iklan

Gejala Gagal Ginjal Pada Badan Manusia

Gejala gagal ginjal pada manusia, di stadium awal penyakit ini sulit untuk dideteksi lantaran tidak ada keluhan dan tidak mempunyai ciri-ciri yang terperinci . Pada hakikatnya gagal ginjal terbagi menjadi dua adalah gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Tetapi di rumah sakit penyakit gagal sanggup dideteksi dengan menyidik ereun dan kreatinin darah pada si penderita gagal ginjal.

Untuk tanda-tanda gagal ginjal ini pada umumnya tidak khas, menyerupai muntah, mual, anoreksia dan perubahan status mental yang disebabkan adanya penumpukan zat-zat sisa metabolisme badan pada khususnya urea serta adanya pembengkakan tungkai atau kepingan badan lain disebabkan penumpukan cairan. Penderita yang gagal ginjal disebabkan oleh kelainan prerenal akan mengalami adanya penurunan urin ( jumlah urin normal minimal 0.5-1.0 mL per kg BB /jam).

Gejala gagal ginjal akut

Untuk gejala gagal ginjal akut mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda, tergantung penyebabnya apa : apakah prerenal, renal atau postrenal. Penderita gagal ginjal akut yang disebabkan oleh kondisi prerenal sanggup menawarkan tanda-tanda rasa haus dan pusing ketika perubahan posisi badan lantaran adanya penurunan tekanan darah, bibir kering, produksi keringat berkurang dan denyut nadi yang cepat (>100x/menit). Untuk gagal ginjal yang disebabkan oleh ginjalnya sendiri akan sanggup dicurigai kalau sebelumnya terjadi yang mengakibatkan ajaran darah ke ginjal terganggu dan berakibat ginjal rusak. Rusaknya ginjal dicurigai lantaran bahan-bahan yang bersifat toksik terhadap ginjal, maka sanggup ditelusuri riwayat obat-obatan yang dipakai sebelumnya atau penyakit yang menghasilkan zat berbahaya bagi ginjal. Kelainan pembuluh darah pada ginjal atau peradangan pada ginjal sanggup menjadikan nyeri pada pinggang. Untuk penyebab postrenal sanggup menawarkan tanda-tanda nyeri pinggang serta nyeri pada suprapubik atau nyeri pada kawasan perut bawah disebabkan pembesaran kandung kencing dan akses kencing. Nyeri ini bersifat hilang timbul dan menjalar hingga ke kantong z4ka4r yang biasanya ada sumbatan akut pada akses kencing. Kalau dicurigai pembesaran prostat sebagai penyebab gagal ginjal akut sanggup dilihat riwayatnya yang sering kencing malam, frekuensi kencing meningkat dan jikalau diperiksa ditemukan prostat yang membesar.

Pada penyakit gagal ginjal kronis mungkin tidak akan ditemukan gejalanya bila diperiksa secara klinis lantaran ginjal masih sanggup mengikuti keadaan untuk menjalankan fungsinya. Untuk tahap selanjutnya penyakit ini sanggup mengakibatkan anemia dengan tanda-tanda lemas, lesu, sesak napas dan letih. Adanya penumpukan cairan badan yang lebih banyak lagi sehingga mengakibatkan terjadi pembengkakan seluruh tubuh. Beberapa penderita menawarkan tanda-tanda yang disebabkan keadaan uremik atau kadar urea dalam darah yang meningkat urea, yakni mual, muntah dan adanya perubahan status mental, disertai ketidakseimbangan elektrolit. Jika diperiksa dengan di USG ginjal sanggup membantu dalam pendiagnosisan penyakit gagal ginjal kronis.

Jika seseorang memperlihatkan tanda-tanda gagal ginjal tersebut, semoga sanggup segera untuk diperiksakan ke dokter biar segera diatasi. Secara medis biasanya akan dilakukan diagnosis tertentu untuk memilih apakah ginjal berfungsi dengan baik atau tidak. Dengan tes pada darah penderita juga membantu dalam penentuan tingkat kreatin dan urea dalam darah. Urinalisis akan juga menawarkan isu yang berguna. Setelah final melaksanakan identifikasi penyebabnya, dokter mungkin akan menawarkan solusi atau merekomendasi untuk memakai obat tertentu. Diet mungkin juga akan disarankan menyerupai diet rendah protein, kalium dan fosfor. Mungkin juga disarankan untuk diet rendah garam untuk mereka yang menderita gagal ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.



Gambar tanda-tanda gagal ginjal


Dengan mengetahui gejala gagal ginjal menyerupai di atas, maka kita sanggup melaksanakan langkah-langkah yang harus dilakukan.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Gejala Gagal Ginjal Pada Badan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel