iklan

Bagian-Bagian Kulit Yang Perlu Kita Ketahui

Tahukah anda bagian-bagian kulit? Kulit merupakan anggota badan yang mempunyai peranan penting. Di samping fungsi dasarnya sebagai pembungkus daging, kulit juga menjadi indra peraba yang sangat peka. Fungsi inilah yang mengakibatkan kulit yang tipis mempunyai struktur yang sangat kompleks. Berikut yaitu struktur pembentuk kulit

Bagian-bagian kulit insan :



  1. Lapisan tanduk atau stratum corneum merupakan lapisan epidermis yang paling atas dan menutupi semua lapisan epiderma yang lebih ke dalam. Untuk itu lapisan ini terdapat di permukaan kulit. Lapisan tanduk tersusun dari sel-sel mati yang siap mengelupas dan terdiri atas beberapa lapis sel pipih. Lapisan ini tidak mempunyai inti dan tidak mengalami proses metabolisme. Lapisan stratum corneum juga tidak berwarna dan sangat sedikit mengandung air, keras dan tahan terhadap air. Di daerah tertentu lapisan ini akan mengalami penebalan menyerupai penebalan di telapak tangan dan tapak kaki.
  2. Lapisan bening (stratum lucidum) yang juga disebut lapisan sebagai lapisan barrier terletak sempurna di bawah lapisan tanduk. lapisan ini dianggap sebagai jembatan lapisan tanduk dengan lapisan berbutir. Lapisan stratum lucidum terdiri dari protoplasma sel-sel jernih yang kecil, tipis dan bersifat translusen sehingga tembus cahaya. Lapisan ini tampak terperinci pada telapak tangan dan kaki.
  3. Bagian-bagian kulit yang ketiga yaitu Lapisan berbutir atau stratum granulosum tersusun oleh sel-sel keratinosit berbentuk kumparan yang mengandung butir-butir di dalam protoplasmanya. Lapisan ini berbutir kasa dan berinti mengerut. Stratum granulosum terbentuk dari desakan sel-sel yang berada di lapisan Malpighi  Lapisan ini terlihat paling terperinci pada kulit telapak tangan dan kaki. Pada lapisan ini terjadi akumulasi keratin. Keratin inilah yang pada kesudahannya mengakibatkan sel-sel pada lapisan ini kehilangan nukleus dan mati.
  4. Stratum spinosum disebut juga lapisan malphigi atau Lapisan bertaju. Lapisan ini terdiri dari sel-sel yang saling bekerjasama dengan perantaraan jembatan-jembatan protoplasma yang berbentuk kubus. Jika sel-sel lapisan ini lepas, maka seperti selnya bertaju. Setiap selnya berisi filamen-filamen kecil yang terdiri dari serabut protein.
  5. Lapisan lembaga/benih (stratum basale) merupakan lapisan terbawah epidermis. Lapisan ini dibuat oleh satu baris sel torak (silinder) yang posisinya tegak lurus terhadap permukaan dermis. Dasar sel-sel torak ini bergerigi dan bersatu dengan lamina basalis yang berada di bawahnya.
  6. Kelenjar keringat atau Glandula Sudorifera sanggup ditemukan di dermis. Letaknya bersahabat permukaan luar kulit. Kelenjar keringat jumlahnya lebih kurang 2,5 juta terdapat di seluruh permukaan tubuh. Permukaan badan yang paling sedikit mengandung kelenjar keringat yaitu telapak tangan, ujung jari, dan kulit wajah tetapi tidak terdapat di bibir. Dengan melaksanakan acara fisik yang cukup berat dalam suhu hangat hingga panas, kelenjar akan mengeluarkan kurang lebih 2 liter keringat lebih banyak dari biasanya. Keluarnya keringat dari permukaan kulit membantu menurunkan suhu tubuh. Kelenjar keringat yang berbentuk menyerupai pembuluh bergelung ini tersusun dari sel-sel yang berfungsi menyerap cairan di sekitar kapiler kemudian menyimpannya di dalam pembuluh. Jika badan berkeringan, berarti Kelenjar ini mengalami desakan ke permukaan kulit dan ada rangsangan dari luar atau dari dalam tubuh.
  7. Stratum germinativum merupakan lapisan basal yang selselnya selalu aktif membelah untuk membentuk sel-sel kulit gres yang sudah mati ke arah luar. Lapisan ini bersama dengan sel melanosit memproduksi pigmen melanin. Pigmen inilah yang berperan penting dalam memilih warna kulit seseorang. Melanin sanggup melindungi jaringan kulit supaya terhindar dari ancaman sinar ultraviolet.


Gambar bagian-bagian kulit


Itulah bagian-bagian kulit yang penting untuk diketahui. Tipisnya kulit kita ternyata mempunyai lapisan yang bermacam-macam dengan fungsi dan kiprahnya masing-masing.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Bagian-Bagian Kulit Yang Perlu Kita Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel