iklan

✔ Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)

| Berdasarkan pengertian geografi menyerupai telah dikemukakan di artikel sebelumnya, maka ada dua aspek utama yang dipelajari dalam geografi, yaitu aspek linkungan fisik dan aspek lingkungan sosial.

 Berdasarkan pengertian geografi menyerupai telah dikemukakan di artikel sebelumnya ✔ Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)
Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)

Aspek lingkungan fisik menyangkut keadaan lingkungan alam di luar manusia, menyerupai bentuk muka bumi, ptoensi muka bumi, perairan, keadaan udara, dunia tumbuhan dan hewan. Aspek lingkungan sosial meliputi permasalahan yang berafiliasi dengan kegiatan insan sebagai makhluk sosial, yang tercermin dari budayanya. Kedua aspek tersebut dinamakan geosfer sebagai objek kajian geografi.

Geosfer terdiri dari aneka macam bagian, yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer. Sepintas, masing-masing bab geosfer atau sfera tersebut saling terpisah. Namun, bila diperhatikan leibh secama ternyata lapisan-lapisan tersebut saling terkait, saling berinteraksi, dna membnetuk suatu sistem.

Karekteristik dan sifat setiap bab berbeda-beda. Litosfer umumnya bersifat relatif statis, artinya pada waktu tertentu menjadi sangat dinamis, contohnya ketika terjadi gempa bumi atau letusan gunung api. Atmosfer, hidrosfer, dan biosfer umumnya bersifat dinamis, artinya setiap ketika lapisan-lapisan tersebut sanggup mengalami perubahan-perubahan.

Namun, ada juga yang beropini bahwa ruang lingkup geografi tidak hanya meliputi aspek fisik dan sosial saja, melainkan juga meliputi aspek regional. Sehingga ada tiga ruang lingkup geografi; geografi fisik, geografi sosial, dan geografi regional.

Geografi fisik mempelajari gejala-gejala alam di permukaan bumi yang meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Gejala-gejala alam tersebut berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan segala sesuatu ihwal bumi, serta ihwal proses-proses fisik yang terjai di darat, laut, dan udara yang kuat pada kelangsungan hidup manusia.

Geografi sosial mempelajari segala kegiatan kehidupan insan di bumi dan interaksinya dengan lingkungan, baik dalam lingkungan sosial, ekonomi, maupun budaya. Dengan demikian sanggup dikatakan bahwa geografi sosial (geografi manusia) mempelajari pengaruh kegiatan insan terhadap lingkungan dan pengaruh lingkungan terhadap manusia.

Geografi regional mempelajari topik atau bahasan khususnya yang meliputi suatu tempat atau wilayah.

Artikel Lainnya:
2. Objek Studi Geografi
3. Sumbangan & Manfaat Ilmu Geografi

Itulah klarifikasi mengenai Ruang Lingkup Ilmu Geografi, biar dari klarifikasi di atas sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf kalau ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Sumber http://mata-pelajaran-geografi.blogspot.com

0 Response to "✔ Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel