iklan

Gejala Leukemia Atau Kanker Darah

Untuk memahami gejala leukemia yang sanggup timbul, marilah kita simak dulu apa yang dimaksud leukemia atau kanker darah. Leukemia atau kanker darah merupakan neoplasma ganas sel darah putih (leukosit) yang ditandai dengan bertambah banyaknya sel darah putih abnormal dalam anutan darah. Pada sel-sel tersebut berinfiltrasi secara progresif ke dalam jaringan tubuh terutama pada sumsum tulang. Berakibat sumsum tulang rusak dan kehilangan fungsinya untuk menciptakan sel darah dan sel darah putih normal serta plateletis (trombosit). Akibat kekurangan darah merah akan sanggup terjadi anemia.

Kalau kekurangan sel darah putih akan sanggup mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sedangkan kurangnya produksi platelets sanggup mengakibatkan terjadinya perdarahan yang parah.

Pada dasarnya leukemia mempunyai empat tipe yaitu leukemia limfositik akut, leukemia limfositik kronis, leukemia mielositik akut dan leukemia mielositik kronis.

Lebih lanjut perihal tanda-tanda leukemia

Leukemia limdositik akut lebih sering terjadi pada anak-anak. Disebabkan belum diketahui secara niscaya tetapi ada beberapa faktor yang kemungkinan menjadi faktor pendorongnya yaitu genetik imunologik serta ke tidak tahanan pada radiasi dan beberapa zat kimia.

Gejala leukemia pada tipe ini ialah perdarahan menyerupai pendarahan gusi, mimisan dan gampang mengalami memar. Terdapat bintik merah dan cokelat tua, penyakit anemia dan berat tubuh menurun, terasa lemah pada tubuh disertai denyut jantung yang cepat, adanya sakit pada tulang atau lambung dan wajah terlihat pucat.

Leukemia limfositik kronis biasanya terjadi pada orang cendekia balig cukup akal dengan usia antara 45-60 tahun. Tandanya dengan tidak terkontrolnya penyebaran limfosit yang kecil dan abnormal dalam jaringan darah, sumsum tulang dan limfoid. Leukemia ini merupakan tipe yang paling ringan dan perkembangannya lamban serta bersifat jinak. Adanya faktor genetis memegang peranan penting dalam tipe ini.

Gejala leukemia limfositik kronis ialah demam, selalu merasa lelah, anemia, pembesaran kelenjar getah bening, penurunan berat badan, sangat rentan terhadap infeksi, tulang terasa sakit, sesak nafas, pembengkakan pada hati dan limpa, perdarahan dan jantung berdebar.

Leukemia mielositik akut disebabkan sel mielosit normal berkembang menjadi granulosiy (sel darah putih yang mengandung granula) dan berkembang menjadi ganas dan akan segera berinfiltrasi ke dalam jaringan tubuh, utamanya ialah sumsum tulang yang berperan penting dalam pembentukan sel darah yang normal. Berakibat sumsum tulang menjadi rusak dan kehilangan fungsonya dalam pembentukan sel darah normal.

Leukemia mielositik kronis disebut juga leukemia granulositik kronis. Kondisi ini, granulosit (sel darah putih yang mengandung granula) mengalami pembelahan secara abnormal pada sumsum tulang dan di dalam jaringan tubuh. Yang terjadi pada fase kromis ialah adanya peningkatan jumlah granulosi, berat tubuh menurun, demam, anemia serta pembesaran limpa.

Untuk tahap akut, pasien biasanya tidak akan bertahan usang dan sanggup meninggal dalam hitungan Minggu bahkan hari, sedangkan pada tahap kronis pasien mempunyai keinginan hidup yang usang di mana sanggup mencapai satu tahun atau lebih.

Makara jikalau terdapat tanda-tanda awal leukemia menyerupai demam hilang timbul tanpa alasannya yang jelas, pucat, letih, lesu, lemas, dan perdarahan, maka sebaiknya segera untuk diperiksakan kepada hebat medis atau dokter. Dimaksudkan biar penyakit keganasan darah menyerupai leukemia cepat terdeteksi semenjak awal. Seusai dilakukannya anamensis yang teliti selanjutnya dokter akan melaksanakan investigasi darah untuk mengetahui apakah terdapat kelainan darah yang mengacu leukemia.


Gambar tanda-tanda leukemia


Demikian gosip perihal gejala leukemia atau kanker darah, semoga ada manfaat bagi yang membacanya, serta sanggup lebih hati dalam menanggapi gejala-gejala suatu penyakit.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Gejala Leukemia Atau Kanker Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel