iklan

√ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Manis Yang Mistis

Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja. Di Lombok juga terdapat gunung yang populer dengan pemandangannya yang sangat cantik, yaitu Gunung Rinjani. Pemandangan paling fenomenal dari gunung ini ialah danau kawah Segara Anak yang dilihat dari ketinggian. Tak heran bila hingga ketika ini Gunung Rinjani masih menjadi favorit bagi para pendaki.


Di balik pesona kecantikan Gunung Rinjani, ternyata ada beberapa kisah mistis yang menaungi gunung ini. Bacaterus sudah merangkum semua dongeng misteri Gunung Rinjani dalam goresan pena berikut ini.


Asal-usul Gunung Rinjani


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

* sumber: kicknews.today


Sampai ketika ini banyak masyarakat yang mengartikan nama Gunung Rinjani diambil dari Bahasa Jawa kuno, yakni “Rinjan” yang artinya Tuhan. Masyarakat percaya bahwa di atas gunung berketinggian 3.726 meter di atas permukaan maritim ini, kita sanggup berdoa secara lebih bersahabat dengan Tuhan.


Namun, misteri Gunung Rinjani yang paling sering beredar di masyarakat ialah kisah seorang putri raja yang manis berjulukan Anjani. Dikisahkan bahwa Anjani jatuh cinta kepada laki-laki miskin dari kalangan yang biasa-biasa saja. Hal tersebut tentu saja ditentang oleh raja dan ratu yang merupakan orang renta Anjani. Akhirnya, Anjani tetapkan untuk bersemedi di sebuah gunung yang berada di Lombok.


Kala itu, jin-jin yang berada di gunung tetapkan untuk mengangkat Anjani sebagai penguasa gunung tersebut. Anjani hilang dan tidak pernah kembali lagi ke kerajaan. Konon, dia telah bermetamorfosis sebagai Dewi Anjani, sang penguasa Gunung Rinjani.


Di waktu-waktu tertentu, beberapa pendaki mengaku pernah melihat penampakan bangunan ibarat istana di Segara Muncar, kaldera lautan abu di puncak ke arah tenggara. Menurut masyarakat sekitar itu ialah istana mistik Dewi Anjani yang dianggap sebagai penguasa di gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini.


Membaca umur di Segara Anak


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

* sumber: www.trekkingrinjani.com


Daya tarik dari Gunung Rinjani tak lepas dari pesona danau kawah Segara Anak yang sangat mempesona. Kecantikan Segara Anak memang sering diabadikan dalam lensa kamera. Akan tetapi, ada mitos yang beredar di kalangan pendaki bahwa Anda sanggup membaca umur sendiri melalui Segara Anak.


Apabila danau ini terlihat luas di mata kita, maka itu artinya umur kita akan panjang. Sementara itu, bila danau ini terlihat sempit, maka usia kita tidak usang lagi. Benar atau tidaknya kepercayaan ini hanyalah sebuah mitos. Sisi positifnya, kita diingatkan untuk selalu berbuat baik alasannya kita tidak tahu hingga kapan akan hidup di dunia.


Pemukiman jin di Gunung Baru


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

* sumber: appreciategoods.com


Jika Ada memandang ke Segara Anak, terdapat sebuah gunung kecil yang berada di tengah-tengah danau tersebut. Itu ialah Gunung Baru yang terjadi alasannya kegiatan Gunung Rinjani. Meskipun ukurannya sangat kecil, Gunung Baru terlihat sesekali mengeluarkan asap gunung berapi.


Sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Rinjani percaya bahwa Gunung Baru ialah daerah bermukimnya para jin yang tinggal di Gunung Rinjani. Konon, jin-jin tersebut hendak membangun sesuatu di atas Gunung Baru ini. Hal ini terlihat dari batuan yang tersusun sangat rapi di kaki Gunung Baru.


Gua Susu untuk menyempurnakan ilmu gaib


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

* sumber: otongmarutong.blogspot.co.id


Bukan cuma Alas Purwo yang menjadi daerah untuk menyempurnakan ilmu gab, sebuah gua di Gunung Rinjani juga menjadi daerah bagi golongan tertentu yang ingin menyempurnakan ilmu supranaturalnya. Misteri Gunung Rinjani yang kali ini berafiliasi dengan ilmu gaib. Ada sebuah gua yang berjulukan Gua Susu di Gunung Rinjani yang memang menjadi daerah untuk menyempurnakan ilmu gaib.


Kesan menakutkan sanggup pribadi terasa ketika Anda memasuki pintu Gua Susu. Di depan pintu banyak digantung kain-kain putih yang biasanya digunakan untuk peribadatan golong tertentu di Gua Taman yang letaknya memang tidak jauh dari Gua Susu.


Nah, Gua Susu ini sering menjadi daerah bersemedi bagi orang-orang yang ikan meningkatkan ilmu supranaturalnya. Akan tetapi, tidak semua orang sanggup bersemedi di sini. Jika seseorang tersebut mempunyai niat jahat, maka orang itu sanggup meninggal di Gua Susu yang suhunya sangat panas alasannya bersahabat dengan sumber air panas.


Area terlarang di Gunung Rinjani


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

* sumber: liburmulu.com


Mitos seputar area terlarang di Gunung Rinjani ini memang belum niscaya benar keberadaannya. Mitos ini hanya beredar di kalangan pendaki dan juru kunci gunung ini. Pada awalnya, misteri Gunung Rinjani seputar area terlarang ini memang belum sanggup dibuktikan. Sampai suatu ketika ada seorang pendaki yang nekat untuk menunjukan bahwa mitos ini tidak benar.


Dengan perbekalan yang lengkap dan sejumlah alat navigasi yang canggih, pendaki ini nekat untuk memasuki area terlarang itu seorang diri. Ia percaya bahwa insan ialah mahluk yang paling mulia di muka bumi sehingga sanggup memasuki daerah apapun yang diinginkan. Namun nahas, pendaki ini tidak pernah kembali. Bahkan, jasadnya pun tidak pernah ditemukan.


Menurut paranormal sekitar, pendaki ini telah hidup di alam jin alasannya sudah nekat melanggar mitos yang sudah dipecaya semenjak usang itu. Bacaterus juga belum sanggup menemukan posisi niscaya area terlarang di Gunung Rinjani itu. Apakah Anda sendiri berniat untuk turut membuktikannya?


Ibadah dan ritual Gunung Rinjani


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

* sumber: www.qodri.com


Gunung Rinjani sangat kental dengan daya magisnya yang sangat misterius. Beberapa golongan penganut paham tarekat menunaikan ibadah haji ke Gunung Rinjani.


Di samping itu, misteri Gunung Rinjani yang dihuni oleh Dewi Anjani juga menjadi alasan mengapa hingga kini banyak yang mengadakan upacara moral di puncak Rinjani. Konon, puncak gunung ialah daerah tinggal bagi penguasa Gunung Rinjani dari kerajaan jin yang baik.


Upacara ritual ini digelar untuk menghormati Dewi Anjani yang menjaga Gunung Rinjani. Oleh alasannya itu, puncak gunung dianggap sebagai daerah suci bagi masyarakat sekitar.


Masyarakat Sasak Lombok menyampaikan bahwa bergotong-royong puncak Gunung Rinjani yang sesungguhanya tidak pernah terjangkau oleh manusia. Pasalnya, puncak yang ketika ini kita lihat ialah puncak semu. Hal ini terjadi karena puncak Gunung Rinjani yang sesungguhnya ialah daerah bagi kerajaan mistik Dewi Anjani.


Hantu penarik kaki pendaki


Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja √ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis


Pengalaman mengenai mahluk mistik yang kerap kali menarik kaki pendaki ini pernah dialami oleh beberapa orang pendaki. Di rute pendakian dari Segara Anak ke Plawangan Senaru terdapat trek kerikil yang di sampingnya ialah bibir tebing. Ketika melalui trek ini, kaki akan ibarat tertarik ke bawah.


Seorang pendaki pernah mengalami insiden ini. Padahal, sehari sebelumnya pendaki asal Malaysia tewas terjatuh ke pinggir tebing di samping trek ini. Usut punya usut ternyata ada mahluk mistik yang suka menarik kaki pendaki supaya terjatuh.


Adanya beberapa dongeng misteri Gunung Rinjani ini tidak lantas menciptakan nyali para pendaki surut untuk menaklukkan puncak gunung berapi kedua tertinggi sehabis Gunung Kerinci ini. Demi keselamatan Anda dan rekan pendakian lainnya, sebaiknya mulailah pendakian dengan berdoa terlebih dahulu. Jangan biarkan pikiran kosong ketika mendaki dan hindari berbicara yang tidak sopan ketika mendaki gunung mana pun.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Misteri Gunung Rinjani, Gunung Manis Yang Mistis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel