iklan

Pengertian Bagian-Bagian Dan Fungsi Indera Pendengaran Sebagai Alat Pendengaran Manusia

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai alat pendengaran telinga, fungsi gendang telinga, alat pendengaran manusia, alat pendengaran telinga, fungsi rumah siput, pengertian telinga, fungsi indera pendengaran dan bab pecahan telinga.

 Telinga

Telinga merupakan alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa gelombang suara. Telinga insan bisa mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20-20.000 Hz.

Tahukah kau fungsi dari telinga? Selain sebagai alat pendengaran, indera pendengaran juga berfungsi menjaga keseimbangan badan manusia.

a. Bagian-bagian telinga

Pernahkah kau memperhatikan indera pendengaran temanmu? Apakah indera pendengaran temanmu terdiri atas beberapa bagian? Coba kau perhatikan gambar berikut.

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai alat pendengaran indera pendengaran Pengertian Bagian-Bagian dan Fungsi Telinga Sebagai Alat Pendengaran Manusia
Gambar: Bagian-bagian indera pendengaran manusia

Telinga insan sanggup dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu bab luar, bab tengah, dan bab dalam.

1) Telinga bab luar

Telinga bab luar terdiri atas:

  • 􀂙 Daun telinga, berfungsi untuk menampung getaran.
  • 􀂙 Saluran indera pendengaran luar atau lubang telinga, berfungsi menyalurkan getaran.
  • 􀂙 Kelenjar minyak, berfungsi menyaring udara yang masuk sebagai pembawa gelombang suara.
  • 􀂙 Membran timpani atau selaput gendang, berfungsi mendapatkan dan memperbesar getaran suara.

2) Telinga bab tengah

Telinga bab tengah terletak di sebelah dalam membran timpani. Fungsi dari indera pendengaran bab tengah yaitu untuk meneruskan getaran dari bunyi indera pendengaran bab luar ke indera pendengaran bab dalam. Pada indera pendengaran tengah terdapat terusan Eustachius dan tiga tulang pendengaran.
􀂙
🔘 Saluran Eustachius, berfungsi untuk mengurangi tekanan udara di indera pendengaran tengah sehingga tekanan udara di luar dan di dalam akan sama. Keseimbangan tekanan ini akan menjaga gendang indera pendengaran semoga tidak rusak. Saluran ini akan tertutup dalam keadaan biasa, dan akan terbuka kalau kita menelan sesuatu.

􀂙🔘 Tulang pendengaran, berfungsi untuk mengantarkan dan memperbesar getaran ke indera pendengaran bab dalam. Tulang pendengaran ada tiga, yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Tulangtulang ini menghubungkan gendang indera pendengaran dan tingkap jorong.

3) Telinga bab dalam

Telinga bab dalam berfungsi mengantarkan getaran bunyi ke sentra pendengaran oleh urat saraf. Penyusun indera pendengaran bab dalam yaitu sebagai berikut.

  1. 􀂙 Tingkap jorong, berfungsi mendapatkan dan memberikan getaran.
  2. 􀂙 Rumah siput, berfungsi menerima, memperbesar, dan memberikan getaran bunyi ke saraf pendengaran. Di dalam terusan rumah sifut terdapat cairan limfe dan terdapat ujung-ujung saraf pendengaran.
  3. 􀂙 Tiga terusan setengah lingkaran, berfungsi sebagai alat untuk mengetahui posisi badan dan menjaga keseimbangan



Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Bagian-Bagian Dan Fungsi Indera Pendengaran Sebagai Alat Pendengaran Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel