iklan

Pengertian, Dan Komponen-Komponen Ekonomi Mikro


Sebelum menunjukan perihal ekonomi mikro, saya akan menjelaskan  dikit perihal ilmu ekonomi, aktivitas ekonomi insan dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memerlukan panduan yang dipakai untuk mengarahkan aktivitas ekonomi nya. Ilmu ekonomi dipakai insan sebagai panduan dalam melaksanakan aktivitas ekonomi nya. ilmu ini memperlihatkan citra sikap insan biar sanggup mencapai kemakmuran. Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tanda-tanda dan prilaku insan dalam mencapai kemakmuran, dari permaslahan ekonomi salah satu nya ekonomi mikro, dan pembahasan yang akan saya terangkan perihal ekonomi mikro.


Pengertian Ekonomi Mikro


Ekonomi mikro merupakan salah satu ilmu ekonomi yang mempelajari bab kecil dari aktivitas perekonomian. Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu pada ruang lingkup yang lebih kecil, menyerupai rumah tangga.

Secara Umum, Ekonomi mikro membahas sikap ekonomi dalam lingkup individu,  rumah tangga, perusahaan, dan pasar. pembahasannya mencakup pemanfaatan sumber daya ekonomi bagi kehidupan masyarakat serta prilaku produsen dan konsumen dalam melaksanakan interkasi dipasar. Dalam mempelajari ekonomi mikro terdapat beberapa komponen yang dibahas sebagai berikut.

Komponen Ekonomi Mikro


1. Interaksi Di Pasar Barang

Kegiatan tawar menawar barang dilakukan antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen dipasar. aktivitas ini dilakukan untuk membentuk harga sesuai dengan akad kedua belah pihak. pembentukan harga terjadi melalui proses interaksi seruan dan penawaran antara penjual dan pembeli.kesepakatan harga akan akan mengahsilkan harga keseimbangan . Dengan mempelajari ilmu ekonomi mikro sanggup diketahui permasalahan yang terjadi dalam interaksi dipasar.



2. Interkasi di Pasar Faktor Produksi

Pasar faktor produksi menyidakan faktor-faktor produksi yang diperlukan oleh rumah tangga produsen untuk melaksanakan aktivitas produksi. Faktor produksi mencakup sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut disediakan oleh rumah tangga konsumen. Atas penyedian faktor-faktor produksi, rumah tangga konsumen akan memperoleh balas jasa. 


3. Perilaku Produsen dan Konsumen

Kegiatan produsen dan konsumen dalam kegaiatan ekonomi didasari oleh tujuan masing-masing. Pada ekonomi mikro akan dibahas mengenai upaya konsumen dalam memenuhi kebutuhan nya dengan pendapatan yang terbatas, semetara itu, pada prilaku produsen akan dibahas mengenai upaya produsen dalam memperoleh laba sebesar-besar nya. anggapan-anggapan ysng dipakai untuk menganalisa prilaku produsen dan konsumen dalam aktivitas ekonomi sebagai berikut :


  • Produsen dan konsumen melaksanakan aktivitas ekonomi secara rasional.

  • Konsumen berusaha untuk memperoleh kepuasan maksimal dengan dana yang terbatas.

  • Produsen berusaha untuk memperoleh laba sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu. 


Itulah klarifikasi perihal pengertian dan komponen-komponen ekonomi mikro, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Dan Komponen-Komponen Ekonomi Mikro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel