iklan

✔ Klarifikasi 6 Hakikat Ilmu Geografi

| Pengertian geografi memuculkan penafsiran yang berbeda-beda sehingga mengakibatkan kesan yang berbeda-beda pula. Menurut Karl Ritter, geografi mempelajari bumi sebagai daerah tinggal manusia. Sebagai daerah tinggal manusia, bumi mempunyai struktur dan pola yang terbentuk sebab imbas acara menusia. Agar pengertian geografi tidak terlalu meluas, adanya hakikat geografi sanggup dijadikan sebagai batasan.

Terdapat 6 hakikat dari geografi, yaitu sebagai berikut.

 Pengertian geografi memuculkan penafsiran yang berbeda ✔ Penjelasan 6 Hakikat Ilmu Geografi
Penjelasan 6 Hakikat Ilmu Geografi

1. Geografi sebagai Ilmu Pengetahuan, Biosfik
Hakikat ini berlaku apabila yang dipelajari atau dibahas yaitu geografi fisik dan geografi biotik yang menjadi dasar telaah atas eluk beluk tanah.

2. Geografi sebagai Retasi Timbal Balik antara Manusia dan Alam
Hakikat ini berlaku apabila yang dikaji yaitu topik-topik sosial, misalnya pengangguran, migrasi, dan kelaparan.

3. Geografi sebagai Ekologi Manusia
Di dalam hakikat ini yang dipelajari atau dibahas yaitu penyesuaian insan terhadap lingkungan hidupnya. Manusia tidak hanya dianggap dan diakui sebagai makhluk dari dunia fisik-biotik, tetapi juga sebagai suatu kekuatan. Setiap masyarakat mempunyai kemampuan dan cara-cara penyesuaian yang diwariskan secara bebuyutan dan selalu dikembangkan. Akan tetapi, ekologi mansuai lebih mengutamakan korelasi insan dengan lingkungannya dan kurang memperhatikan adanya korelasi antarwilayah.

4. Geografi sebagai Telaah Bentang Alam
Di dalam hakikat ini geografi membahas wacana geomorfologi permukaan bumi sehingga sanggup diketahui adanya persamaan dan perbedaan bentuk-bentuknya.

5. Geografi sebagai Telaah Tentang Sebaran Gejala Alam dan Sosial
Di dalam hakikat ini geografi membahas tanda-tanda dan fenomena yang terjai di mana-mana. Oleh sebab tanda-tanda dan fenomena tersebut terjadi di mana-mana dan berbeda-beda, maka teknik pembahasan yang dilakukan pun berbeda-beda pula.

6. Geografi sebagai Teori wacana Ruang Bumi
Di dalam hakikat ini yang dibahas yaitu kemampuan penyesuaian insan di dalam berperilaku sesuai dengan ruang keberadaanya.

Artikel Lainnya:

Itulah klarifikasi mengenai Hakikat Ilmu Geografi, agar dari klarifikasi di atas sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf kalau ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Sumber http://mata-pelajaran-geografi.blogspot.com

0 Response to "✔ Klarifikasi 6 Hakikat Ilmu Geografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel