iklan

Yaitu Teknologi Isu Dan Teknologi Komunikasi

Ringkasan Materi TIK Kelas 7, 8, 9 SMP

RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 7 – 9 SMP
A. MATERI KELAS 7
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) meliputi dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi yakni meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi yakni segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas wacana segala acara yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
-          Computer
Contoh teknologi komunikasi :
-          Surat kabar
-          Radio
-          Telepon
-          Televise
Alat pengolah data dari semenjak zaman purba hingga ketika ini digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Peralatan Manual
Peralatan pengolah data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat yakni memakai tenaga tangan manusia
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Peralatan Mekanik
Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara menual
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Peralatan Mekanik Elektronik
Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Peralatan Elektronik
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah dipakai sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1.     Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang kemudian di Asia kecil dan masih dipakai di beberpa tempat hingga ketika ini, sanggup dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melaksanakan perhitungan memakai biji – bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang pada masa itu memakai abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
2.    Kakulator Roda Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melaksanakan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, memakai delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini yakni hanya terbatas untuk melaksanakan penjumlahan.
3.    Kalkulator Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan menciptakan mesin yang sanggup mengalikan. Sama ibarat pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan memakai roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibentuk oleh Pascal, Leibniz sanggup menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.
4.    Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang sanggup melaksanakan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih mudah dalam kalkulasi alasannya alat tersebut sanggup melaksanakan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun kurun komputasi mekanik.
Perkembangan komputer menurut genersi :
1)       Komputer generasi pertama ( 1940 – 1959 )
Ciri :
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Program hanya dibentuk dengan bahasa mesin
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Capat panas, perlu mesin pendingin
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Proses lambat
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Kapasitas sedikit
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Butuh data listrik besar
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2)     Komputer generasi kedua ( 1959 – 1964 )
Ciri:
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Ukuran fisik lebih kecil
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggukana agenda bahasa tingkat tinggi :  FORTRON, COBOL, ALGOL
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Kapasitsa memori cukup besar
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggukana simpanan luar magnetic disMempunyai kemampuan realtime dan time sharing
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Proses operasi lebih cepat
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Membutuhkan daya lebih kecil
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3)     Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 80-an )
Ciri :
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Peningkatan software
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Mempunyai kapasitas memory lebih besar
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan penyimpan luar
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Daya listrik lebih hemat
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan multi processing
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan visual display terminal, bisa menampilkan gambar dan grafik
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Harga murah
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4)    Komputer generasi keempat ( awal 80-an – kini )
Ciri :
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Berukuran lebih kecil
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Harga relative murah
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Mecul PC (personal computer)
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Menggunakan chip yang berjulukan microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Sh4ck, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5)     Komputer generasi kelima ( computer masa depan )
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : perjuangan memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : perjuangan memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1.      Menyalakan stabilizer
2.      Menyalakan power pada Chassing / CPU
3.      Menyalakan power pada monitor
4.      Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)
5.      Tunggu beberapa ketika hingga keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1.      Klik tombol start
2.      Pilih shut down atau turn off
3.      Klik OK
4.      Tunggu beberapa ketika hingga computer mati
5.      Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1.      Perangkat masukan (input device)
a.       Keyboard
b.      Mouse
c.       Joystick
d.      Scanner
e.       Digital camera
f.       Microphone
g.      Webcam
2.      Perangkat proses (process device)
a.     Motherboard / Mainboard
b.    CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3.      Perangkat simpan (storage device)
a.     Primary storage : ROM, RAM
b.    Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4.      Perangkat keluaran (output device)
a.     Monitor
b.    Printer
5.      Perangkat suplemen (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1.      Sistem Operasi
a.     Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b.    Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2.      Program Utility
a.     File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.    Sytem Utulity : agenda Scandisk, hardware monitor, file compression, security agenda (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3.      Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4.      Program Aplikasi
a.     Program pengolah kata    
b.    Program pengolah angka
c.    Program presentasi
d.    Program multimedia        
B. MATERI KELAS 8
      I.        PROGRAM PENGOLAH KATA
Bagian penting Microsoft Word 2003
1. Menu control
2. Title bar
3. Menu bar
4. Toolbar
5. Scroll bar
6. Ruler
7. Kursor
8. Taskpane
Menu kafe Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, table, window, help
Menu kafe Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, reference, mailings, review, view
3 Toolbar utama di Word 2003: toolbar standart, formatting, drawing
Ikon : lambing atau gambar yang mewakili seautu intruksi / perintah
Mengelola dokumen :
1. Membuka dokumen gres : file –new
2. Menyimpan dokumen : file – save as
3. Membuka dokumen : file – open
4. Menutup dokumen : file – close
Mengedit dokumen
      i.        Tipe dan ukuran abjad : font , font size
    ii.        Attribute teks : bold, italic, underline
   iii.        Perataan teks : align left, center, align right, justify
   iv.        Menghapus teks : delete
     v.        Membatalkan perintah : undo, redo
   vi.        Mengulang perintah : repeat
  vii.        Menyalin teks : copy, paste
 viii.        Menindah teks : cut, paste
   ix.        Pengaturan halaman : file – page setup
    x.        Pengaturan jarak spasi : format – paragraph
Menu Microsoft Word:
a.     Bullet and numbering
b.    Border and shading
c.    Clip art
d.    Wordart
e.     Columns
f.     Symbol
g.     Dropcap
h.    Header and footer
i.      Page number
j.      Table
k.     Chart
Pengaturan indentasi : fist line indent, hanging paragraph, left tab, center tab, right tab, decimal tab
Mencetak dokumen
a.     Print preview      
b.    Cetak dokumen
     II.        PROGRAM PENGOLAH ANGKA
Tampilan Microsoft Excel
a.     Workbook (buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)
b.    Worksheet (lembar kerja) : sekumpulan range
c.    Column : deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)
d.    Rows : deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)
e.     Cell : pertemuan baris dan kolom
f.     Range : sekumpulan sel
g.     Active cell : bab yang ditunjukan oleh sel pointer
Menu kafe Excel 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data, window, help
Menu kafe Excel 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data, review, view
Bagian penting Microsoft Excel 2003
a.     Baris judul
b.    Baris menu
c.    Tombol ukuran
d.    Toolbar
e.     Alamat sel
f.     Baris formula
g.     Judul kolom
h.    Judul baris
i.      Sel
j.      Tabulasi sheet
k.     Penggulung vertical dan horizontal
l.      Task pane
Rumus yang dipakai dalam Excel
-          SUM : menjumlah data pada suatu range
-          AVERAGE : menghitung rata-rata pada suatu range
-          MAX : mencari nilai tertinggi pada suatu range
-          MIN : mencari nilai terendah pada suatu range
-          COUNT : menghitung banyaknya data pada suatu range
C. MATERI KELAS 9
INTERNET & INTRANET
Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet yakni jaringan antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan computer yang luas dan besar yang terkenal diseluruh dunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi

Sejarah lahirnya internet
1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset wacana bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, agenda riset ini dinamai ARPANET

2. Empat tempat yang pertama kali terhubung jaringan ARPANET :
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa dipakai pada perusahaan atau kantor

Fasilitas / layanan yang tersedia di internet :
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)

Situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) yakni sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bab dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet

Unsur Website
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di internet yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)

Macam Domain Name
1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berhubungan menurut negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : tubuh pendidikan (universitas, institute)
.gov : forum pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : tubuh pendidikan (universitas)

2. Country Spesific Domains : domain yang berkaitan dengan dua abjad ekstensi (second level domain)
.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : tubuh perjuangan di Indonesia
.ac.id : forum pendidikan di Indonesia
.go.id : forum pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : forum / organisasi di Indonesia
.sch.id : forum pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia

JARINGAN INTERNET & AKSES INTERNET
Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber daya lebih efisien
2. Mempertahankan informasi tetap ahli dan up to date
3. Mempercepat proses membuatkan data
4. Komunikasi lebih efisien
5. Pelayanan klien lebih efektif

Jenis jaringan computer
1. LAN / Local Area Network : jaringan milik eksklusif di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran hingga beberapa kilometer
2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan memakai teknologi yang sama dengan LAN, meliputi kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya meliputi kawasan geografis yang luas, meliputi sebuah negara bahkan benua
4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda

Backbone : jaringan koneksi antar computer yang menjangkau dunia yang menyediakan layanan penuh untuk Internet Service Provider (ISP)
Bandwidth : jumlah data yang sanggup ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang memakai satuan Mbps (Mega byte per second)

Faktor yang mensugesti kecepatan jalan masuk internet :
1. Kecepatan Komputer pelanggan
2. Kepadatan kemudian lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses

PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Perangkat keras jaringan Komputer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub / konsentrator
5. Network Cable /kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10. Bridge
11. Router
12. Crimping Tools

Server : computer yang bertugas sebagai eplayan bagi computer atau perengkat yang terhubung pada sebuah jaringan, bertugas untuk membagi koneksi ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan
Client : computer yang mendapatkan pelayanan dari server, yang sanggup melaksanakan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik
Connector : perangkat yang dipakai untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang dipakai untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa memakai kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang dipakai untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur kemudian lintas anutan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang mempunyai kegunaan untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melaksanakan instalasi kabel jaringan

Jenis Network Cable
1. Coaxial
2. Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Serat Optik (Fiber Optic)

Jenis Connector
1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)
2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET

Jenis koneksi internet
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access (handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)

Saluran telekomunikasi untuk jalan masuk internet :
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Saluran Telepon
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      ISDN ( Integrated Service Digital Network )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      HDSL ( High Date – Rate Digital Subscribe Lines )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      SDSL ( Symetrical Digital Subscriber Line )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      ADSL ( Asymetric Digital Subscriber Line )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      VDSL ( Very High – Bit – Rate – Digital Subscriber Line )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      VSAT ( Very Small Aperture Terminal )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Radio Poket
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      TV Kabel
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Kabel Listrik ( PLC / Power Line Communication )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Teknologi WAP ( Wireless Application Protocol )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      GPRS ( General Packet Radio Service )
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi      Wi-fi ( Wireless Fidelity )
Pertimbangan menentukan ISP
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space untuk menciptakan web
5. Perlindungan terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis

AKSES INTERNET
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang dipakai untuk mengakses dan menjelajah
E-MAIL
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet

Jenis e-mail
1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail

Cara menulis dan mengirim e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send

Membuka e-mail
1. Tampilkan halaman login YahooMail
2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa ketika hingga muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau Check Mail
5. Klik subject e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk

Membalas e-mail
1. Cara sama dengan membuka e-mail
2. Setelah membaca, klik tombol Replay
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send

Mengirim file / melampirkan file melalui e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open
6. Tunggu beberapa ketika hingga file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai klik tombol Send
Perangkat lunak untuk jalan masuk internet :
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Aplikasi Web
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Aplikasi E-Mail
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Aplikasi Chatting
 yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi       Aplikasi Teleconference
Sumber http://andrisubiyantoro.blogspot.com

0 Response to "Yaitu Teknologi Isu Dan Teknologi Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel