iklan

Macam-Macam Sistem Dan Panca Indtra Pada Insan Beserta Fungsinya

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai alat indra pada manusia, sistem indra pada, manusiaalat pendengaran manusia, panca indra manusia, macam macam indra manusia, panca indra mata, panca indra telinga, panca indra kulit, panca indra hidung dan fungsinya.



Sistem Indera pada Manusia

Indera insan terdiri atas organ-organ badan yang sangat peka terhadap rangsangan tertentu. Ada lima macam indera pada manusia, yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Kamu tidak absurd dengan alat indera insan tersebut.

Apakah kelima alat indera yang kau miliki berfungsi dengan baik? Bagaimana cara mengetahuinya bila kelima alat indera tersebut tidak berfungsi dengan baik?

Kelima alat indera ini akan berfungsi dengan baik jika: saraf-saraf yang berfungsi membawa rangsangan bekerja dengan baik, otak sebagai pengolah warta bekerja dengan baik, alat-alat indera tidak mempunyai kelainan bentuk dan fungsinya.

Macam-Macam Alat Indra Pada Manusia

Kamu akan berguru lebih mendalam wacana alat-alat indera yang kau miliki pada klarifikasi berikut.

1. Mata

Kamu sudah tahu kalau mata insan ada dua dan berfungsi untuk melihat. Bagaimana cara kerja mata hingga mata kita sanggup melihat dengan jelas? Adakah faktor-faktor yang kuat terhadap kerja mata? Mata ialah organ penglihatan yang mendapatkan rangsangan berupa cahaya.

2. Telinga

Telinga merupakan alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa gelombang suara. Telinga insan bisa mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20-20.000 Hz. Tahukah kau fungsi dari telinga? Selain sebagai alat pendengaran, indera pendengaran juga berfungsi menjaga keseimbangan badan manusia.

3. Hidung

Hidung ialah alat indera yang menanggapi rangsangan berupa amis atau zat kimia yang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus (silia olfaktori) di ujungnya dan diliputi oleh selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.

4. Lidah

Lidah ialah alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa zat kimia larutan. Lidah mempunyai otot yang tebal, permukaannya dilindungi oleh lendir dan penuh dengan bintil-bintil.

5. Kulit

Kulit ialah alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa sentuhan, tekanan, panas, dingin, dan nyeri atau sakit. Kepekaan tersebut disebabkan lantaran adanya ujung-ujung saraf yang ada pada kulit.


Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Macam-Macam Sistem Dan Panca Indtra Pada Insan Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel