah.


Kelebihan



  • Di samping digunakan sebagai perhiasan, emas yang dikenakan juga sanggup dijual untuk kebutuhan mendesak lainnya.


Kekurangan



  • Ongkos pembuatan aksesori yang biasanya tak murah. Terutama cincin bagi mereka yang mempunyai lingkar jari tak biasa, entah terlalu kecil atau terlalu besar dari ukuran umum. Ketika dijual, ongkos pembuatan emas tidak dianggap. Tentu saja ini menjadi penggalan yang tidak mengecewakan besar.

  • Dibebani PPN (Pajak Pertambahan Nilai).

  • Membeli emas di suatu kawasan dan menjualnya di kawasan lainnnya mempunyai tantangan sendiri. Ada toko yang masih mau mendapatkan dan ada toko yang sama sekali menolaknya.

  • Model dan ukuran aksesori juga mempengaruhi. Selera setiap orang tentu berbeda dengan orang lain, demikian pula soal perhiasan.


 


Kelebihan dan Kekurangan Koin Emas


Koin emas selain mempunyai nilai intristik juga mempunyai nilai ekstrinsik berupa kelangkaan. Sebagai pilihan investasi, koin emas juga ada yang berupa seri koleksi. Di Inonesia, seri koin emas antara lain seri shio dan seri binatang.


Selain sanggup dilirik oleh ibu-ibu untuk dijadikan investasi, koin emas banyak diminati oleh investor.


Kelebihan



  • Koin emas mempunyai sifat gampang dijumlahkan dan dibagi (unit account).

  • Koin emas sangat gampang untuk diperjualbelikan.

  • Memiliki nilai jual kembali yang tinggi lantaran mengikuti perkembangan harga emas internasional.

  • Tidak terkendala model dan ukuran ketika dijual kembali.


Kekurangan



  • Dikenakan PPN sebesar 10 persen lantaran koin emas dianggap sebagai perhiasan.

  • Adanya biaya pembuatan koin emas yang relatif tinggi antara tiga sampai lima persen.


 


Kelebihan dan Kekurangan Emas Batangan (Lantakan)


Emas batangan atau emas lantakan dianggap sebagai investasi emas yang paling menguntungkan dibanding emas sebagai aksesori dan koin emas. Hal ini dikarenakan emas batangan (lantakan) tidak dibebani ongkos pembuatan.


Di mana ibu-ibu sanggup mendapatkan emas batangan ini? Toko emas, perum pegadaian, kolektor emas, yaitu kawasan yang sempurna untuk mendapatkannya.


Kelebihan



  • Tidak dikenai PPN.

  • Memiliki akta sehingga sanggup dijual di mana saja dan kapan saja sesuai harga emas internasional.

  • Tidak ada biaya cetak untuk pembelian emas batangan dalam unit satu kiloan.

  • Nila jual kembali yang tinggi lantaran mengikuti harga emas internasional.


Kekurangan



  • Sulitnya menguangkan ketika ingin dijual dalam satuan lebih kecil. Misalnya kau mempunyai emas batangan seberat satu kilogram dan hanya ingin menjualnya seberat 100 gram, maka 900 gram sisanya akan dipecah ke dalam emas batangan yang kecil-kecil.

  • Biaya cetak lebih tinggi. Untuk ukuran emas seberat 5 sampai 10 gram dikenai biaya cetak yang cukup tinggi.

  • Sulitnya jikalau ingin tukar-menukar atau jual-beli ke sesama penggemar emas mengingat ukuran emas batangan yang besar.


 


Bagaimana ibu-ibu masa kini sehabis mengetahui jenis-jenis emas dari warnanya dan jenis emas menurut kelebihan dan kekurangannya, ada pecerahan atau justru tambah bingung? Jangan galau lantaran sekarang, ada #CaraCerdasBeliEmas hanya melalui aplikasi di smartphone kalian! Tamasia menjawab semuanya untuk akomodasi membeli emas secara mudah, murah, dan sesuai syariah.



Sumber https://www.tamasia.co.id

0 Response to "Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Kelebihan Dan Kekurangan Emas Untuk Investasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel