iklan

Pengertian Bagian-Bagin Serta Fungsi Pengecap Dan Kulit Manusia

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai jenis penyakit kulit, penyakit pada kulit, pengertian lidah, fungsi lidah, cuilan bagian lidah, kelainan pada lidah, penyakit pada lidah, pengertian kulit, fungsi kulit, cuilan bagian kulit dan kelainan pada kulit.


Lidah

Apa yang kau rasakan ketika kau minum teh manis? Apa yang kau rasakan ketika kau minum obat dalam bentuk tablet? Kamu sanggup mencicipi rasa teh cantik dan obat lantaran adanya indera perasa.


Pengertian Lidah

Lidah adalah alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa zat kimia larutan. Lidah mempunyai otot yang tebal, permukaannya dilindungi oleh lendir dan penuh dengan bintil-bintil. Kita sanggup mencicipi rasa pada pengecap lantaran terdapat reseptor yang sanggup mendapatkan rangsangan.

Reseptor itu yakni vavila pengecap atau kuncup pengecap. Kuncup pengecap merupakan kumpulan ujung-ujung saraf yang terdapat pada bintil-bintil lidah. Tidak semua cuilan pengecap peka terhadap zat kimia dan wilayahnya juga khusus untuk rasa tertentu.

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai jenis penyakit kulit Pengertian Bagian-Bagin Serta Fungsi Lidah dan Kulit Manusia
Tabel: Letak kuncup pengecap rasa pada lidah


Pada ketika kita makan sambal, kita sering mencicipi kepedasan. Rasa pedas bukan hasil dari kepekaan rasa pada kuncup pengecap. Tetapi merupakan suhu panas pada papilla sehingga mengembang dan menjadikan timbulnya rasa pedas.

Kelainan Pada Lidah

Gangguan pada pengecap sanggup disebabkan oleh makan atau minum sesuatu yang bersuhu terlalu tinggi dan terlalu rendah sehingga pengecap mati rasa. Gangguan ini hanya bersifat sementara. Ganguan yang bersifat permanent contohnya terjadi pada orang yang mengalami stress berat pada cuilan tertentu otak. Pada pengecap juga sering terjadi iritasi lantaran luka atau kekurangan vitamin C.

Kulit

Pengertian kuulit yakni alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa sentuhan, tekanan, panas, dingin, dan nyeri atau sakit. Kepekaan tersebut disebabkan lantaran adanya ujung-ujung saraf yang ada pada kulit.

Biasanya ujung saraf indera peraba ada dua macam, yaitu ujung saraf bebas yang mendeteksi rasa nyeri atau sakit, dan ujung saraf yang berselaput (berpapilia). Ujung saraf yang berselaput ada lima macam, sanggup kau lihat dalam tabel berikut.

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai jenis penyakit kulit Pengertian Bagian-Bagin Serta Fungsi Lidah dan Kulit Manusia
Tabel: Ujung saraf yang berselaput dan rangsangannya


Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Bagian-Bagin Serta Fungsi Pengecap Dan Kulit Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel