iklan

Petunjuk Padamu Negeri Operator Sekolah


Setelah mendapat surat aktivasi akun Padamu Negeri dari Dinas Pendidikan, maka Sekolah diharuskan melaksanakan aktivasi semoga sanggup memakai layanan ini. Surat tersebut menyertakan UserID dan Kode Aktivasi, pola surat aktivasi sanggup dilihat berikut dibawah ini. 


A. AKTIVASI AKUN SEKOLAH 

Untuk melaksanakan aktivasi akun Padamu Negeri silakan ikuti langkah-langkah berikut : 

1. Buka http://padamu.kemdikbud.go.id kemudian klik LOGIN, pilih AKTIVASI AKUN
SEKOLAH
2. Isikan UserID dan Kode Aktivasi sesuai yang tertera pada surat, kemudian klik LANJUT 
3. Lengkapi isian Password yang nantinya dipakai sebagai login dan juga Email, kemudian klik LANJUT 
4. Lengkapi isian profil pribadi anda, kemudian klik LANJUT
5. Lengkapi isian profil Sekolah anda, kemudian klik LANJUT
6. Tentukan lokasi Koordinat Sekolah secara sempurna dengan cara klik zoom sampai terlihat jelas,
kemudian klik pada lokasi yang ditentukan semoga pin merah berpindah, kemudian klik
LANJUT 
7. Ditampilkan halaman konfirmasi terkait dengan apa yang telah anda isikan, jikalau sudah sesuai 
klik SIMPAN
8. Aktivasi telah berhasil dan anda sanggup meneruskan dengan LOGIN untuk menuju layanan
PADAMU


B. PROFIL SEKOLAH

Sekolah sanggup melaksanakan perubahan atau pembaharuan profil Sekolah pada sajian Kelola Sekolah >
Profil Sekolah. Klik pada ikon pensil untuk melaksanakan perubahan. .


C. PENAMBAHAN OPERATOR BARU 

Admin Sekolah sanggup menambahkan operator Sekolah gres untuk memakai layanan PADAMU,
ikuti langkah-langkah berikut : 
1. Operator gres yang akan ditambahkan harus melaksanakan pendaftaran terlebih dahulu ke SIAP Komunitas di http://siapku.com ( Tips : sanggup juga eksklusif ke alamat berikut https://paspor.siap-online.com/registrasi ) 
2. Admin Sekolah login ke layanan Padamu Negeri kemudian pilih sajian Kelola Sekolah > Kelola
Akun > Daftar Akun Administrator. Setelah itu klik ikon tombol tanda tambah (+).
3. Isikan email operator gres yang telah didaftarkan di SIAPKu, kemudian klik CEK EMAIL
4. Ditampilkan DATA AKUN operator gres tersebut, jikalau sudah benar klik SIMPAN 
5. Ditampilkan tambah operator gres telah berhasil, klik CETAK untuk mencetak surat akun.
6. Operator gres harus melaksanakan aktivasi akun untuk sanggup memakai layanan PADAMU, lihat langkah Aktivasi Akun Padamu Negeri diatas.

D. VERIFIKASI DAN VALIDASI PTK TINGKAT Sekolah (Formulir A01)  

Tugas dari Admin Sekolah di layanan Padamu Negeri ialah untuk memverifikasi data Pendidik dan Tenaga KePendidikan yang ada di Sekolahnya. PTK akan melaksanakan pencarian data diri dan mengunduh formulir A01 pada website http://padamu.kemdikbud.go.id , kemudian menyerahkannya ke Admin Sekolah. Alur dari proses tersebut ialah sebagai berikut : 
Yang perlu diperhatikan oleh Admin Sekolah dari formulir tersebut ialah kelengkapan isiannya beserta tanda tangan dari Kepala Sekolah, dan yang paling utama ialah Kode Formulir. Adapun bentuk dari formulir A01 tersebut ialah sebagai berikut :

Untuk melaksanakan verifikasi dan validasi di Padamu Negeri ikuti langkah-langkah berikut : 

1. Pilih sajian Pendidik & Tenaga KePendidikan > Verifikasi & Validasi, kemudian klik tombol ENTRI FORMULIR A01
2. Klik nama PTK yang mengajukan
3. Isikan Kode Formulir dengan benar beserta isian Biodata Diri, sesuai yang terdapat pada
Formulir A01 yang diserahkan. Kemudian klik LANJUT 
4. Isikan Data Kepegawaian kemudian klik LANJUT 
5. Ditampilkan konfirmasi terhadap isian yang anda lakukan, jikalau sudah benar klik SIMPAN 
6. Verval telah berhasil dilakukan, klik CETAK untuk mencetak surat tanda bukti verval 
7. Surat tanda bukti verval juga memuat Kode Aktivasi Akun PTK untuk verval lanjutan 


E. EVALUASI DIRI SEKOLAH 

1. TENTANG EDS 
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) telah dilaksanakan semenjak tahun 2010 oleh Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) BPSDMPK-PMP. Program EDS dilaksanakan secara periodik setiap tahun dengan mendistribusikan instrumen kuisoner kepada responden di setiap Sekolah. Hasil dari pengisian instrumen kuisoner tersebut menjadi dasar dari proses analisa mutu Pendidikan mulai dari tingkat Sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi sampai tingkat nasional. 
Pada tahun 2010 kegiatan EDS melibatkan 10.000 Sekolah, pada tahun 2011 melibatkan 29.000 Sekolah, pada tahun 2012 melibatkan 39.000 Sekolah. Pada tahun 2013 ini direncanakan melibatkan seluruh Sekolah se-Indonesia dari mulai jenjang SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan baik negeri dan swasta khususnya dibawah naungan Kementrian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan. 

2 PROGRAM EDS 2013
Mulai tahun 2013, pelaksanaan EDS menjadi salah satu bab dari Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri BPSDMPK-PMP Kemdikbud. Instrumen Kuisoner EDS didistribusikan untuk sanggup diisi secara online eksklusif dari Internet oleh para responden, antara lain: Kepala Sekolah, Pendidik (Guru), Tenaga Kependidikan (Staf), Peserta Didik (Siswa) dan Komite Sekolah. Data para responden dijaga kerahasiannya oleh sistem dan hasil isian instrumennya secara otomatis akan tersimpan terpusat di server Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri.
Setiap Sekolah akan diberikan akun login ke Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri. Pihak Sekolah selanjutnya sanggup menciptakan dan mendistribusikan akun login kepada para kepala Sekolah, Guru, staf, siswa dan komite Sekolah semoga sanggup mengakses dan berpartisipasi aktif mengisi instrumen kuisoner EDS masing-masing secara online.
Hasil analisa dari isian instrumen kuisoner EDS akan disediakan secara online untuk sanggup diakses oleh setiap Sekolah, Dinas Pendidikan kabupaten/kota, Dinas Pendidikan provinsi dan direktorat Kemdikbud. Seluruh info tersebut sanggup diakses melalui Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri NEGERI di http://padamu.kemdikbud.go.id 

Sumber http://biologipedia.blogspot.com

0 Response to "Petunjuk Padamu Negeri Operator Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel