Problematika Layanan Teknologi Masif Indonesia, Pola Kasus Registrasi Cpns (Calon Pegawai Negeri Sipil) Melalui Online
![]() |
Situs SSCN Upgrade |
Jam 00:00 sampai 00:05 situs SSCN tidak sanggup dibuka alasannya yaitu mengalami Upgrade, begitu isu yang tersiar dalam beberapa media online yang beberapa hari yang kemudian saya baca. Bagi saya langsung ini yaitu isu manis dan saya harap juga isu manis bagi teman-teman seperjuangan sekalian yang ingin mencoba melamar menjadi ASN. FYI saya selaku founder MeemTechnology masih belum memilih apakah akan mengikuti teman-teman yang lain namun ada hal lain yang ingin saya paparkan disini, di MeemCode.
1. Fasilitas Negara dan Teknologi
2. Perkembangan IT
3. Respon Pemerintah
Beberapa poin diatas mungkin akan terdengar ibarat kritik dan sebisanya saya menjaga biar menjadi saran dan dorongan yang baik pada pemerintah kita.
Fasilitas Negara dan Teknologi
![]() |
SmartCity |
Lain halnya kali ini seluruh susukan www.sscn.bkn.go.id down pertanggal 30 September. Hari sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa web akan mengalami Upgrade yang dijadwalkan jam 00:00-05:00WIB pertanggal 30 September, namun sampai pukul 06:00 Web masih dalam kondisi down.
.
x
.
x
Perkembangan IT
Perkembangan IT di dunia tidak lepas kiprahnya para penggiat IT dari Indonesia, sebut saja ibarat Jim Geovedi dan pendiri Gojek, Nadiem Makarim. Hal tersebut yaitu citra bahwa warga negara Indonesia yaitu orang-orang kreatif, namun perkembangan IT dalam bidang pemerintahan tidak secepat adopsi masyarakatnya terhadap tren terbaru. Namun tetap ada yang berdasarkan saya langsung yaitu suatu ilham kreatif dan inovatif yang dilakukan oleh Gubernur Jakarta dahulu Basuki Tjahaja Purnama atau yang dekat dikenal sebagai Ahok. Selain dia populer oleh bulat yang diberikan presiden Jokowi sebagai lingkaran Badja, ilham kreatif dia yang langsung suka yaitu menciptakan suatu software dimana sanggup dipakai sebagai laporan masyarakat terhadap banjir, alasannya yaitu Ibukota Indonesia, Jakarta selain populer dengan kemacetan juga sering terdengar insiden banjir yang tidak mengecewakan meresahkan warga.
Respon Pemerintah
Respon Pemerintah disini sanggup sangat bermacam-macam mungkin, namun saya akan mengambil dua contoh dari saya langsung dan sahabat saya, sebut saja Andrew (nama samaran). Baiklah dari saya langsung yang pertama, mungkin ada dari teman-teman pembaca sekalian yang menyukai aktifitas h4ck1ng( h4ck1ng yang dimaksud yaitu besifat positif, berbeda dengan cracking , silahkan gunakan mesin pencari untuk mengetahui perbedaannya). Dan saya yang terkadang mempunyai ilham ini melaksanakan scanning dan beberapa pentesting ke situs pemerintah, dan taraaa... dimana ada kemauan disitu ada jalan, begitu pepatah usang menyampaikan dan kemauan saya yang positif ini menghasilkan sebuah hasil dan tentunya celah keamanan ini saya laporkan baik melalui pesan elektronik maupun mengirim layanan pesan melalui web yang telah disediakan. Namun bagaimanakah akhirnya ? Hasilnya jarang sekali mereka memperbaiki celah keamanan dengan segera, terkadang jikalau hal tersebut dimanfaatkan para cracker dan menjadi isu viral maka adanya perbaikan. Namun tidak semuanya alasannya yaitu ada beberapa instansi yang merespon kami dengan baik.Yang kedua, sahabat saya sebut saja Andrew, nama samaran yang sering curhat (curahan hati) mengenai bekerja dengan instansi pemerintah dimana apabila dibutuhkan tindakan terhadap suatu hardware, sanggup kita contohkan ibarat itu maka biaya dan tindakan itu harus disetujui oleh beberapa pihak terkait yang dimana saya maksudkan yaitu birokrasi pemerintahan kita. Dan bila misalnya yaitu proyek pengerjaan seperti SSCN ini maka besar kemungkinan untuk melakukan scale up untuk kebutuhan server akan dibutuhkan waktu yang tidak hanya semudah anda menelpon seseorang dan sepakat menciptakan suatu pertemuan dan perubahan. Yang pastinya sangat-sangat membutuhkan waktu. Mungkin itu yang menjadi hambatan birokrasi kita namun saya tetap optimis. Saya percaya Tuhan telah menginjinkan siapapun yang bekerja di pemerintahan kita untuk melaksanakan yang terbaik dan tetap dalam lindungan tanganNya
Respon Pemerintah disini sanggup sangat bermacam-macam mungkin, namun saya akan mengambil dua contoh dari saya langsung dan sahabat saya, sebut saja Andrew (nama samaran). Baiklah dari saya langsung yang pertama, mungkin ada dari teman-teman pembaca sekalian yang menyukai aktifitas h4ck1ng( h4ck1ng yang dimaksud yaitu besifat positif, berbeda dengan cracking , silahkan gunakan mesin pencari untuk mengetahui perbedaannya). Dan saya yang terkadang mempunyai ilham ini melaksanakan scanning dan beberapa pentesting ke situs pemerintah, dan taraaa... dimana ada kemauan disitu ada jalan, begitu pepatah usang menyampaikan dan kemauan saya yang positif ini menghasilkan sebuah hasil dan tentunya celah keamanan ini saya laporkan baik melalui pesan elektronik maupun mengirim layanan pesan melalui web yang telah disediakan. Namun bagaimanakah akhirnya ? Hasilnya jarang sekali mereka memperbaiki celah keamanan dengan segera, terkadang jikalau hal tersebut dimanfaatkan para cracker dan menjadi isu viral maka adanya perbaikan. Namun tidak semuanya alasannya yaitu ada beberapa instansi yang merespon kami dengan baik.Yang kedua, sahabat saya sebut saja Andrew, nama samaran yang sering curhat (curahan hati) mengenai bekerja dengan instansi pemerintah dimana apabila dibutuhkan tindakan terhadap suatu hardware, sanggup kita contohkan ibarat itu maka biaya dan tindakan itu harus disetujui oleh beberapa pihak terkait yang dimana saya maksudkan yaitu birokrasi pemerintahan kita. Dan bila misalnya yaitu proyek pengerjaan seperti SSCN ini maka besar kemungkinan untuk melakukan scale up untuk kebutuhan server akan dibutuhkan waktu yang tidak hanya semudah anda menelpon seseorang dan sepakat menciptakan suatu pertemuan dan perubahan. Yang pastinya sangat-sangat membutuhkan waktu. Mungkin itu yang menjadi hambatan birokrasi kita namun saya tetap optimis. Saya percaya Tuhan telah menginjinkan siapapun yang bekerja di pemerintahan kita untuk melaksanakan yang terbaik dan tetap dalam lindungan tanganNya
Sumber http://meemcode.blogspot.com
0 Response to "Problematika Layanan Teknologi Masif Indonesia, Pola Kasus Registrasi Cpns (Calon Pegawai Negeri Sipil) Melalui Online"
Posting Komentar