✔ Penyebab Kiprok Motor Rusak
Penyebab kiprok rusak - kiprok atau dalam bahasa teknisnya disebut regulator yakni salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor, lantaran bila kiprok motor ini hingga rusak akan menjadikan banyak sekali duduk perkara pada kuda besi kita. Mulai dari lampu - lampu motor yang sering putus, motor jadi susah starter bahkan hingga duduk perkara pada sistem pembakaran mesin.
Jika hingga kiprok ini rusak, maka akan menjadikan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak bisa mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan bila aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap dipakai untuk proses pembakaran, usang kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.
Karena menghasilkan panas dikala bekerja inilah kenapa pada potongan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang dipakai untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.
Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan menghipnotis tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya buruk pastinya akan gampang sekali rusak.
Nah sedikit tips supaya kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, lantaran selain sanggup menjadikan umur kiprok pendek juga ancaman terhadap keselamatan.
Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, contohnya memakai lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya supaya sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor sesudah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.
Sumber http://automotivexist.blogspot.com
Fungsi kiprok sepeda motor
Secara teknis fungsi dari kiprok atau regulator ini yakni sebagai pembatas, pengatur dan pembagi sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Umumnya kiprok ini mempunyai 2 buah jalur kelistrikan yakni satu jalur untuk kelistrikan AC yang biasanya disalurkan untuk menyalakan lampu utama ( walaupun dikala ini banyak yang sudah memakai jalur DC ), dan sisanya yakni untuk jalur kelistrikan DC yang dipakai untuk pengisian aki, pompa materi bakar, lampu - lampu kecil menyerupai lampu sein dan lain sebagainya.Jika hingga kiprok ini rusak, maka akan menjadikan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak bisa mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan bila aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap dipakai untuk proses pembakaran, usang kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.
Baca juga : Yuk mencar ilmu perihal kelistrikan sepeda motor disini
Penyebab kiprok motor rusak
Adapun penyebab kenapa kiprok motor bisa hingga rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah aurs AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas. Semakin anda sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.Karena menghasilkan panas dikala bekerja inilah kenapa pada potongan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang dipakai untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.
Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan menghipnotis tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya buruk pastinya akan gampang sekali rusak.
Baca menarik lainnya : Masalah yang siap mengintai anda bila kiprok hingga rusak
Nah sedikit tips supaya kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, lantaran selain sanggup menjadikan umur kiprok pendek juga ancaman terhadap keselamatan.
Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, contohnya memakai lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya supaya sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor sesudah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.
Sumber http://automotivexist.blogspot.com
0 Response to "✔ Penyebab Kiprok Motor Rusak"
Posting Komentar