iklan

Pengertian, Dan Konsep-Konsep Pendapatan Nasional



Sebelum saya menjelaskan wacana pendapatan nasional, saya akan menjelaskan dikit wacana keberhasilan ekonomi negara. Keberhasilan ekonomi negara sanggup diukur dari pendapatan nasionalnya meskipun pendapatn nasional bukan satu-satu nya tolak ukur keberhasilan ekonomi negara. tolak ukur lain keberhasilan ekonomi negara yaitu, tingkat kesempatan kerja, tingkat harga barang, dan posisi neraca pembayaran luar negeri. kalau pendapatan nasional membuktikan hasil positif, keberhasilan ekonomi negara akan tercapai.  keberhasilan ekonomi negara sanggup dilihat salah satu nya pendapatan nasional, untuk itu saya akan menjelaskan wacana pendapatan nasional. 




Pengertian Pendapatan Nasional 


Pendapatan nasional yaitu jumlah seluruh pendapatan masyarakat pda suatu negara sebagai pemilik faktor produksi yang dipakai untuk memproduksi barang dan jasa selama satu tahun. pendapatan masyarakat sanggup berupa upah/gaji yang diterima dari perjuangan nya, sebagai tenaga kerja, sewa sebagai balas jasa tanah, bunga sebagai balas jasa pemberi modal, dan keuntungan sebagai jasa wirausaha. Besarnya pendapatan nasional sama dengan produk nasional yang dipengaruhi oleh beberapa faktor anatara lain, ketersediaan faktor produksi, ketrampilan dan keahlian tenaga kerja, kemajuan teknogi produksi, modal yang dialokasikan, serta stabilitas nasional.


Konsep-Konsep Pendapatan Nasional


1. Produk Domestik Bruto

Produk domestik bruto yaitu jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi dalam wilayah suatu negara (domestik) yang berlangsung selama satu tahun. Pada perhitungan PDB ini termasuk juga hasil produksi dan jasa yang diasilkan oleh perusahaan/orang abnormal yang berproduksi dinegara bersangkutan.



2. Produk Nasional Bruto 

Produk nasional bruto yaitu nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat sautu negara (nasional) yang berlangsung selama setahun, termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara yang berada diluar negeri, tetapi tidak temasuk hasil produksi perusahaan abnormal yang beroperasi diwilayah negara tersebut. GNP tidak menghitung hasil produksi penduduk atau pengusaha abnormal yang bekerja diindonesia.


3. Produk Nasional Neto

Produk nasional neto yaitu jumlah balas jasa yang dihasilakn oleh masyarakat suatu negara dalam priode 1 tahun (produksi nasional kotor/GNP dikurangi penyusutan barang modal (depresiasi).


4. Pendapatan Nasional Neto

Pendapatan nasional neto yaitu pendapatan yang dihitung menurut balas jasa yang diterima masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. perhitungan nasional neto yaitu produksi nasional neto dikurangi pajak tidak pribadi dan ditambah subsidi. Pajak tidak pribadi merupakan pajak yang sanggup dialihkan kepada pihak lain., contohnya pajak penjualan, pajak hadiah, PPN, serta bea masuk dan cukai.


5. Pendapatan perorangan 

Pendapatan perorangan yaitu jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melaksanakan pekerjaan. Perhitungan pendapatan perorangan dilakukan dengan cara menambahkan transfer payment, yaitu penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi pada tahun yang sedang berlangsung, melainkan diambil dari sebagian pendapatan nasional tahun lalu. 


6. Pendpatan Yang Siap di Belanjakan 

pendapatan yang siap dibelanjakan yaitu pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebih nya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Pendaptan ini akan mempengaruhi seruan barang dan jasa.


7. Pendapatan Nasional Harga Berlaku 

Pendapatan nasional harga berlaku yaitu nilai barang yang dihasilkan negara dalam satu tahun menurut harga yang berlaku pada tahun tersebut.


8. Pendapatan Nasional Harga Konstan

Pendapatan nasional harga konstan yaitu harga yang berlaku pada tahun tertentu disuatu negara yang dipakai secara berkelanjutan atau sebagai tolak ukur menilai barang dan jasa yang diahasilkan  pada tahun-tahun yang lain.


9. Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita yaitu besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara yang diperoleh dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara pada jumlah penduduk negara tersebut. 



10. Produk Domestik Regional Bruto

Produk domestik regional bruto yaitu total nilai produksi barang dan jasa yang diproduksi oleh wilayah (regional) tertentu dalam kurun waktu tertentu (satu tahun). 



Itulah Penjelasan dari saya wacana Pengertian dan konsep-konsep pendapatan nasional. Sekian dan terimakasih 🙂


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Dan Konsep-Konsep Pendapatan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel