iklan

Pengertian Dan Penyebab Rabun Jauh Dan Rabun Bersahabat Pada Mata Manusia

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai  penyebab mata minus, mata kabur, tanda-tanda mata minus, pengertian rabun dekat, penyebab rabun dekat, pengertian rabun jauh, penyebab rabun jauh, pengertian rabun jauh dan rabun bersahabat dan macam macam penyakit mata.


Gangguan pada mata

Pernahkah kau menjumpai anak pakai beling mata? Tahukah kau mengapa anak tersebut pakai beling mata? Keadaan mata setiap anak berbeda-beda. Ada mata normal dan mata tidak normal. Mata tidak normal berarti memiliki kelainan.

Bagaimana tanda-tanda orang bila matanya memiliki kelainan? Apakah orang tersebut sanggup melihat dengan jelas? Seseorang tidak bisa melihat suatu benda yang seharusnya sanggup dilihat dengan mata normal, itu bertanda mata orang tersebut mengalami gangguan berupa kelainan pada mata. Orang yang bisa melihat dengan normal tanpa pinjaman beling mata disebut emetropi. Ada beberapa kelainan pada mata, yaitu:

1) Rabun dekat

Rabun bersahabat disebut hipermetropi. Rabun bersahabat ialah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat. Hal ini disebabkan oleh ukuran bola mata yang pendek sehingga bayangan jatuh di belakang retina.

Kebiasaan membaca buku terlalu bersahabat dan sambil tiduran akan mempercepat timbulnya cacat mata. Rabun bersahabat sanggup diatasi dengan memakai beling mata berlensa cembung. Lensa cembung merupakan lensa positif
Pembahasan kali ini akan membahas mengenai  Pengertian dan Penyebab Rabun jauh dan Rabun Dekat Pada Mata Manusia
Gambar: Bayangan benda jauh di belakang retina.


2) Rabun jauh

Rabun jauh ialah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang berjarak jauh. Rabun jauh disebut miopi. Apa penyebab rabun jauh?

Penyebab rabun jauh ialah ukuran bola mata terlalu panjang dari ukuran normal sehingga bayangan benda jatuh di depan retina. Rabun jauh sanggup diatasi dengan memakai beling mata berlensa cekung. Lensa cekung merupakan lensa negatif.

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai  Pengertian dan Penyebab Rabun jauh dan Rabun Dekat Pada Mata Manusia
Gambar: Bayangan benda jauh di depan retina

3) Rabun jauh dan dekat

Rabun jauh dan bersahabat disebut juga presbiopi atau rabun tua. Mengapa presbiopi dikatakan rabun tua? Karena kelainan mata ini biasanya diderita oleh orang yang sudah renta atau kira-kira berumur di atas 45 tahun.

Penderita presbiopi tidak bisa melihat benda yang terlalu jauh dan terlalau dekat. Supaya penderita presbiopi sanggup melihat dengan jelas, maka diharapkan beling mata rangkap, yaitu beling mata cembung dan cekung.


Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Dan Penyebab Rabun Jauh Dan Rabun Bersahabat Pada Mata Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel