iklan

✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-Jenis Dan Rujukan Puisi

Puisi – Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah, baik yang lagi kasmaran maupu yang lagi bingung yang dirangkumkan dalam bentuk karya seni yang indah dan diungkapkan dengan alunan yang menyentuh hati. Nah untuk lebih jelasnya, kali ini kita bahas ihwal pengertian puisi berdasarkan para ahli, Unsur, jenis-jenis dan juga contohnya,


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi




  • Pengertian 




   Secara etimologis,  kata Puisi diambil dari bahasa yunani yang berasal dari kata proses yang artinya ialah penciptaan atau menciptakan.  Dalam bahasa inggris, kesamaan kata ini adalah poetry yang erat dengan poet dan poem. Mengenal kata poet berdasarkan Coulter (Tarigan,1986:4) menjelaskan bahwa kata poet berasal dari bahasa yunani yang mempunyai arti membuat atau membuat. Dalam bahasa Yunani sendiri, kata poet berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya, orang yang hampir-hampir ibarat tuhan atau yang amat suka kepadanya dewa-dewa. Dia yaitu orang yang berpengelihatan tajam, orang suci, yang sekaligus merupakan filsuf, Negarawan, Guru, orang yang sanggup menebak kebenaran yang tersembunyi.




  • Puisi Menurut Para Ahli





  1. Samuel Taylor: Coleridge Merupakan kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair menentukan kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-bainya. Misalnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur yang lain sangat erat berhubungannya, dan sebagainya.

  2. Carlyle: Merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair membuat itu memikirkan bunyi-bunyi yang merdu sepeti musik dalam puisinya, kata-kata disusun begitu rupa hingga yang meonjol yaitu rangkaian bunyinya yang merdu mirip musik, yaitu dengan memakai orkestra bunyi.

  3. Wordsworth: yaitu pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkam atau diangankan. Adapun auden mengemukakan bahwa puisi itu lebih merupakan pernyataan perasan yang bercampur-campur.

  4. Dunton: merupakan pemikiran insan secara kasatmata dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama. Misalnya, dengan kiasan, dengan citra-citra, dan disusun secara artistik contohnya selaras, simetris, pemilihan kata-kata yang tepat, dan sebagainya. Bahasa yang dipakai harus penuh perasaan hati, serta berirama mirip musik (pergantian bunyi kata-katanya berurut-urut serta teratur.

  5. Shelley: yaitu rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup. Misalnya saja peristiwa-peristiwa yang sangat mengesankan dan menimbulkan keharuan yang berpengaruh mirip kebahagiaan, kegembiraan yang memuncak, percintaan, bahkan kesedihan alasannya yaitu maut seseorang yang sangat dicintai. Semuanya merupakan detik-detik yang paling indah untuk direkam.


dari definisi-definisi di atas memang seolah terdapat perbedaan pemikiran, namun tetap benang merah, Shahnon ahmad (Pradopo, 1993:7) menyimpulkan bahwa pengertian puisi di atas terdapat garis-garis besar ihwal puisi itu sebenarnya. Unsur-unsur itu berupa emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan panca indera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur-campur.




  • Unsur-unsur




Disaat kita akan membuat tentunya kita harus sanggup mengetahui unsur-unsur puisi. unsur ini dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu unsur intrinsik dan unsur eksrtinsik. berikut ini klarifikasi ihwal unsur-unsur tersebut yaitu.


A. Unsur Intrinsik


Unsur intrinsik yaitu unsur yang terdalam di dalam karya sastra. Unsur intrinsik terbagi menjadi dua yaitu unsur batin dan unsur fisik.


Tema

adalah pokok pikiran dasar untuk membuatkan dan membuat puisi.


Rasa

yaitu perilaku penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalamnya pengungkapan tema dan rasa kaitannya dengan latar belakang sossial dan psikologi penyair. Misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia pengalaman sosiologis, psikologis dan pengetahuan.


Nada

Yaitu perilaku terhadap pembacanya. Nada juga bekerjasama dengan tema dan rasa. Penyair sanggup memberikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, menyerahkan persoalan begitu saja kepada pembaca, dengan nada sombong, menganggap kolot dan dan rendah pembaca dan sebagainya.


Amanat

yaitu pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.


Gaya Bahasa

Dalam sebuah puisi akan banyak dijumpai rangkaian kata yang bersifat konotatif, berlebihan, ataupun terkesan merendah diri. Inilah yang disebut dengan gaya bahasa. Biasanya tiap penulis cenderung mempunyai gaya bahasa  sendiri, yang paling dilihat melalui majas-majas, mirip personifikasi, metafora, eufemisme bahkan tak jarang memakai majas ironi.Jadi gaya bahasa merupakan pemakaian bahasa dalam karangan atau bagaimana seorang pengarang mengungkapkan sesuatu yang akan dikemukakan.


Rima

yaitu kesamaan nada atau bunyi, rima sanggup dijumpai tidak hanya di simpulan tiap larik atau baris, namun sanggup juga dijumpai diantara tiap kata dalam baris.


Tipografi

yaitu bentuk penulisan. secara umum, sering ditemukan dalam bentuk berbaris, namun ada juga yang disusun dalam bentuk fragmen-fragmen bahkan dalam bentuk yang ibarat apel, zig-zag, ataupun model lainnya.


Imaji

Penyair juga sering membuat pengimajian atau pencitraan dalam puisinya. pengimajian sanggup berupa kata atau rangkaian kata-kata yang sanggup memperjelas apa yang ingin disampaikan oleh penyair alasannya yaitu menggugah imajinasi pembaca melalui penginderaan.


Kata Konkrit

yaitu kata yang sanggup ditangkap dengan indera insan sehingga kata tersebut dinilai tepat dan menawarkan arti yang sesungguhnya.


Citraan

merupakan gambaran-gambaran yang ada di dalam pemikiran penyair. setiap gambaran dipikiran disebut gambaran atau imaji. gambaran pikiran ini merupakan sebuah imbas dalam pikiran yang sangat ibarat gambaran yang dihasilkan oleh penangkapan kita terhadap sebuah obyek yang sanggup dilihat oleh mata.


Contoh puisi intrinsik



” HAMPA”


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi




Ketika rembulan telah nampak


aku melongo tanpa sebuah kata


dengaan tetesan air mata


aku teringat akan cintamu


tak ada bunyi sedikitpun


semuanya terdiam, membisu, sunyi


ketiak rembulan telah nampak


seakan wajahmu terlintas sudah


dengan senyumanmu yang berlalu


aku rindu… rindu akan dirimu


semua terasa hampa


tubuh ini terasa menjadi kaku


mengingat kenangan yang telah kemudian bersamamu


disebuah malam yang poenuh dengan tanya


kembalilah….


jangan biarkan hati ini nterus merindu


jangan biarkan hati ini menunggu


jangan biarkan hati ini ringkih karenamu


aku rindu… rindu akan dirimu…




“INDAH SORE ITU”


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi


indah sore itu..


bukan pada matahari senja


yang berwarna jingga


indah sore itu…


bukan pada biru samudera


di batas cakrawala


indah sore itu…


adalah hitam rambutmu


yang buat saya terpana


indah sore itu…


adalah biru matamu


yang memancarkan pesona


indah sore itu…


adalah kamu, cinta…




“DIRIMU YANG HILANG”


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi


kau yang selalu hadir dalam senyum dan tawaku


kau yang selalu ada dalam gembiranya hatiku


kelucuan hatiku yang membuat hatiku nyaman ketika bersamamu


keunikan dirimu yang selalu buatku senang ketika didekatmu


akan tetapi..


kau tiada ketika air mata membasahi pipiku


kau tiada ketika sedih ini membelengguku


tetapi… egomu tak sanggup saya membencimu


cinta… saya masih mencintaimu


aku cinta bukan alasannya yaitu bahan yang kau punya


aku cinta alasannya yaitu kau telah merebut hati ini


aku cinta alasannya yaitu kenyamanan yang telah engkau beri


tapi… mengapa kau balas dengan sakit yang menyayat hati


menghancurkan hati ini.. hianati cintaku ini


tanpa rasa tanggung jawabmu untuk menyatukan untuk


menyatukan serpihan-serpihan hatiku


kejam… kau begitu kejam..!


namun tahukah kau mengapa saya begitu cinta


karena kau begitu berharga


cintaku tak akan hilang


walaupun kau menyerang dengan bumerang


yang sangat begitu kejam


cinta…


rasa ini tak akan simpel saya lupakan


tak semudah membalikkan telapak tangan


engkau mungkin saja sanggup lupa


tapi cintaku padamu tak akan pernah sanggup sirna


selamanya….



B. Unsur Ekstrinsik


Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang berada di luar naskah. Biasanya berasal dari dalam diri penyair atau lingkungan kawasan sang penyair menulis puisinya. berikut ini yaitu klarifikasi mengenai unsur ekstrinsik puisi.:



  1. Unsur Biografi, merupakan latar belakang atau riwayat hidup sang penyair.

  2. Unsur Nilai, dalam puisi, biasanya mengandung nilai-nilai mirip ekonomi, politik, budaya, sosial, dan yang lainnya.

  3. Unsur Kemasyarakatan, merupakan situasi sosial ketika puisi ini dibuat.


Contoh Ekstrinsik



“KESUNYIAN DALAM KERAMAIAN”


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi


ketika ku mulai hari ini


ku jelajahi setiap tempat


ku mencari jati diri


hingga ku penat


tanpa banyak bicara


kulampaui semua itu


meskipun ku harus berlari akan kujalani


tak sanggup kutemukan satupun


padahal di sini banyak


tak ada yang sesuai…


kini anganku berkata


adakah yang kucari


yaitu, kesunyian dalam keramaian




“HUJAN SEPTEMBER”


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi


hujan pertama menghapus luka


kujan kedua memudarkan duka


suara rerintik hanyutkan kisah


gelembung problema terpecah


ku tak menggenggam payung


kala langit menangis tak terbendung


saat itu hanya lorong-lorong sepi


menjadi kawasan peneduh diri 


hujan september mengguyur hati


yang usang gersang alasannya yaitu terhianati


semua diary telah ku kunci


dan tak akan sesekali kubuka lagi


dedaun kuning tersapu luapan air


mengikis jejak kita yang terakhir


semua bercampur, hanyut mengalir


saat langit menghitam hilang kelir


kuterus melangkah…


seraya denting hujan menggunting kenangan


hingga karenanya ku diujung lorong lamunan


menatap tangisanmu telah terhenti


hanya lembap nostalgia, yang tersisa di sini




“INDAHNYA ALAM NEGERI INI”


Menurut saya eksklusif yaitu ungkapan perasaan hati  baik senang maupun susah ✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-jenis dan Contoh Puisi


kicauan burung terdengar merdu


menandakan adanya hari baru


indahnya alam ini membuatku terpaku


seperti dunia ini hanya milikku


kupejamkan mataku sejenak


kurentangkan tanganku sejenak


sejuk, tenang, senang kurasakan


membutku sepeti melayang kegirangan


wahai pencinta alam


kekagumanku sulit umtuk kupendam


dari siang hingga malam


pesonnya tak pernah padam


desiran angin yang berirama di pegunungan


tumbuhan yang menari-nari di pegunungan


begitu indah rasanya


bak seindah taman syurga


keindahan alam terasa sempurna


membuat semua orang terpana


membuat semua orang terkesima


tetapi, kita harus menjaga


agar keindahan takkan pernah sirna





  • Jenis




Ditinjau dari jenisnya, dibagi menjadi empat


♥ Puisi Lama

merupakan yang masih terkait oleh aturan-aturan. hukum usang ini mirip jumlah kata yang terdapat dalam 1 baris, jumlahnya baris yang terdapat dalam satu bait, persajakkan atau rima, banyak suku kata pada tiap baris, dan irama.




  • jenis puisi lama



a. Mantra

Mantra merupakan sebuah ucapan-ucapan yang masih dianggap mempunyai sebuah kekuatan ghaib


b. Pantun

Pantun merupakan salah satu puisi usang yang mempunyai ciri bersajak a-b-a-b, tiap baris terdiri atas 8 hingga 12 suku kata, 2 baris pada awal pantun disebut sampiran, 2 baris berikutnya disebut isi, tiap bait 4 baris.


c. Karmina

Karmina merupakan salah satu jenis pantun yang kilat mirip jenis pantun tetapi sangat pendek.


d. Seloka

Seloka merupakan bentuk puisi melayu klasik, berisikan pepatah maupun perumpamaan yang mengandung senda gurau, sindiran bahkan ejekan.


e. Gurindam

Gurindam merupakan puisi yang terdiri dari tiap bait dua baris, bersajak a-a-a-a dan biasanya berisi nasihat.


f. Syair

Syair merupakan puisi yang bersumber dari Negara Arab dan dengan ciri pada tiap bait ada empat baris, bersajak a-a-a-a, biasanya berisi pesan tersirat atau sebuah cerita.


g. Talibun


Talibun merupakan pantun genap yang tiap bait terdiri dari bilangan genap mirip 6, 8, ataupun 10 baris.



  • Ciri-ciri Puisi lama



  1. berikut ciri-ciri puisi lama(1). biasanya berupa puisi rakyat dan tidak diketahui nama pengarangnya.(2). masih terkait oleh aneka macam aturan-aturan mirip dari jumlah baris pada setiap baitnya, sajak serta jumlah suku kata pada setiap barisnya.(3). Disampaikan dari verbal kemulut dan sanggup disebut juga dengan sastra lisan.(4). Menggunakan majas atau gaya tetap dan klise.(5). Biasanya berisikan ihwal kerajaan, fantastis, serta istanasentris.


♥ Puisi Baru

Puisi gres merupakan yang sudah tidak terkait oleh aturan, berbeda dengan puisi lama. Puisi gres mempunyai bentuk yang lebih bebas dibandingkan puisi usang baik dalam jumlah baris, suku kata ataupun rima.




  • Jenis puisi gres berdasarkan isinya



a. Balada


Balada yaitu jenis puisi gres yang berisi mengenai sebuah al-kisah atau dongeng ihwal sesuatu atau seseorang.


b. Romance


Romance yaitu jenis puisi gres yang berisi mengenai sebuah luapan persaan cinta, kasih sayang.


c. Himne


Himne yaitu jenis puisi gres yang berisi ihwal sebuah pujaan untuk Tuhan, Tanah air atau Pahlawan.


d. Ode


Ode merupakan puisi gres yang mengenai sanjungan untuk orang yang telah berjasa.


f. Elegi


Elegi  yaitu jenis puisi gres yang berisi ihwal ratapan tangis atau kesedihan.


g. Satire


Satire yaitu jenis puisi gres yang berisi ihwal sebuah sindiran atau kritikan


h. Epigram


Epigram yaitu jenis puisi gres yang berisi ihwal tuntutan atau aliran hidup




  • Jenis puisi gres berdasarkan bentuknya



a. Distikon


Distikon  yaitu jenis puisi gres yang tiap bait dari puisi ini terdiri atas dua baris saja.


b. Terzina


Terzina yaitu jenis puisi gres yang tiap baitnya terdiri atas 3 baris.


c. Kutrain


Kutrain yaitu jenis puisi gres yang dimana tiap baitnya terdiri atas 4 baris.


d. Kuint


Kuint yaitu jenis puisi gres yang tiap baitnya terdiri atas 5 baris.


e. Sektet


Sektet yaitu jenis puisi gres yang tiap baitnya terdiri atas 6 baris.


f. Septime


Septime yaitu jenis gres yang tiap baitnya terdiri atas 7 baris.


g. Oktaf atau Stanza


Oktaf atau Stanza yaitu jenis gres yang tiap baitnya terdiri atas 8 baris.


h. Soneta


Soneta yaitu jenis gres yang tiap baitnya terdiri atas 14 baris yang mana terbagi menjadi 2, 2 bait pertama masing-masing terdiri dari 4 baris, dan bait keduanya masing-masing 3 baris.


♥ Puisi Modern

Menurut para andal (1990) ini muncul, semenjak kehadiran Jepang ke Indonesia. Walaupun kehadiran Jepang di Indonesia menawarkan kesengsaraan bagi masyarakat, namun bagi penyair menawarkan kandungan laba yang sangat besar, yaitu adanya kebebasam memakai bahasa Indonesia.


Kebebasan memakai Bahasa Indonesia oleh penyair. dipakai sebagai alat untuk menghembuskan nafas  kebencian pada Jepang. Penyir angkatan ini dikategorikan sebagai penyair angkatan 1945. Dan karya seni puisinyaa termasuk dalam kelompok puisi modern.


Tokoh ini diantaranya yaitu : Bapak Chairil anwar, Amir Hamzah. Diantara puisi modern yaitu : “Aku” karya Chairil anwar


♥ Puisi Kontemporer

Sesungguhnya bagi angkatan pujangga gres yang masih hidup antara tahun 1966-1970, kehadiran puisi kontemporer pada mulanya tidak diakuinya, alasannya yaitu mereka menganggap dari zaman revolusi ini bukan lahir dari penyair yang benar-benar penyair, alasannya yaitu tokoh dari ini dianggap brengsek, namun tolong-menolong tidaklah demikian. Kehadiran ini merupakan perkembangan puisi Indonesia. Tahap dari puisi kontemporer ini tidak hanya mementingkan diri dari si penyair, tetapi tuntutan keharusan, kemestian dan kebenaran menjadi tahap yang utama dalam membuat sebuah puisi.


tokoh dalam kontemporer ini yaitu Bapak Taufik Ismail, Darmanto, Jatman, Rendra, Sutarji, Calzoum Bachri,. Diantara puisi kontemporer yaitu : “Malam sebelum badai” karya Taufik Ismail.


Demikian pembahasannya, baca juga artikel yang lainnya dibawah ini. jangan lupa komentar yaa. billahi taufik wal hidayyah wassalamualaikum,Wr,Wb


Harrizmoeyo


kunjungi artikel lainnya disini : https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Puisi, Beserta Pengertian, Unsur, Jenis-Jenis Dan Rujukan Puisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel